Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard Tanpa Membongkar CPU

Ada beberapa cara mengetahui spesifikasi motherboard komputer tanpa harus membongkar CPU komputer anda, dengan cara ini anda bisa mengetahui merk, model atau tipe motherboard yang terpasang pada PC ataupun laptop Anda. Hal ini perlu anda lakukan karena jika sampai anda salah dalam melakukan instalasi driver, bisa-bisa komputer anda error. Maka dari itu perlu rasanya untuk menginstall driver sesuai dengan tipe motherboard yang ada.

Baca juga artikel : Cara mudah menginstall aplikasi android di PC (Komputer)

Cara mengetahui spesifikasi motherboard komputer / laptop ini sangat bermanfaat ketika anda menginstall ulang windows baru ke dalam pc / laptop anda, namun ternyata laptop ataupun pc tersebut sudah tidak mempunyai CD drive bawaan, padahal anda butuh menginstall drive pendukung seperti VGA, audio, LAN, WIFI dan sejenisnya. sehingga mau tidak mau anda harus mencari tahu spesifikasi tipe motherboard yang ada di PC ataupun laptop tersebut.

Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard dengan Command Prompt (CMD)

Cara sederhana tanpa software untuk mengetahui tipe / merk detail spesifikasi dari motherboard komputer ialah dengan menggunakan CMD. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. buka command prompt, caranya tekan Win+R atau di bagian search, silahkan ketikkan cmd lalu tekan Enter

Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard

2. Setelah command prompt terbuka, silahkan ketikkan / copy perintah ini wmic baseboard get product,Manufacturer,version,serialnumber lalu tekan tombol enter, maka akan tampil informasi lengkap mengenai rincian tipe motherboard dari komputer anda. Seperti gambar dibawah ini

Cara Mengetahui Spesifikasi Motherboard dengan Aplikasi Speccy

Bagi anda yang alergi dengan nulis-nulis perintah di command prompt, mungkin bisa menggunakan aplikasi yang satu ini. karena dengan bantuan aplikai speccy ini anda bisa mengecek spesifikasi dari motherboard komputer anda. Dan lebih enaknya lagi aplikasi ini merupakan aplikasi gratis yang bisa anda download langsung dari sumbernya.

  1. Pertama, anda bisa mendownload di https://www.piriform.com/speccy/download/standard
  2. Jika sudah di download, silahkan install dan buka aplikasi ini, maka akan tampil rincian spesifikasi motherboard komputer anda, dan tidak hanya itu anda juga bisa melihat rincian OS, CPU, RAM, Graphic, dan spesifikasi lain berkaitan dengan komputer anda.

itu tadi cara sederhana untuk mengetahui tipe motherboard komputer tanpa harus membuka CPU komputer Anda, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share ke temen-temen lewat facebook, twitter, gplus ya. Karena bantuan share dari temen-temen sangat berarti buat kami.