Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Memory Card

Di era yang serba canggih ini file atau foto bisa disimpan di memory card, flasdisk maupun di internet yang bisa di akses kapan dan dimana saja asalkan tersambung ke internet. Pada umumnya pengguna ponsel seperti android akan suka selfie dengan kameranya masing-masing dan biasanya tempat-tempat untuk mengambil foto adalah tempat yang jarang dikunjungi bahkan sekali seumur hidup. Oleh sebab itu sangat disayangkan sekali bukan jika foto tersebut tidak sengaja di hapus atau karena memory card yang anda gunakan rusak. Namun apakah kamu tahu cara mengembalikan foto yang terhapus di memory card ? Jika kamu mengalaminya, dan ingin tahu caranya, silahkan simak sampai pembahasan terakhir.

Agar tidak hilang tentu anda harus menjaganya sebaik mungkin agar kenangan yang sudah anda foto tidak hilang. Bukan hanya foto yang bisa mengingatkan anda tentang sesuatu hal, video yang anda rekam dari ponsel android juga dapat mengingatkan tentang sesuatu yang pernah anda alami maupun pernah anda datangi. Lalu bagaimana jika anda mengalami masalah seperti tidak sengaja menghapus foto atau video atau memory card yang sedang anda gunakan rusak, padahal pada memory card tersebut ada file, foto maupun video yang sangat penting untuk anda.

cara mengembalikan foto yang terhapus di memory card

Mungkin anda kecewa dengan kejadian tersebut karena file yang sangat penting akan hilang begitu saja. Oleh sebab itu untuk memberikan solusi dari masalah yang sedang anda hadapi. Anda bisa simak tutorial cara mengembalikan foto yang terhapus di memory card dengan mudah tanpa ribet. Bagaimana, apakah anda sudah tidak sabar untuk mengetahui caranya. Berikut cara mengembalikan foto yang terhapus di memory card yang bisa langsung anda praktekkan.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Memory Card

1. Pertama-tama yang bisa anda lakukan adalah mendownload dan menginstall software Zar X di pc anda masing-masing.

2. Jika sudah terinstall Zar X, Berikutnya anda hubungkan memory card anda dengan pc atau anda gunakan card reader atau bisa juga menggunakan modus USB penyimpanan massal, yang jelas memory card yang bermasalah terhubung ke pc yang sudah anda install Zar X.

3. Lalu anda buka software Zar X di pc anda kemudian pilih Image Recovery (Free). Maka otomatis software ini akan bekerja dengan pesan Enumerating Devices, please wait. Silahkan anda tunggu hingga selesai.

cara mengembalikan foto yang terhapus di memory card
4. Jika prosesnya sudah selesai, maka akan muncul daftar penyimpanan foto. Silahkan anda pilih penyimpanan removable atau kartu SD lalu anda klik saja Next.


5. Pada langkah ini anda bisa bersantai sejenak atau meninggalkan pc anda karena proses memindai kartu SD untuk pemulihan terbilang cukup lama. Berapa lama akan selesai tergantung dengan ukuran kartu, kualitas dan kecepatan kartu memory card anda.

6. Jika sudah selesai maka data yang pernah ada di memory card anda karena terhapus atau rusak akan muncul kembali. Silahkan anda centang RAW dan FAT.

7. Silahkan anda pilih file atau foto yang ingin anda kembalikan atau pulihkan. Jika sudah anda lanjutkan dengan mengklik Next.

8. Yang terakhir anda tentukan forder untuk menyimpan file yang ingin anda pulihkan. Jika sudah anda klik Start copying.

Pada langkah tersebut anda sudah berhasil mengembalikan file atau foto yang tidak sengaja anda hapus atau karena memory card yang anda gunakan mengalami masalah.

Baca juga artikel tips dan trik lainnya yang mungkin belum kamu ketahui :

  1. Cara mudah mendownload video dari facebook
  2. Cara mudah download lagu dari soundcloud
  3. Cara mudah mematikan auto update di windows 7 dan windows 10
  4. Cara mudah melihat merk laptop kamu
  5. Cara mudah menambah RAM laptop di windows 10

Itulah cara mengembalikan foto yang terhapus di memory card yang bisa anda simak. Bagaimana menurut anda tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di memory card, sangat mudah bukan langkah demi langkahnya. Saya kira anda bisa melakukannya asalkan anda tidak melewati satu langkahpun agar pekerjaan anda berhasil seperti yang anda harapkan.

Tips untuk anda yang memiliki data yang sangat penting, alangkah baiknya anda juga menyimpannya di cloud sehingga ketika data tersebut hilang anda bisa mendownloadnya di internet dengan mudah. Anda tidak bisa mengandalkan memory card sebagai tempat penyimpanan data yang aman karena terkadang ada masalah seperti dihapus oleh orang asing ketika menggunakan ponsel anda atau karena virus. Oleh sebab itu alangkah baiknya jika anda selain menyimpan data penting di memory card anda juga menyimpannya di cloud untuk jaga-jaga. Selain itu anda tidak membutuhkan biaya untuk menyimpan data di internet selagi anda terhubung ke internet.