cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis

Fitur auto download pada WA sebenarnya cukup memudahkan pengguna, namun nyatanya banyak sekali pengguna whatsapp tidak menyukai fitur ini. Karena mungkin berpandangan mendownload otomatis file gambar, audio, ataupun video dari WA sangat boros data dan jika itu dilakukan terus-menerus sistem android yang dipunyai akan semakin lemot karena memory dari smartphone yang dimiliki semakin berkurang. Maka dari itu perlu rasanya untuk mengetahui cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis agar ketika ada chatt masuk di WA group yang berupa gambar, audio, ataupun video tidak otomatis di download.

Lalu bagaimana sebenanya cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis ? dengan kata lain bagaimana cara menonaktifkan fitur autosave whatsapp (WA) ? Untuk penjelasannya silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Baca juga artikel lainnya

Cara mudah menginstall Android di Komputer

Cara Mengatur Whatsapp Agar tidak Download Otomatis

Cara untuk melakukan pengaturan fitur auto download pada WhatsApp sebenarnya cukup mudah, anda bisa membuka aplikasi WhatsApp >> Tombol Menu (di pojok kanan atas) >> Setelan >> Penggunaan Data (untuk settingan bahasa indonesia) dengan cara ini agar WA tidak menyimpan gambar otomatis.
Pada bagian :

  1. saat menggunakan data seluler, hilangkan centang pada; foto, audio, video, dokumen. lalu klik OK
  2. saat tersambung ke Wi-Fi, hilangkan centang pada; foto, audio, video, dokumen. lalu klik OK
  3. saat roaming, hilangkan centang pada; foto, audio, video, dokumen. lalu klik OK

Adapun cara mematikan auto download image/gambar, audio/suara, video pada WA untuk settingan bahasa inggris adalah buka aplikasi WhatsApp >> Tombol Menu (di pojok kanan atas) >> Settings >> Data Usage.

Pada 3 bagian ini When Using Mobile Data, When Connection On Wi-fi, dan When Roaming, hilangkan tanda centang (jangan centang) pada pilihan Images, Audio, Video, Documents. Itu tadi cara mematikan auto download di WA (whatsapp) yang mudah untuk dipraktekkan. Namun jika anda kurang jelas silahkan ikuti step by step cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis :

Langkah-langkah Cara Mengatur Whatsapp Agar tidak Download Otomatis

Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih menu Setting atau Setelan di pojok kanan atas, seperti ini

cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis

Selanjutnya pilih menu Data Usage atau Penggunaan Data, seperti ini

cara menonaktifkan auto-download di WA

Pilih satu per satu ketiga bagian ini ; When Using Mobile Data, When Connection On Wi-fi, dan When Roaming atau untuk bahasa indonesia ; saat menggunakan data seluler, saat tersambung Wi-Fi, saat roaming. hilangkan tanda centang (jangan centang) pada pilihan Images, Audio, Video, Documents. lalu klik tombol OK

setting cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis

 

Dan jika anda tidak ingin semua dokumen, image/gambar, audio/suara, video/musik di whatsapp otomotis terdownload, maka hasil akhirnya seperti gambar ini

Gimana mudah kan, cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis ? dan jika artikel ini bermanfaat tolong di share ke temen-temen ya, biar yang lain juga tau.