Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 7, 8, 10

Dalam kondisi tertentu, kadangkala perlu mengatur tingkat kecerahan layar komputer / laptop kamu ketika berlama-lama kerja menghadapi komputer. Layar adalah salah stau komponen utama dari komputer atau laptop, karena layar berfungsi utama untuk menampilkan gambar dari program komputer atau sistem operasi, tanpa layar komputer yang menyala tidak akan menghasilkan output apapun dan bisa dibilang sama saja tidak berfungsi.

Layar memiliki banyak jenis dan tipe, mulai dari layar CRT (tabung), LCD, LED, dan jenis layar lainnya. Karena layar sendiri adalah komponen untuk menampilkan gambar, maka diperlukan pencahayaan yang baik atau tingkat kecerahan layar yang baik agar layar dapat menampilkan gambar semestinya. Apabila ruangan agak gelap kecerahan layar bisa dikecilkan untuk menghindari sakit mata, sedangkan ketika ruangan terlalu terang karena matahari, layar juga bisa ditingkatkan tingkat kecerhannya.

Microsoft Windows sendiri selaku sistem operasi paling populer pada saat ini sudah memahami kondisi ini dan memiliki pengaturan mengenai tingkat kecerahan layar di Windows. Akan tetapi tidak semua orang mengerti bagaimana cara mengatur tingkat kecerahan layar di Windows 10, 8, dan 7 dan membiarkan layar begitu saja, oleh karena itu melalui tulisan kami akan dibahas mengenai hal tersebut.

Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows

 

cara mengaatur tingkat kecerahan layar di laptop komputer

Ada sedikit perbedaan di tiap versi Windows yang dimiliki mengenai bagaimana mengatur tingkat kecerahan layar di Windows. Meski tujuannya sama namun caranya berbeda tiap versi Windows yang ada, kami membagi beberapa cara mengatur tingkat kecerahan layar di Windows sesuai dengan jenis sistem operasi berikut ini.

  1. Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 7

Untuk Microsoft Windows seri Windows 7, cara mengatur kecerahan layar adalah sebagai berikut.

  • Klik ikon power pada taskbar bawah sebelah kanan (biasanya dekat dengan penanda jam)
  • Kemudian pada tampilan klik link “Adjust Screen Brightness”, setelah itu terbuka jendela control panel pengaturan brightness
  • Atur kecerahan layar dengan mengatur slide bar Screen brightness di bagian bawah jendela control panel ke kiri atau ke kanan, ke kiri untuk mengecilkan dan ke kanan untuk melebihkan kecerahan layar

Baca juga : Cara mengatasi USB Not Recognized

  1. Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 8 & 8.1

Pada Windows 8 atau 8.1 terdapat beberapa perbedaan tampilan yang menghasilkan cara baru untuk mengatur kecerahan layar di Windows, yang mana caranya adalah sebagai berikut.

  • Arahkan kursor anda ke bagian ujung kanan atas atau kiri atas untuk membuka charm bar Windows 8/8.1
  • Klik pada tombol Settings agar pengaturan desktop terbuka
  • Klik ikon brightness, kemudian atur kecerahan layar dengan mengatur slide bar ke atas atau ke bawah
  1. Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 10

Lagi – lagi Microsoft Windows melakukan beberapa perubahan pada Windows 10, sehingga pengaturan pada tingkat kecerahan layar juga ikut berubah pada Windows 10, caranya sebagai berikut.

Melalui Power Options (Control Panel)

Cara mengatur tingkat kecerahan layar di windows 10 pertama ialah melalui Control Panel lalu pilih Hardware and Sound >> Power Options. Pada bagian Screen brighness silahkan atur/geser-geser sesuai keinginan.

cara mengatur tingkat kecerahan layar di windows 10

Melalui Settings

Caranya buka Settings, lalu navigasi ke System >> Display, kemudian pada opsi Adjust brightness level silahkan atur slider sesuai dengan kebutuhan dan akhiri dengan klik tombol Apply.

Melalui Icon Batre Taskbar
  • Klik ikon action center di pojok kanan bawah taskbar Windows 10, kemudian muncul slidebar seperti pada Windows 8
  • Pada beberapa pilihan menu, pilih brigthness (dilambangkan dengan matahari) untuk mengatur kecerahan layar, lakukan klik beberapa kali untuk mengatur kecerahan layar
  • Lakukan klik ikon tersebut, maka tingkat kecerahan layar akan bertambah dan jika di klik terus menerus dapat kembali ke tingkat kecerahan awal atau 0%

Baca juga : Cara mengaktifkan firewall di windows 7, 8, 10

  1. Menggunakan Function Key pada Keyboard Laptop / Komputer

Sebenarnya ada cara lain untuk megatur tingkat kecerahan layar di Microsoft Windows tanpa membuka pengaturan, dan ini dapat dilakukan di semua jenis Windows. Tiap laptop sendiri biasanya telah memberi tombol pada keyboard masing – masing untuk mengatur kecerahan layar, biasanya tombol tersebut berupa Function key pada bagian atas keyboard untuk mengatur tingkat kecerahan, apakah akan dinaikkan atau diturunkan. Caranya adalah dengan menekan tombol tersebut baik sekali atau beberapa kali sesuai tingkat kecerahan layar yang anda inginkan.

Rata-rata laptop saat ini memiliki tombol konfigurasi untuk mengatur kecerahan layar. Jadi coba perhatikan apakah laptop kamu memilikinya atau tidak. indikator dari pengaturan pencahayaan ialah tanda matahari+ dan matahari – dan cara penggunaanya antar seri laptop berbeda beda, ada yang menggunakan kombinasi Windows key + tanda matahari secara bersamaan seperti pada laptop lenovo. atau klik bersamaan tombol Fn+tanda matahari.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatur tingkat kecerahan layar di Windows 7, 8 maupun windows 10, usahakan layar anda memiliki tingkat kecerahan layar yang optimal agar dapat digunakan dengan baik dan aman bagi kesehatan mata anda.

Leave a Reply