Cara Mengatasi USB Not Recognized di Windows 7, 10 (100% Work)

Sekarang ini paling sering kita menggunakan penyimpanan eksternal yang berupa Flasdisk / USB, Hardisk Eksternal, Maupun Memory penyimpanan eksternal HP dan ketika error ada pesan “USB Not Recognized”. Dengan seringnya kita menggunakan maka frekuensi untuk error / menemui masalah sering terjadi. Salah satu error tersebut misalnya USB tidak bisa tersambung dengan PC atau laptop kita dan muncul pesan “USB Not Recognized” atau klo di terjemahkan perangkat tidak dikenali. Nah kalau seperti ini bagaimana cara mengatasi USB Not Recognized di laptop atau komputer kamu ?

Namun sebelum jauh kamu mempelajari cara mengatasi USB Not Recognized cobak cek terlebih dahulu hal-hal sepele yang mungkin belum sesuai dengan prosedur, semisal kalau kamu menggunakan media Handphone/smartphone silahkan cek apakah settingan untuk sambungan mode hp kamu sudah sesusai ? lalu apakah kabel data yang kamu pergunakan juga masih normal ? dan jika kamu mengunakan hardisk eksternal atau usb / flasdisk apakah masih berfungsi normal ? kalau poin-poin tersebut sudah kamu cek dan ndak ada masalah. silahkan di lanjut menyimak tips untuk solusi mengatasi USB Not Recognized di laptop maupun pc kamu dirumah.

Cara Mengatasi USB Not Recognized di Windows 7 Maupun Windows 10

Cara Mengatasi USB Not Recognized

1. Gunakan USB Port Sisi Belakang PC atau Port yang berbeda

Cara mengatasi USB Not Recognized pertama yang paling simpel dan tapi malah sering berhasil adalah dengan menggunakan USB port sisi belakang dari komputer /PC yang kamu gunakan. Karena ada beberapa kasus USB port sisi depan tidak setabil USB port sisi belakang dari komputer, maka dari itu jika kamu menggunakan komputer /PC coba pergunakan USB port sisi belakang. Namun jika kamu tidak ingin ribet menyolokkan USB atau Hardisk Eksternal ataupun HP kamu melalui USB port belakang, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan tambahan USB Hub 1 meter atau seri lain agar kamu tidak ribet-ribet lagi ketika menggunakan USB port dari sisi belakang komputer/PC.

2. Restart Laptop / Komputer

Mungkin ini cara yang paling klasik, tetapi cara ini terbukti cukup ampuh untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil pada komputer, seperti halnya kerusakan “USB Device Not Recognized” ini.

Baca juga : Cara mengatasi suara laptop yang tiba-tiba hilang

3. Uninstal Driver USB Device

Ini adalah cara yang pertama dan biasanya paling efektif. Untuk menguninstal driver pada perangkat USB yang bermasalah. Caranya:

  • Klik tombol Start: ketik pada kotak search program and file: devmgmt.msc kemudian tekan Enter
  • Cari USB device yang bermasah seperti tampak pada gambar
  • Lalu klik kanan pada device yang bermasalah tersebut biasanya ada tulisan “unknown device” atau ada tanda serunya. Klik Uninstall
  • Copot USB Device kemudian masukkan lagi.
  • Biasanya Windows akan kembali mencari driver untuk device tersebut dan device tersebut akan kembali normal.

4. Restore Windows

Cara memperbaiki USB Device Not Recognized lainnya adalah dengan merestore Windows ke kondisi saat USB masih berjalan normal. Adapun caranya cukup ikuti intruksi dibawah ini :

  • Klik tombol Start, ketik : rstrui.exe
  • Akan terbuka jendela System Restore,
  • Pilih tanggal yang kira-kira pada saat itu USB masih berjalan normal.
  • Klik OK, tunggu sampai komputer merestart.

5. Ganti  Power Supply

Khusus untuk cara ini hanya berlaku jika kamu pengguna PC /Komputer dan bukan laptop ya, kasus USB yang tidak terbaca ini biasanya karena arus listrik yang kurang pada USB Device tersebut. Solusinya jika kamu mempunyai power supply lain yang masih normal, silahkan ganti dengan power supply yang masih normal lainnya tadi, atau kalau kamu tidak mempunyai cadangan power supply silahkan cabut kabel power supply dan diamkan beberapa saat (sekitar 10 menit) lalu silahkan tancapkan lagi kabel power supply yang tadi sempet di lepas ke posisi semula lalu nyalakan PC kamu.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas maka kamu bisa menggunakan salah satu cara yang sudah saya jelaskan diatas, masalah yang sering terjadi terutama pada kasus PC / Komputer adalah adanya ketidakstabilan arus listrik yang dialirkan, jika kamu mengalami masalah USB Not Recognized di windows 7 maupun windows 10 maka silahkan coba cara pertama, ketiga, kedua, dan seterusnya sampai USB terbaca dengan baik. dan khusus untuk laptop biasanya yang paling sering ialah USB Port tidak support, atau trobel dengan driver USBnya, maka jika kamu menemui masalah ini silahkan cobak cara pertama, kedua, ketiga dan seterusnya, kecuali cara kelima.

Leave a Reply