Cara Mengatasi Tema WordPress Error

Baru baru ini saya sedikit panik ketika maksud hati ingin mengganti template atau tema wordpress di blog berbasis wordpress yang saya kelola, eh tahunya fatal error dan alhasil blog tidak bisa di akses muncul pesan error ketika mengakses halaman blog dan juga dasboard wordpress wp-admin. Waah bahaya ini, klo sampek blog ini tidak bisa diakses lama, setelah browsing sana sini alhamdulillah ketemu juga cara gampangnya yang mudah-mudahkan dengan saya tulis ulang pengalaman pahit saya ini bisa berguna buat rekan semua sesama blogger wordpress yang juga mengalami nasib yang sama yakni tema wordpress error. Adapun cara mengatasi tema wordpress error kali ini saya menggunakan penyelesaian dengan pake phpMyAdmin yang ada di VPS Vultr milik saya. Namun buat rekan semua yang masih menggunakan share hosting masih bisa ngikutin kok.

Masalah template / tema wordpress yang error ini rata-rata terjadi karena template tidak support dengan seri wordpress yang kamu gunakan sekarang ini, dengan kata lain coding yang dipergunakan sama pembuat template / tema wordpress tadi sudah tidak relevan dengan versi wordpress yang sekarang digunakan. Meskipun mungkin dulunya support dan bagus dimata google untuk menarik pengunjung/traffic blog. tapi klo template tidak diperbharui secara berkala bisa saja tidak support dengan versi wordpress terbaru. Maka dari itu penting juga untuk memilih tema wordpress sebelum di install ke blog kita.

Cara Mengatasi Tema WordPress Error

Cara mengatasi tema wordpress yang error ketika menggunakan suatu tema / template, silahkan ikuti langkah berikut :

  • Pertama silahkan login ke cPanel atau bagi pengguna VPS silahkan login ke phpMyAdmin.
  • Setelah itu pada bagian cPanel, silahkan cari dan double klik pada phpMyAdmin
  • Lalu pilih database dari blog wordpress yang sedang bermasalah dengan tema wordpressnya (sedang error)
  • dan jika sudah ketemu database dari blog yang sedang error karena templatenya, silahkan pilih tabel Wp_Options (jika awalan nama tabel blog kamu tidak diawali dengan Wp_ maka sesuaikan, yang terpenting belakangnya ada Options), lalu silahkan perhatikan pada bagian Browse seperti ini

Cara Mengatasi Tema WordPress Error

  • Silahkan menuju ke halaman ke dua, lalu cari template dan stylesheet dan edit sesuai nama template sebelumnya, dan jika kamu ndak hafal akan nama tema / template wordpress yang sebelumnya kamu pergunakan, bisa di cek melalui cPanel >> File Manager >> Nama Blog >> wp-content >> Themes, pada bagian ini akan tertera daftar nama tema wordpress yang sudah terinstall di blog kamu yang siap kamu pergunakan. namun jika kamu tidak mau pusing-pusing, kamu bisa menggunakan theme default bawaan wordpress twentysixteen. 

Baca juga : plugin anti copy paste di wordpress

  • Untuk merubah/ mengembalikan ke posisi semula atau normal kembali, silahkan klik Edit pada bagian template dan nama template silahkan ganti twentysixteen lalu klik Go/save, begitupun untuk bagian stylesheet caranya juga sama.

Cara Mengatasi Tema WordPress yang Error

  • Selamat masalah tema wordpress error sudah tidak muncul lagi, dan blog wordpress kamu akan kembali normal seperti sedia kala, selamat mencoba.

Itu tadi cara sederhana nan mudah untuk cara mengatasi tema wordpress error yang sering terjadi pada themes/template wordpress yang tidak support dengan versi wordpress baru. dengan kata lain ada masalah dengan template wordpress yang akan kamu gunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *