Cara Mengatasi Kerusakan TV Sharp dan Penyebabnya Menurut Versi Produk

Sharp merupakan salah satu perusahaan multinasional yang menghasilkan beragam jenis produk. Produk utama yang dihasilkan oleh brand ini adalah produk elektronik rumah tangga, seperti lemari es, TV, dan lainnya. Brand yang berpusat di Osaka, Jepang ini sudah berdiri sejak tahun 1912 dan sudah melebarkan sayap usahanya ke berbagai negara termasuk Indonesia. Nah, di Indonesia sendiri, TV Sharp merupakan salah satu komoditas paling laris yang diminati oleh konsumen. Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi kerusakan TV Sharp dan penyebabnya sebagai langkah pencegahan dan perbaikan agar produk Sharp bisa bertahan lebih lama.

Memang, produk yang dihasilkan Sharp sudah melewati uji kelayakan dan memiliki standard pembuatan Jepang yang terkenal karena jaminan kualitasnya. Hanya saja, sebagaimana umumnya produk elektronik, TV Sharp juga bisa mengalami kerusakan, baik kerusakan karena komponen atau lainnya. Nah, dengan mengetahui kerusakan tersebut tentu pengguna bisa mendeteksi apa yang harus dilakukan untuk selanjutnya memperbaiki kerusakan yang terjadi.

Dalam perkembangannya, Sharp membuat cukup banyak variasi produk TV dengan spesifikasi yang berbeda. Nah, kali ini, kita akan membahas langkah mengatasi kerusakan TV Sharp dan penyebabnya sesuai dengan variasi TV tersebut. Nah, bagaimana detail penjelasannya? Simak beberapa pembahasan di bawah ini. Selamat membaca.

Kerusakan TV Sharp Menurut Versi Produk

Adanya banyak versi TV yang ditawarkan oleh Sharp tentu saja akan membuat seseorang lebih leluasa untuk memilih produk terbaik yang mereka inginkan. Namun, perlu diketahui bahwa adanya banyak variasi TV tersebut juga memerlukan penanganan yang berbeda saat terjadi kerusakan. Nah, simak beberapa penjelasan mengenai kerusakan serta penyebabnya di bawah ini menurut variasi TV Sharp.

  • Sharp Expression 51X250

Ini sebenarnya merupakan salah satu produk ternama dari Sharp yang banyak dicari oleh para konsumen. Terkait pembahasan mengenai cara mengatasi kerusakan TV Sharp dan penyebabnya, TV ini sering mengalami kerusakan berupa TV mati total lantas timbul suara mencuit. Ini adalah kerusakan khusus yang terjadi pada TV versi ini dan sering mengganggu pengguna. Dalam penjelasan ditemukan bahwa kerusakan ini biasanya disebabkan oleh kerusakan pada power supply. Untuk perbaikan yang bisa dilakukan, pengguna diharuskan untuk melakukan penggantian pada komponen dioda D750.

  • Sharp Universe

Universe juga tergolong produk best seller dari Sharp untuk TV modern dengan kualitas terbaik. Namun, TV ini mengalami kerusakan pada bagian LED. Kerusakan LED biasanya terjadi dengan ditandai LED kedip merah dan hijau bergantian. Nah, penyebab kerusakan ini biasanya adalah IC power dari produk TV tidak bekerja dengan normal. Lantas, bagaimana solusi yang bisa dilakukan? Untuk solusi dari kerusakan ini, maka anda bisa melakukan cek pada tegangan supply. Namun, jika ternyata kerusakan cukup parah, maka sebaiknya anda melakukan penggantian komponen. Perlu diketahui, perbaikan yang dilakukan akan menghapus data lama yang tersimpan.

cara mengatasi kerusakan TV Sharp

Kerusakan lain yang biasanya juga terjadi pada model TV Universe ini adalah kerusakan pada TV protect. Kerusakan biasanya terjadi ketika TV dinyalakan dan akan langsung mati dengan sendirinya. Nah, kerusakan ini disebabkan oleh solder yang retak pada komponen. Untuk cara mengatasi kerusakan TV Sharp yang bisa dilakukan adalah melakukan re-soldering untuk memperkuat komponen tersebut.

Kumpulan kode remote TV Universal semua merek

  • Sharp Qbeat

Qbeat merupakan salah satu pilihan TV Sharp terbaik untuk dipilih. Model TV ini dipilih oleh konsumen yang mendambakan produk TV berkelas dan modern. Namun, model TV ini juga mengalami kerusakan. Salah satu kerusakan yang sering terjadi diantaranya adalah TV hanya menyala pada posisi stand by dan tidak bisa masuk program. Nah, kerusakan TV Sharp ini biasanya diakibatkan oleh Elco yang kering. Untuk solusi yang harus dilakukan adalah dengan mengganti komponen elco tersebut. Elco yang baru akan berguna sebagai start agar TV bisa kembali bekerja dengan baik.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita bisa melihat ada beberapa cara mengatasi kerusakan TV Sharp dan penyebabnya tergantung dari model TV tersebut. Dalam hal ini, mengetahui kerusakan tentu menjadi hal yang sangat penting agar TV bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Leave a Reply