Cara Mengatasi File Hidden di Flasdisk Karena Virus

Pernah Anda mengalami isi file dan folder di flasdisk yang anda gunakan tiba-tiba tidak terbaca oleh komputer ? seakan-akan tidak ada file atau foldernya ? padahal kalau di cek di properties flasdisk masih terisi, naah jika anda mengalami nasib yang seperti ini jangan panik, karena anda perlu mempraktekkan cara mengatasi file hidden di flasdisk. Meskipun ini bukanlah hal baru, namun saya sendiri sering sekali di mintai tolong mengatasi file tersembunyi di flasdisk, dengan begitu file yang tersembunyi / file hidden di flasdisk bisa kembali sedia kala.

Cara Mengatasi File Hidden di Flasdisk (Pertama)

  1. Untuk cara pertama anda bisa mendownload dan menggunakan antivirus SMADAV versi terbaru, lalu silahkan scan flasdisk Anda dan biasanya di situ akan mendeteksi beberapa virus dan file yang terhidden.
  2. Lalu beri tindakan Fix All, maka file yang tersembunyi akan kembali tampil di flasdisk Anda.

Cara Mengatasi File Hidden di Flasdisk (Kedua)

Jika cara pertama tidak berhasil, anda bisa menggunakan perintah CMD untuk cara mengatasi file yang tersembunyi di flasdisk dengan cara berikut ini:

  • Klik windows Button+R secara bersamaan pada keyboard atau Pilih Start kemudian run > ketik cmd atau Pilih Start > All Program > Accesories > masuk ke Command Prompt.

mengatasi file hidden di flasdisk

  • Misal folder yang hilang ada di flasdisk yang terdapat di drive H, untuk berpindah ke flasdisk ketikkan H: lalu enter
  • Untuk mengembalikan folder yang tersembunyi pada drive H ketikkan attrib -r -s -h *.* /d /s lalu enter, tunggu beberapa saat hingga prosesnya sampai selesai.

cara mengatasi file hidden di flasdisk

  • Jika langkah yang anda ketikkan benar, maka seharusnya file/ folder yang hilang sudah kembali.

Keterangan dari perintah diatas:

attrib = string untuk memulai merubah atribut pada Command Prompt
-r = menghilangkan atribut Read Only File
-s = menghilangkan atribut System File
-h = menghilangkan atribut Hidden File
*.* = untuk menampilkan/memanggil semua file yg kehidden
/d = melihat isi dari sebuah directory
/s = melihat isi dari sebuah sub directory

Itu tadi cara mengatasi file hidden di flasdisk yang biasa saya pergunakan untuk mengatasi folde ataupun file yang tersembunyi di flasdisk akibat adanya virus, semoga dengan cara ini isi flasdisk Anda bisa terselamatkan.