Cara Mengamankan Data di Android dengan Enkripsi

Data-data kita yang tersimpan di Android, baik nomer telepon, sms, foto dan lainnya di Android merupakan sesuatu yang sangat penting. Nah, karena pentinya data tersebut, jangan sampai data tersebut dibaca atau di copy oleh orang lain yang tidak diinginkan.  Salah satu cara mengamankan data di android yaitu dengan menggunakan enkripsi data. Adapun langkah-langkah untuk mengenkripsi data di perangkat yang berbasis Android 4.4 KitKat ke bawah.

Cara Mengamankan Data di Android dengan Enkripsi

Berikut beberapa persiapan yang harus dilakukan :

  1. Persiapan pertama ialah dengan menyetel Pola, PIN, ataupun Sandi sebagai pengunci layar.
  2. Coba Anda hubungkan perangkat Android Anda ke charger.
  3. Tentukan jadwal proses enkripsi bisa satu atau beberapa jam. Jangan sampai Anda menghentikan proses enkripsi karena sebagian atau semua data beresiko hilang.

cara mengamankan data di android

Setelah semua persiapan selesai, untuk Cara Mengamankan Data di Android dengan Enkripsi langsung saja ikuti langkah-langkah untuk melakukan enkripsi data seperti berikut ini :

  1. Pada perangkat Android Anda, silahkan Anda buka menu Setelan.
  2. Lalu pada bagian Pribadi, tap Keamanan.
  3. Tap Enkripsi tablet atau Enkripsi ponsel pada bagaian Enkripsi.
  4. Kemudian bacalah dengan teliti info yang muncul mengenai enkripsi.
  5. Jika baterai tidak diisi ulang atau perangkat tidak terhubung ke charger, maka tombol Enkripsi tablet dan Enkripsi ponsel akan diredupkan. Tap pada tombol Kembali jika Anda berubah pikiran mengenai enkripsi perangkat.
  6. Silahkan Anda tap Enkripsi tablet atau Enkripsi ponsel. Selama proses enkripsi berlangsung, jangan sampai Anda menghentikannya sebelum proses benar-benar berakhir karena Anda akan beresiko kehilangan sebagian bahkan semua data-data yang ada di perangkat Android Anda.
  7. Masukkan Pola, PIN, ataupun Sandi dan tap Lanjutkan untuk melanjutkan proses berikutnya.
  8. Tap kembali pada Enkripsi tablet atau Enkripsi ponsel.

Pada layar akan muncul tampilan progress dari proses enkripsi. Proses enkripsi tersebut bisa memakan waktu selama satu jam atau lebih. Jangan kaget kalau perangkat Android Anda akan mengalami restart beberapa kali karena itu bagian dari proses. Jika prosesnya sudah selesai, maka Anda akan diminta untuk memasukkan Pola, PIN, ataupun Sandi sebagai pengunci layar. Setelah fitur ini aktif, untuk dapat mengakses perangkat Android Anda diharuskan untuk memasukkan Pola, PIN, atau Sandi tersebut.
Itu tadi Cara Mengamankan Data di Android dengan Enkripsi, semoga bisa bermanfaat buat temen-temen pembaca semuanya.

Leave a Reply