Cara Mengaktifkan Firewall Windows 7, 8, 10 (100% Work)

Perangkat komputer pada dasarnya sudah dilengkapi dengan firewall. Mungkin anda bertanya, apa sebenarnya firewall tersebut. Nah, firewall merupakan sistem di mana tugas utamanya adalah memberikan izin lalu lintas jaringan pada perangkat atau singkatnya mengecek lalu lintas jaringan tersebut. Jika firewall menemukan adanya data yang berbahaya, maka data tersebut akan dicegah atau dihapus. Sekilas, fungsi firewall tergolong sangat penting terutama untuk memastikan keamanan perangkat. Dalam hal ini, kita akan membahas terkait cara mengaktifkan firewall windows 7, 8, 10 dengan mudah dan sederhana.

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya firewall di perangkat senantiasa hidup secara otomatis saat perangkat digunakan pertama kali. Namun, adanya kebutuhan atau kepentingan tertentu membuat seorang pengguna terkadang mematikan firewall tersebut. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang hendak mengakses data tertentu yang aman namun dihalangi oleh firewall. Hal tersebut memang sudah jamak terjadi dan wajar saja. Namun, jika tidak ada kepentingan tersebut, maka firewall sebaiknya harus dinyalakan.

Lantas, bagaimana langkah mengaktifkan firewall windows 7 8 10 tersebut? Pada kesempatan ini kita akan memberikan pembahasan singkat terkait hal tersebut untuk membantu anda mengaktifkan firewall sebagai pertahanan perangkat. Simak beberapa penjelasan di bawah ini. Selamat membaca.

Cara Mengaktifkan Firewall dengan Mudah

Secara umum, cara mengaktifkan firewall windows 7, 8, 10 hampir sama. Namun, hal yang paling membedakan adalah tampilan interface jenis windows tersebut. Nah, pada kali ini kita akan membahas berdasarkan jenis windows untuk memberikan penjelasan yang lebih komprehensif dan lebih mudah dicerna. Simak beberapa poin yang ada di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 7

Cara pertama yang akan kita bahas terkait untuk mengaktifkan firewall adalah pada windows 7. Untuk mengaktifkan firewall di windows 7, beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka control panel lalu pilih tampilan small icons. Jika sudah, maka pilih windows firewall
  • Tunggu sebentar dan akan muncul tampilan menu windows firewall. Jika sudah, klik pada opsi turn windows firewall on or off
  • Langkah selanjutnya adalah setting firewall pada windows 7. Untuk melakukan setting, pilih turn on windows firewall dan centang pilihan kedua yang ada pada tabulasi. Setelah itu klik OK
  • Anda juga bisa mengaktifkan seluruh elemen windows firewall untuk mengaktifkan firewall pada jaringan private atau public. Baca keterangan pada setting firewall
  • Selesai

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 8

Pembahasan selanjutnya adalah langkah dan cara mengaktifkan firewall dengan mudah untuk windows 8. Windows 8 memiliki interface yang cukup berbeda dengan windows sebelumnya sehingga membutuhkan adaptasi terlebih dahulu sebelum menggunakan. Adapun langkah untuk mengaktifkan windows firewall pada versi windows ini adalah sebagai berikut:

  • Klik windows pada pojok kiri bawah. Ketik firewall pada menu search lalu pilih windows firewall
  • Jika sudah, maka anda akan masuk pada menu windows firewall dan klik pada opsi turn windows firewall on or off
  • Pilih opsi on untuk menyalakan windows firewall lalu centang opsi kedua dalam tabulasi. Klik OK
  • Selesai

Baca juga : Cara mematikan windows 10 update secara permanen

Cara Mengaktifkan Firewall Windows 10

Pembahasan lain terkait langkah mengaktifkan firewall adalah pada windows 10. Sebagaimana diketahui bahwa windows 10 adalah update terbaru windows yang memberikan performa lebih ringan. Nah, lantas bagaimana cara untuk mengaktifkan windows firewall pada windows ini? Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  • Klik icon search pada taskbar. Setelah itu, ketik firewall dan windows firewall
  • Jika sudah, anda akan masuk pada tampilan menu windows firewall. Klik turn windows firewall on or off
  • Aktifkan firewall pada windows 10 dengan cara pilih turn on windows firewall. Setelah itu, centang keterangan kedua pada tabulasi dan klik OK
  • Selesai

Nah, dari beberapa penjelasan di atas kita bisa melihat bahwa sebenarnya cara mengaktifkan firewall windows 7 8 10 adalah cukup mudah. Beberapa cara tersebut juga sebenarnya mirip namun karena interface yang berbeda, maka caranya terlihat sedikit berbeda. Hal penting lain yang harus dipahami adalah fungsi firewall yang begitu penting. Oleh karena pentingnya firewall ini maka sebaiknya anda mengaktifkan firewall untuk mengamankan akses. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply