Cara Menemukan Semua Font dan Folder Font di Windows 10 serta 7

Font adalah salah satu unsur penting dalam sistem operasi salah satunya Windows, dimana font menampilkan karakter dan tulisan di sistem operasi sehingga dapat dibaca oleh pengguna komputer (user). Cara Menemukan Semua Font dan Folder Font di Windows 10 serta 7. Akan tetapi banyak yang belum mengetahui bahwa dalam Windows pun penggunaan font memiliki jenis font yang berbeda – beda. Tiap komputer/laptop yang dimiliki oleh seseorang memiliki perbedaan jenis font yang dimiliki dan tidak jarang juga perbedaan versi Windows juga membuat font yang dimiliki dan ditampilkan juga ikut berbeda.

Font dalam Windows meski memiliki banyak versi dan namun setiap kali menginstal Windows pertama kali selalu ada font yang telah disertakan di dalamnya sehingga bisa disebut font Windows standar. Banyak orang yang tidak tahu mengenai hal ini dan bingung mengapa font yang terpasang di komputernya berbeda dengan komputer lain atau mengapa berbeda di versi Windows lain, sehingga perlu adanya cara agar dapat menemukan font di Windows secara cepat. Kami telah membahasnya dalam tulisan kami berikut.

Mengenal Berbagai Versi Font Windows

Seperti yang telah kami singgung pada bagian awal bahwa font adalah salah satu komponen penting dari Windows, font adalah satu set karakter (baik huruf, angka, simbol) yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan karakter lainnya di dalam perangkat lunak maupun sistem operasi. Font merupakan salah satu elemen penting dalam sistem operasi khususnya Windows karena tanpa font semua tulisan, karakter dan simbol tidak akan mucul dan tampilan dari sistem operasi tidak akan dimengerti oleh pengguna.

Cara Menemukan Semua Font dan Folder Font di Windows 10 serta 7

Font di Windows sendiri memang sudah terinstal sejak awal Windows dipasang di komputer (Font Windows Standar) dan menjadi standar baku,mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dari sejak versi Windows 8 ke bawah font di Windows sudah ditambahkan beberapa buah untuk menunjang tampilan, sehingga versi Windows sebelumnya terdapat perbedaan set font yang dimiliki. Begitu pula dengan versi Windows yang lain juga terdapat perubahan yang berarti namun kadang tidak disadari oleh pengguna.

Cara Menemukan Semua Font & Folder Font Windows 10 serta 7

Oleh karena font pada setiap Windows berbeda, maka apabila anda ingin menemukan satu font di komputer lain untuk dipasang di komputer anda, maka perlu tahu font apa saja yang tercantum dan dimana sebenarnya Windows meletakkan berbagai font tersebut. Windows sendiri telah meletakkan semua font ke dalam satu folder bernama Fonts, dimana semua jenis font diletakkan agar berfungsi dengan baik. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menemukan semua font dan foldernya, dan salah satu cara untuk menemukan font secara cepat adalah melalui cara berikut.

  1. Buka Windows Eksplorer di komputer anda, biasanya klik icon di taskbar atau menggunakan keyboard Windows + E.
  2. Kemudian pada address bar / bilah alamat eksplorer, ketikkan “Shell:Fonts”, hal ini berfungsi agar anda dapat melompat ke folder font dan menemukan font secara langsung
  3. Windows Eksplorer akan langsung mengarahkan anda ke folder font yang didalamnya terdapat semua font yang terinstal dalam Windows, beserta jumlah dan preview font tersebut.

Cara Menemukan Semua Font dan Folder Font di Win 10

Catatan :

  • Selain menemukan font dengan cara tersebut, anda juga bisa menemukan dengan membuka folder dari drive C >> Folder Windows >> Fonts, maka otomatis folder fonts akan terbuka seperti cara sebelumnya. Atau dapat dibuka melalui control panel dengan membuka control panel, pilih All Control Panel Items > Fonts.
  • Jika anda ingin mengkopi font yang diinginkan dalam Windows, pilih satu atau beberapa font kemudian klik kanan > copy, pastekan ke folder tujuan anda.

Demikian cara menemukan semua font beserta folder di windows 10 secara cepat, kami rasa caranya cukup mudah bagi anda untuk dilakukan. Semoga artikel kami menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply