Cara Mendaftar Google Analytics

Mendaftar google analytics di dalam blog /website buat sebagian blogger bukan perkara sulit, terlebih buat para master SEO dan dedengkotnya πŸ˜€ karena memang sangat di perlukan untuk memantau kualitas blog di mata search enggine. dan enaknya lagi dengan google analytics ini kita bisa memantau pengunjung realtime sekarang, pengunjung harian, jam, mingguan serta menganalisa artikel yang paling banyak di cari di blog kita, asal traffic blog mulai dari alat yang digunakan (PC or mobile), negara, bahasa, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita peroleh sebagai blogger “pemilik blog” untuk memantau perkembangan blog /website yang telah kita buat.

Sekilas gambaran seputar google analytics sudah saya jelaskan ya, meskipun dengan bahasa saya yang mungkin agak semrawut, tapi saya harap sobat bisa memahami apa yang saya jelaskan diatas mengenai google analytics. Okey untuk memasang google analytics ke dalam blog monggo di simak penjelasan berikut ini :

  • Pastikan sobat mempunyai account google terlebih dahulu, buat sobat yang belum mempunyai account silahkan ndaftar dulu ya ! kemudian kunjungi http://google.com/analytics/ (enter)
  • Setelah masuk ke account, selanjutnya pilih menu Daftar Account “buat yang baru pertama” atau New Account (Akun Baru) “buat sobat yang sebelumnya sudah mempunyai google analytics”.
  • Maka akan muncul form baru, pada bagian Nama Situs = isikan Title /judul dari blog /web sobat, URL Situs =isi dengan Β alamat domain, Kategori = pilih sesuai kategori blog /website, Zona = sesuaikan dengan zona waktu indonesia, Nama akun = isi dengan sembarang “bebas”. kemudian jika sudah lengkap klik tombol Dapatkan ID Pelacakan

google analytics

 

  • Tunggu beberapa saat maka akan muncul form term of service google analytics, tinggal pilih I Accept /Saya Setuju saja.

term service google analytics

  • Jika berhasil maka akan muncul pesan berhasil, berikutnya adalah silahkan copy dan paste kan kode google analytics ke dalam blog sobat.

kode google analytics

“NB : pastikan penempatan kode google analyticnya benar yakni sebelum kode < /body > di mode HTML blog.”

6 Comments

    • IlmuOnline Reply
    • IlmuOnline Reply

Leave a Reply