Cara Menambah RAM Laptop Windows 10

Cara Menambah RAM Laptop Windows 10. Bagi anda yang sudah lama menggunakan komputer atau laptop pasti anda sudah tahu apa fungsi dari RAM. Manfaat dari RAM sendiri sangat banyak sekali, salah satunya adalah untuk menyimpan data-data penting dari pemiliki laptop tersebut. Selain itu RAM sangat berpengaruh terhadap aplikasi yang terinstall pada laptop anda, jika RAM anda sudah penuh maka ketika anda membuka aplikasi apapun tidak akan cepat terbuka bahkan loadingnya sangat lama. Selain itu, dengan RAM yang cukup besar anda juga dapat bermain game dengan lancar. RAM memang sangat dibutuhkan apalagi jika profesi anda adalah seorang desainer yang membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar untuk memaksimalkan kinerja dari software yang anda gunakan.

Untuk memperbesar kapasitas RAM pada laptop diharuskan anda untuk mengganti perangkat keras yang ada hubungannya dengan RAM sehingga kapasitasnya lebih besar dan menjadikan kecepatan laptop anda lebih baik. Akan tetapi ada sebuah trik cara menambah RAM laptop windows 10 yang bisa anda lakukan. Jika anda menggunakan cara ini otomatis anda tidak perlu mengganti RAM anda dari yang kapasitasnya tidak terlalu besar menjadi RAM dengan kapasitas yang cukup besar tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun. Lalu bagaimana cara menambah RAM laptop windows 10 yang bisa anda lakukan dirumah. Berikut ini ulasan tentang cara menambah ram laptop windows 10 yang bisa anda simak pada ulasan dibawah ini.

Cara Menambah RAM Laptop Windows 10

1. Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah mengklik logo Windows pada pojok kiri bawah lalu anda klik System. Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat gambar dibawah ini.

Cara Menambah RAM Laptop Windows 10

2. Jika anda sudah mengklik system, berikutnya anda klik Advanced system setting seperti berikut ini.

3. Berikutnya anda klik Setting.

4. Berikutnya anda klik saja Advanced lalu anda klik Change.

5. Lalu anda hilangkan centang yang ada diatas terlebih dahulu. Berikutnya anda pilih local disk yang ingin anda jadikan RAM. Jika sudah, lalu anda klik custom size lalu anda beri angka 5000 dan 9000 lalu klik SET dan Ok. Untuk angkanya anda bisa mengisi sesuai keinginan anda, berbeda dengan tutorial juga boleh.

Jika anda sudah melakukannya dengan benar maka anda akan diminta untuk merestart laptop anda, jika laptop sudah hidup silahkan anda lihat RAMnya maka RAMnya akan bertambah.

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. Cara memperbaiki WIFI Limited Access di Windows 10
  2. Cara mengganti nama user di windows 10
  3. Cara mengatasi windows 10 tidak bisa shutdown

Itulah cara menambah ram laptop windows 10 yang bisa anda lakukan dengan mudah, dengan cara ini anda tidak perlu lagi membeli RAM dengan kapasitas yang cukup besar karena anda akan mengeluarkan uang cukup banyak. Anda bisa gunakan trik ini untuk kebutuhan tertentu seperti bermain game maupun untuk kepentingan pekerjaan anda yang membutuhkan RAM yang cukup besar.

Trik ini sebenarnya tidak menambah RAM sedikitpun pada laptop anda melainkan memindahkan momori dari local disk tertentu ke tempat yang anda inginkan. Jika anda ingin menambah kapasitas RAM secara keseluruhan maka solusi terbaik adalah mengganti RAM anda dengan RAM yang yang lebih besar karena pada dasarnya memori tidak dapat ditambah dengan software maupun trik apapun.

Trik ini hampir mirip dengan cara menambah memori flasdisk yang awalnya 4GB menjadi 8GB. Pada prakteknya hanya mengubah angka 4GB menjadi 8GB dimana flasdisk yang awalnya 4GB menjadi 8GB akan tetapi tidak dapat menampung data lebih dari 4GB. Itu artinya tidak mungkin sebuah memori dapat ditambah menggunakan software maupun trik apapun, kecuali hanya angkanya saja yang bisa dirubah dan kapasitasnya tetap.

Untuk kasus seperti cara menambah ram laptop windows 10, anda hanya mengambil memori dari local disk terterntu ke local disk yang anda inginkan. Jadi tidak ada penambahan melainkan meminjam dari local disk lain.

Nah itulah penjelasan tentang penambahan kapasitas RAM yang mungkin bermanfaat untuk anda sehingga anda lebih paham dengan RAM yang anda gunakan itu bertambah atau tidak, atau hanya meminjam pada local disk lain sehingga local disk yang lain menjadi kosong karena sudah dipindahkan. Jika anda sudah memahami ini maka anda harus punya alasan besar mengapa anda harus melakukan ini, jika tidak maka lebih baik tidak anda lakukan hal tersebut.