Cara Memperbaiki WIFI Android Error yang tidak bisa Terhubung

Pernah anda mengalami masalah WIFI di android error ? seperti WIFI Android yang error tidak bisa hidup, atau tidak bisa konek seperti biasanya. Saya yakin hampir setiap orang yang mempunyai HP android pernah mengalami masalah yang satu ini, tidak peduli seberapa canggih HP Android yang anda miliki, ntah itu merk ; samsung, smartfren, sony, lenovo, asus, dll. Tidak membuat anda terbebas dengan masalah WIFI yang tidak bisa terdeteksi / terkoneksi di android anda. Jika itu terjadi pada diri anda lalu bagaimana cara memperbaiki wifi android error yang tidak bisa terhubung dengan jaringan WIFI internet di sekitarnya ?

Pada artikel kali ini penulis akan mencoba share cara mengatasi / memperbaiki WIFI android yang error tidak bisa terhubung dengan WIFI internet sekitar, yang mana cara ini sudah sering penulis praktekkan dan Alhamdulillah rata-rata berhasil menggunakan tips ini.

Cara Memperbaiki WIFI Android yang Error yang tidak bisa Terhubung

cara memperbaiki wifi android yang error

1. Restrart HP Anroid Anda

Mungkin masalah ini terkesan sederhana, namun pada kenyataanya sering terjadi pada android. Cara ini merupakan cara sederhana untuk mengatasi wifi android yang tidak bisa terkoneksi karena os android yang error. Caranya matikan hp android anda, tunggu beberapa saat dan coba hidupkan kembali hp android anda. Jika cara ini masih belum berhasil, coba cara memperbaiki WIFI android ke-2

2. Pastikan WIFI Android ON/Hidup

Cara selanjutnya jika cara pertama masih belum berhasil, ialah dengan memastikan posisi WIFI android anda ON/Hidup, cara mengeceknya pada menu Setting/Pengaturan, lalu pilih WIFI dan pastikan dalam posisi ON, jika sudah dalam posisi ON tapi masih belum bisa cobak anda restrat pengaturan WIFInya, jadi dari posisi ON lalu OFF tunggu beberapa saat lalu WIFI ON/hidupkan kembali (tujuan cara ini ialah merefresh jaringan, dan biasanya menggunakan cara ini juga sudah bisa).

3. Cek dengan Media Lain

Cara ini sebenarnya hanya untuk testing sebenarnya yang bermasalah itu WIFInya atau HP Android anda, misal anda bawa laptop, cobak koneksikan laptop anda ke jaringan WIFI dan jika berhasil terhubung berarti kemungkinan HP Android anda yang bermasalah, dan jika sebaliknya berarti kemungkinan yang bermasalah memang WIFInya.

4. Menggunakan IP Statis

Dalam beberapa kondisi masalah IP di Android anda sering tabrakan/conflig, sehingga anda tidak bisa terhubung dengan WIFI. Cara memperbaiki WIFI android yang error selanjutnya ialah dengan mengatur IP Statis di android.

Cara memperbaiki WIFI Android yang Error dengan mengganti IP Statis :

  • Buka menu Setting/Setelan pada HP Android Anda
  • Hidupkan wifi lalu tekan dan tahan selama 3-5 detik di salah satu jaringan wifi yang anda inginkan. Lalu tekan tombol Modify Network / ubah jaringan / ubah konfigurasi jaringan > Show Advanced options / tampilkan opsi pilihan dan beri tanda centang.
  • Pada pengaturan IP pada OPsi Lanjutan, ubahlah DHCP menjadi Statis
  • Dan bila dpda kolom IP Statis telah terdapat angka-angka maka anda tinggal mengganti angka terakhir setelah tanda titik dengan angka lain yang berbeda (bebas). Misal; Alamat IP anda isikan 192.168.1.7 (khusus 7 / digit terakhir, anda bisa menggantinya dengan yang lain), jika masih belum berhasil cobalah ganti angka terakhir dengan angka yang lain hingga berhasil (tujuan cara ini ialah agar IP anda tidak sama dengan IP orang lain).

Itu tadi cara memperbaiki WIFI Android yang Error yang tidak bisa hidup dengan berbagai cara untuk mengatasinya, yang biasa penulis lakukan ketika di mintai tolong temen / saya sendiri ketika mengalami masalah gagal koneksi WIFI di android, semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke temen-temen jika dirasa penting.