Cara Membuat Watermark dengan Photoshop

Jika seebelumnya saya sudah membahas tutorial photoshop cara membuat tulisan melingkar di photoshop untuk cover cd, stempel, maupunn keperluan lainnya. Maka kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat watermark dengan photoshop.

Watermark itu apasih ?

Bagi kamu yang belum tahu tentang watermark, berikut penjelasannya. Watermark jika diartikan dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia adalah Tanda Air. Dalam dunia teknologi, watermark diartikan sebagai penanda kepemilikan atau tanda orang yang menciptakan. Jadi bisa dibilang watermark adalah tanda yang berisi informasi tertentu.

Fungsi dari watermark juga cukup banyak, misalnya menandakan kepemilikan. Pasti kamu sering melihat fotografer yang menandai fotonya dengan watermark untuk menandakan bahwa foto itu adalah karya mereka. Jika tidak, bisa saja foto tersebut akan dipakai oleh orang tak bertanggung jawab dengan mengatasnamakan dirinya, padahal foto yang dia ambil adalah foto orang, bisa dibilang mencuri karya orang bukan?

Selain itu watermark juga biasa digunakan pada gambar di yang ada di blog seseorang untuk menandakan bahwa gambar tersebut berasal dari blognya.

Atau watermark juga bisa digunakan untuk menandai dokumen yang bersifat rahasia maupun menandakan sumber dokumen itu sendiri.

Nah, kira-kira sudah paham kan mengenai apa watermark itu?

Lalu bagaimana cara membuat watermark dengan Photoshop?

Cara membuat watermark dengan photoshop sangat mudah loh guys, kalian tidak harus memiliki keahlian khusus dalam mengoperasikan software yang satu ini. Kali ini saya akan sharing tentang cara membuat watermark dengan tulisan dan dengan logo.

Pertama-tama siapkan dulu bahan-bahannya seperti

  1. Foto yang akan diberi watermark.
  2. Logo untuk watermark
  3. Software Photoshop yang sudah terinsal di komputer (Versi apa saja boleh kok, hehe)

Untuk langkah-langkahnya, yuk ikuti tutorial dibawah ini, check it out!

CARA MEMBUAT WATERMARK TULISAN DI PHOTOSHOP

  • Pertama buka foto yang ingin diberi watermark.
  • Klik “Horizontal Type Tool” yang ada pada toolbar di sebelah kiri.

  • Sesuaikan jenis font, ukuran dan warna tulisan sesuai seleramu. Tapi tetap pastikan tulisan akan dapat dibaca dan terlihat.

  • Lalu klik pada gambar yang akan diberi watermark, selanjutnya kamu tinggal tulis watermark yang kamu inginkan.
  • Agar terlihat samar, atur “Opacity” secukupnya seperti pada gambar dibawah ini.

  • Foto telah selesai diberi watermark dengan photoshop

CARA MEMBUAT WATERMARK WATERMARK LOGO DI PHOTOSHOP

Untuk watermark logo sebenarnya tidak jauh berbeda dengan watermark sebelumnya. Hanya saja kamu membutuhkan file logo yang akan dijadikan watermark. Kali ini saya akan memberi contoh dengan logo ilmuonline.net, check it out!

  • Langkah pertama seperti biasa, buka foto yang akan diberi watermark pada lembar kerja Photoshop.
  • Buka juga logo yang akan dijadikan watermark di Photoshop. Akan lebih baik jika logo yang digunakan berformat PNG, atau logo yang tidak memiliki latar belakang.

  • Selanjutnya kamu tinggal drag logo tadi ke foto yang ingin kamu beri watermark.

  • Sesuaikan ukurannya dengan cara menekan “CTRL+T” lalu tarik sambil menekan tombol “SHIFT” agar logo tetap proposional.
  • Setelah dirasa cukup, langkah selanjutnya adalah mengatur “Opacity”nya sesuai keinginan kamu.

  • Maka hasilnya kurang lebih seperti contoh gambar dibawah ini

YEAYYY.. mudah bukan? Dengan mengetahui cara membuat watermark dengan Photoshop kamu tidak perlu khawatir lagi jika foto yang kamu posting akan di repost ulang dengan atas nama orang lain tanpa mendapat persetujuan dari kamu.

Demikian artikel tutorial photoshop indonesia tentang cara membuat watermark dengan Photoshop. Semoga dapat bermanfaat dan membuat karyamu jadi lebih kece dengan dibubuhi watermark ini. Jangan lupa share artikel cara membuat watermark dengan Photoshop diatas melalui akun sosial media kamu. And then, jangan lupa bahagia everyone.

Leave a Reply