Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop

Kali ini saya akan membagikan artikel tentang cara membuat tulisan melingkar di Photoshop. Kamu tentu sudah tidak asing melihat tulisan melingkar disana-sini. Tulisan melingkar maksudnya adalah tulisan yang mengikuti bentuk lingkaran. Misalnya saja dalam logo, pin, stempel atau poster.

Sebenarnya gimana sih cara membuat tulisan melingkar ?

Ternyata banyak loh cara membuat tulisan melingkar seperti gambar diatas. Ada yang simpel dan ada yang rumit, software yang digunakan pun bisa beragam. Tingkat kesulitannya juga tergantung kamu memakai cara yang mana. Dalam artikel kali ini, saya akan memberi tutorial cara membuat tulisan melingkar di Photoshop dengan mudah.
Yup, tentunya software yang kalian perlukan adalah Photoshop ya. Adobe Photoshop memang salah satu software yang sangat populer di dunia editing. Walaupun tampilannya simple, tapi fitur-fiturnya bisa membuat desain yang kece abis loh. Selain untuk mengedit foto, Photoshop juga bisa digunakan untuk membuat poster, logo, WPAP, dan desain lainnya. Wah.. multifungsi juga ya software yang satu ini.

Untuk Photoshop sendiri memiliki banyak versi seperti Photoshop CS, CS2, CS3, CS4 dan CS5. Kamu bisa menggunakan salah satunya saja, semua Photoshop memiliki tampilan yang tidak jauh berbeda, jadi tidak masalah ketika kamu menggunakan Photoshop dengan spek yang lebih rendah sekalipun.

Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop

Nah untuk kamu yang masih pemula juga tidak perlu khawatir, karena tutorial cara membuat tulisan melingkar di Photoshop berikut sangat mudah untuk dilakukan. Yuk ikuti langkah-langkahnya.

LANGKAH 1

Buka terlebih dahulu Aplikasi Photoshop yang ada di komputer / laptop kamu.

LANGKAH 2

Buka lembar kerja baru dengan menekan “CTRL+N” bersamaan. Kemudian akan muncul dialog seperti dibawah ini. Nah, sesuaikan saja angkanya dengan gambar dibawah ini ya. Sebagai contoh saja saya membuat lembar kerja dengan ukuran 1000 pixel x 1000 pixel. Isi resolution dengan 300 dan satuannya Pixel/Inch. Untuk color mode pilih RGB. Kemudian Klik “OK”

tips membuat tulisan melingkar di Photoshop

LANGKAH 3

Langkah selanjutnya, kamu harus membuat objek lingkaran terlebih dahulu. Caranya pilih icon “Ellipse Tool” pada tool bar disebelah kiri lembar kerja.

Untuk membuatnya kamu cukup menarik kursor sambil menekan tombol “SHIFT” agar lingkaran yang dihasilkan proposional.

LANGKAH 4

Setelah lingkaran terbentuk, pilih icon “Horizontal Type Tool”. Lalu arahkan ke lingkaran yang tadi kamu buat hingga kursor berubah seperti gambar dibawah ini, lalu klik.

LANGKAH 5

Selanjutnya kamu tinggal ketik tulisan sesuai kebutuhan. Semisal “AYO SELAMATKAN BUMI KITA” seperti gambar dibawah ini

LANGKAH 6

Nah, untuk menghilangkah lingkarannya kamu cukup membuat lingkarannya menjadi tidak terlihat. Caranya pada panel layer lingkaran, klik icon mata. Icon mata ini menandakan bahwa layer tersebut terlihat. Jika icon mata tidak ada, maka layernya tidak terlihat.

Seperti ini contohnya

Jika panel layers belum muncul, kamu cukup klik “Window” pada menu bar lalu pilih “Layers”

LANGKAH 7

Setelah selesai, kamu bisa memodifikasinya sesuai selera kamu, dan jangan lupa untuk menyimpan hasil kerja kamu seperti biasa.

Waaah, sangat mudah kan? Artikel cara membuat tulisan melingkar di Photoshop diatas akan berguna bagi kamu yang sedang membuat desain stempel, poster, atau cover CD. Untuk pengaplikasiannya bisa menyesuaikan kebutuhan kamu.

Demikian artikel tentang cara membuat tulisan melingkar di Photoshop. Jangan lupa share artikel cara membuat tulisan melingkar di Photoshop diatas ke akun sosial media kamu agar teman kamu juga tahu dengan ilmu yang satu ini. jangan lupa untuk berbagi ilmu karena berbagi itu indah guys, Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Leave a Reply