Cara Membuat Struktur Organisasi Kelas di Word yang Menarik

Haloo sobat ilmuonline.net dimanapun kamu berada.Kali ini saya akan share tentang cara membuat struktur organisasi kelas di Ms Word yang pastinya sangat simpel dan mudah untuk dibuat namun menarik hasilnya. Seperti yang kita tahu bahwa struktur organisasi memiliki peran penting dalam berjalannya sebuah organisasi, termasuk organisasi di lingkup kelas. Organisasi berarti sekelompok orang dengan beranggotakan 2 orang atau lebih yang memiliki visi misi dan tujuan yang sama. dalam rangka mencapai tujuan tersebut, dibentuklah sebuah struktur organisasi untuk eksekutor pencapaian tujuan.

Didalam struktur organisasi sendiri terdiri dari beberapa jabatan yang masing-masing memiliki tugas atau spesialisasi tersendiri. Jika di kelas mungkin kita akan menemukan struktur organisasi yang terdiri dari ketua, bendahara, sekretaris dan beberapa seksi bidang yang dibutuhkan dalam sebuah kelas. Walaupun dalam lingkup kecil, organisasi kelas bisa dijadikan ajang untuk latihan kepemimpinan.

Nah sekarang kita mulai pembahasan bagaimana cara membuat struktur organiasi kelas. Jika semua jabatan sudah terisi, langkah selanjutnya adalah membuat versi cetak agar bisa di pajang di dalam kelas. Mungkin kamu bisa membuatnya secara manual dengan menulisnya di atas kertas asturo, atau jika kamu mau praktis dan lebih kece, kamu bisa membuatnya dengan komputer.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah struktur organisasi kelas. Kamu bisa membuatnya dengan bantuan software Corel, Photoshop, atau Microsoft Word. Nah kali ini kita akan coba untuk membuatnya dengan cara yang paling simpel yaitu dengan Ms Word. Yuk ikuti langkah-langkahnya pada penjelasan dibawah ini.

Cara Membuat Struktur Organisasi Kelas di Word

LANGKAH 1

Buka Ms Word seperti biasa. Lalu pilih “Smart Art” pada menu insert.

LANGKAH 2

Kemudian klik pada pilihan “Hierarchy”, disana ada banyak macam-macam template struktur organisasi yang bisa kamu pilih. Lalu klik pada salah satu template.

LANGKAH 3

Langkah selanjutnya adalah menambahkan tulisan ke dalam kotak struktur tadi.

LANGKAH 4

Kamu juga bisa loh menambahkan kotak untuk jabatan yang lain. Caranya klik kanan pada struktur tadi, lalu pilih “Add Shape” dan disana ada beberapa opsi tambahan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.

LANGKAH 5

Untuk mempercantik tampilan, kamu juga bisa mengubah warna pada pilihan “Change Color”. Atau kamu juga bisa merubah style struktur organsasi yang kamu buat dengan “SmartArt Styles”.

Agar tidak terlihat terlalu kosong, mungkin kamu bisa menambahkan gambar tambahan lainnya sebagai ilustrasi agar tidak terkesan sepi. Tapi jangan terlalu ramai juga ya, karena akan terkesan lebay, hehehe. Font yang digunakan juga perlu kamu perhatikan guys, pastikan font yang kamu pakai sangat mudah untuk dibaca dan ukuran font yang tidak terlalu kecil.

Nah itu tadi cara membuat struktur organisasi kelas. Pasti sangat mudah untuk dibuat bukan? Selain praktis, kamu jadi tahu deh fungsi lain dari Ms Word selain untuk membuat dokumen biasa, tapi juga bisa digunakan untuk membuat something yang kece.

Demikian artikel tentang cara membuat struktur organisasi kelas di ms word. Jangan lupa share artikel cara membuat struktur organisasi kelas diatas ke teman-temanmu melalui akun sosial media milik kamu ya sob. Karena berbagi itu sungguh indah loh, termasuk berbagi ilmu hehehe. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu tentang software yang satu ini ya sob. Terima kasih.

One Response

Leave a Reply