Cara Membuat Slime dari Lem Kertas

Pada dasarnya slime adalah alat permainan yang bisa dibuat dari berbagai macam bahan. Kamu bebas memilih untuk membuat slime dari bahan apa aja karena hasilnya kurang lebih sama. Slime memiliki tekstur kenyal dan dapat dibentuk sesuai keinginan yang membuat orang-orang menyukai benda satu ini.

Pada awalnya slime digunakan untuk membersihkan sela-sela tuts keyboard dari debu. Tak hanya itu, slime juga bisa untuk membersihkan kaca televisi dan sudut jendela. Namun, semakin kesini fungsi slime sekarang ini lebih sering sebagai hiburan. Tak hanya sebagai benda kenyal yang ditekan, ditarik, atau pun dipotong-potong. Slime telah menjadi ajang berkreasi untuk dibentuk beraneka rupa pemandangan alam atau pun hewan-hewan kecil yang menggemaskan. Biota laut seperti ikan, gurita, dan terumbu karang serta jernihnya air pantai yang elok dipandang telah banyak dibuat dari bahan kenyal slime.

Cara Membuat Slime dari Lem Kertas

Pada tutorial sebelumnya kita telah membuat slime dari shampo, bedak bayi, maupun dari lem fox. Membuat slime dari lem akan menghasilkan slime yang lebih kenyal dan elastis. Ada 2 lem yang sering digunakan dalam membuat slime, yaitu: lem fox dan lem UHU. Namun, sebenarnya untuk membuatnya tidak harus menggunakan dua lem itu. Kita juga bisa membuat slime dari lem kertas yang tentunya sering dimiliki oleh anak sekolah sehingga dapat menghemat biaya karena bahan untuk membuat slime telah tersedia di rumah.

Baca juga : Tips mudah cara membuat slime dari bedak bayi

Untuk membuat slime dari lem kertas kamu bisa menggunakan lem berbentuk cair seperti lem povinal atau pun lem dengan yang bertekstur agak jelly dan padat seperti lem merk glukol. Saran kami, jika ingin menghasilakan slime dengan kekenyalan yang baik, gunakan lem povinal ya.

Cara Membuat Slime dari Kem Kertas Povinal

Lem povinal berbentuk agak cair dan berwarna bening. Jika kamu belum memilikinya, lem ini banyak tersedia di toko alat tulis kantor yang dijual dengan harga Rp. 6000 – Rp. 7000/ botolnya. Selain lem povinal, bahan lain yang sangat diperlukan untuk pembuatan slime kali ini adalah lem aktivator supaya slime yang dihasilkan memiliki kekenyalan yang maksimal. Jika kamu tidak memiliki slime aktivator, bisa menggantinya dengan obat tetes mata insto. Berikut inu bahan-bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat slime dari lem povinal:

  1. Lem povinal
  2. Slime aktivator/ obat tetes mata insto
  3. Sabun cair
  4. Pewarna makanan
  5. Baby oil
  6. Air

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, yuk ikuti langkah-langkah pembuatannya:

  1. Ambil mangkuk dan masukkan lem povinal ke dalamnya
  2. Masukkan sedikit air dan beberapa tetes pewarna makanan, aduk rata
  3. Kemudian masukkan slime aktivator atau pun obat tetes mata insto pada adonan slime dan aduk sampai adonan mengental
  4. Apabila slime terasa lengket, tambahkan beberapa tetes baby oil
  5. Tunggu beberapa menit agar adonan slime tercampur dengan baik
  6. Slime telah jadi dan siap dimainkan.

Cara Membuat Slime dari Lem Kertas Glukol

Untuk membuat slime dari lem kertas glukol, kamu masih tetap memerlukan lem povinal sebagai bahan campurannya. Sebab, tanpa lem povinal slime yang terbuat hanya dari lem glukol akan serupa lem dan lengket di tangan. Nah, untuk membuat slime ini berikut bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  1. Lem glukol
  2. Lem povinal
  3. Sabun cuci piring
  4. Air
  5. Pewarna makanan

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, tanpa berlama-lama ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

  1. Ambil wadah kemudian masukkan lem glukol dan lem povinal, aduk rata
  2. Kemudian masukkan sabun cuci piring ke dalam adonan slime dan aduk kembali
  3. Tambahkan pewarna makanan agar slime lebih menarik
  4. Kemudian perhatikan tekstur dari adonan slime, bila masih lengket tambahkan sabun kembali sampai slime terbentuk sesuai keinginan
  5. Slime telah jadi dan siap dimainkan.

Cara Membuat Slime dari Lem Kertas Glukol dan Glue Stick

Resep yang ketiga adalah campuran dari lem kertas glukol dan glue stick merk kenko yang menghasilkan slime kenyal, lembut, dan sangat elastis. Kalau kamu tertarik mencoba membuatnya, yuk langsung saja siapkan alat dan bahannya:

  1. Wadah dan alat pengaduk
  2. Lem glukol
  3. 1 botol glue stick kenko
  4. Bedak bayi
  5. Air
  6. Pewarna makanan
  7. Baby oil

Setelah menyiapkan alat dan bahannya, ikuti langkah-langkah pembuatannya berikut ini:

  1. Masukkan 1 botol glue stick kenko pada wadah, aduk rata sampai tak ada busa
  2. Kemudian masukkan sedikit air, lalu aduk
  3. Tambahan satu tetes pewarna makanan, aduk kembali
  4. Kemudian masukkan lem kertas glukol pada adonan slime, langsung diaduk ya
  5. Tambahkan sedikit bedak bayi
  6. Masukkan deterjen cair dan aduk sampai mengental
  7. Apabila adonan slime terasa lengket, tambahkan baby oil pada slime
  8. Yeay, slime telah jadi dan siap dimainkan.

Demikianlah cara membuat slime dari lem kertas yang menarik untuk dipraktikkan. semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga  berhasil. jangan lupa pula untuk mencoba bereksperimen membuat slime dari bahan-bahan lainnya.