Cara Membuat Segi Lima, Segitiga dan Segi Banyak di Coreldraw

Sebelum mempelajari cara mendesain dengan corel, tentunya ada beberapa teknik dasar yang harus kita kuasai di coreldraw. Termasuk cara membuat segi lima di corel draw, segitiga serta membuat segi banyak di coreldraw. Teknik-teknik dasar tersebut nantinya bisa kita kembangkan sedemikian rupa hingga menjadi desain seperti yang kita inginkan. Teknik dasar dalam corel sebenarnya terdiri dari teknik yang sangat sederhana namun harus benar-benar dikuasai agar memudahkan kita dalam mendesain nantinya.

Salah satu teknik dasar yang harus kamu kuasai dalam Coreldraw adalah membuat bangun datar dalam Coreldraw. Setelah menguasai teknik tersebut, kamu bisa mengembangkannya dengan teknik-teknik tertentu. Untuk mempelajari semua teknik dasar dalam Coreldraw kamu bisa mengambil kuliah di bidang desain komunikasi visual atau bahkan mengikuti kursus desain yang banyak disediakan oleh lembaga bimbingan belajar dengan harga yang sangat bervariasi. Tetapi di jaman yang sudah serba internet seperti sekarang ini, kamu bisa belajar corel secara otodidak dengan melihat tutorialnya di blog atau bahkan di Youtube. Nah, pada ilmuonline.net ini saya juga akan membagikan berbagai teknik-teknik dasar desain terutama Coreldraw yang bisa kamu pelajari sendiri dirumah dan pastinya mudah untuk diikuti.

CARA MEMBUAT SEGI LIMA, SEGITIGA DAN SEGI BANYAK DI CORELDRAW

Cara membuat segi lima, segitiga dan segi banyak di Coreldraw

Seperti yang kita tahu bahwa bangun datar terdiri dari lingkaran, oval, jajar genjang, persegi dan bangun datar lainnya. Persegi sendiri terdiri dari berbagai segi tiga, segi empat, segi lima dan seterusnya.  Pada aplikasi corel terdapat tool bernama Polygon Tool. Tool ini berfungsi untuk membuat bangun persegi seberapapun yang kita mau, bisa segi tiga, segi empat, segi lima bahkan segi seratus tergantung kebutuhan kita. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan dari cara membuat segi lima, segitiga dan segi banyak di Coreldraw berikut ini.

LANGKAH 1

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah persiapkan laptop yang sudah terinstall Coreldraw tentunya. Kamu bisa menggunakan corel dengan versi mana saja menyesuaikan spek laptop yang kamu miliki.

LANGKAH 2

Langkah kedua yaitu buka lembar kerja baru di corel seperti biasa.

LANGKAH 3

Kemudian klik “Polygon Tool” pada toolbox di sebelah kiri lembar kerja.

LANGKAH 4

Langkah berikutnya adalah pada bagian atas akan muncul “Points of Sides”. Pada bagian tersebut kita bisa mengatur berapa segi yang kita inginkan. Untuk membuat segi lima, cukup klik pada panah atas hingga angka 5.

Kemudian pada lembar kerja cukup drag kursor hingga muncul segi lima yang kita inginkan. Jika kamu menginginkan segi lima dengan ukuran yang simetris, kamu cukup menekan tombol CTRL saat drag kursor.

Cara membuat segi lima di Coreldraw

Baca juga artikel lainnya :

Jika ingin membuat segi tiga, caranya sama dengan yang diatas yaitu dengan “Polygonal Tool”, kemudian pada bagian atas ketikkan angka 3 atau cukup klik pada panah atas. Kemudian drag pada lembar kerja hingga muncul segitiga.

Cara membuat segitiga di Coreldraw

Untuk membuat segi banyak kita coba untuk membuat segi sepuluh. Caranya masih sama dengan yang tadi yaitu Polygonal Tool > Ketik 10 pada bagian atas lembar kerja > Drag kursor pada lembar kerja sambil menekan tombol CTRL.

Cara membuat segi banyak di Coreldraw

Pada tahap ini, kamu sudah bisa membuat segi lima, segi tiga bahkan segi banyak do Coreldraw. Bagaimana sob? Mudah bukan? Intinya segi berapapun yang ingin kamu buat, kamu bisa memanfaatkan Polygon Tool untuk membuatnya.

Demikian artikel mengenai cara membuat segi lima, segitiga dan segi banyak di Coreldraw. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasanmu di bidang desain grafis dan dapat ebrmanfaat bagi orang lain. Terima kasih.

Leave a Reply