Cara Membuat Logo di Photoshop

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang cara membuat logo di Photoshop. Pasti kamu tahu dong pentingnya sebuah logo. Pada dasarnya logo itu dibuat untuk memudahkan kita dalam mengingat. Ketimbang hanya sebuah tulisan, ternyata logo itu lebh efektif untuk dijadikan icon untuk sebuah perusahaan, organisasi atau komunitas.

Dalam pembuatannya pun tidak sembarangan loh sobat. Harus memenuhi beberapa kriteria seperti unik, mudah diingat, enak dipandang dan bisa diaplikasikan ke berbagai media seperti kertas, banner dan lain-lain. Bahkan banyak perusahaan yang rela memberi fee jutaan rupiah hanya sebuah logo. Waw.. sangat fantastis bukan hanya untuk sebuah logo.

Tapi by the way nih sob, kamu juga bisa loh membuat logo sendiri untuk kebutuhan pribadi kamu. Software yang akan digunakan kali ini adalah Photoshop. Untuk tingkat kesulitannya sendiri masih menengah kok sob. Jadi gak perlu jago-jago amat dalam mengoperasikan Photoshop. Tutorial kali ini banyak menggunakan basic skill saja, jadi tentu kamu akan mudah melakukannya.

Cara membuat poster dengan dengan Photoshop

Yang akan kita coba buat kali ini adalah model vintage logo, karena konsepnya sangat simple dan kamu tentu sangat mudah mengikutinya. Yuk langsung cus aja.

Cara Membuat Logo di Photoshop

Pertama-tama buka Photoshop seperti biasa. Lalu buat layer baru dengan menekan tombol “CTRL+N”. Isi sesuai dengan gambar dibawah ini.

Selanjutnya akan muncul lembar kerja seperti gambar dibawah ini.

Kemudian kita akan membuat warna lembar kerja menjadi hitam. Caranya tekan tombol ALT+DELETE lalu lembar kerja akan seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah selanjutnya adalah membuat lingkaran. Caranya klik pada “Ellipse Tool” pada toolbar di sebelah kiri lembar kerja.

Buat objek lingkaran dengan sambil menekan tombol “SHIFT” agar lingkaran yang dibuat tetap proposional.

Kemudian buat duplikat dari lingkaran tadi, caranya tinggal tekan tombol “CTRL+J”. Lingkaran hasil duplikat ini secara otomatis akan bernama “Shape 1 Copy”. Perbesar ukuran lingkaran copy barusan dengan menekan tombol “CTRL+T” lalu tarik secukupnya sambil menekan tombol SHIFT. Selanjutnya taruhlah layer “Shape 1 Copy” di bawah layer “Shape 1” pada panel layer.

Langkah selanjutnya adalah merubah warna “Shape 1 Copy” menjadi hitam dan menambahkan garis tepi. Caranya klik kanan pada “Shape 1 Copy” di panel Layer lalu pilih “Blending Options”.

Pada colour overlay, sesuaikan pengaturannya seperti gambar berikut.

Pada stroke juga kamu sesuaikan saja seperti gambar dibawah ini.

Hasilnya akan seperti ini.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan teks. Gunakan font yang sesuai dengan jenis usahamu ya sob. Caranya aktifkan “Horizontal Type Tool”

Tuliskan sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa menambahkan stroke pada teks dengan cara yang sama seperti pada lingkaran tadi.

Disini saya akan menambahkan aksen garis. Caranya dengan menggunakan “Line Tool”.

Sesuaikan aturannya seperti gambar dibawah ini.

Lalu buat garis-garis seperti gambar dibawah ini.

Kira-kira jadinya akan seperti ini.

Nah itu tadi cara membuat logo di Photoshop. Sangat simpel kan? sebenarnya banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat logo, tinggal sesuaikan saja dengan skill dan kreativitasmu dalam membuatnya.

Demikian artikel tentang cara membuat logo di Photoshop. Jangan lupa share artikel tentang cara membuat logo di Photoshop ini ke teman-teman kamu melalui akun sosial media lainnya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu tentang desain ya sob. Terima kasih dan sampai jumpa.

Leave a Reply