Cara Membuat Footnote di Ms Word

Hai sobat ilmuonline.net, Kali ini saya akan share tentang cara membuat footnote di Ms Word. Sebelum membuatnya, sebenarnya apasih footnote itu? Footnote jika diterjemahkan berarti catatan kaki. Catatan kaki disini berarti sebuah catatan yang ada di bawah halaman lembar kerja.

Biasanya footnote digunakan dalam penulisan makalah yang bertema ilmu pengetahuian, cerita ataupun laporan penelitian. Kamu juga akan menemukan footnote di jurnal-jurnal ilmiah. Footnote juga bisa digunakan untuk menjelaskan sesuatu, biasanya digunakan dalam novel atau jurnal. Fungsi lain dari footnote adalah untuk menjelaskan asal dari kutipan yang dicantumkan.

Jadi ketika kita mengutip suatu statemen dari sumber lain seperti buku atau jurnal, kita harus mencantumkan sumbernya menggunakan footnote ini. Footnote juga dijadikan parameter untuk sebuah makalah atau laporan agar bisa dikatakan valid. Intinya sih kita tidak boleh sembarangan mengutip suatu statement dari tokoh atau dari buku. Kita juga harus mengapresiasi karya mereka dengan mengunakan footnote ini. Seperti yang kita tahu, melakukan penelitian dan menghasilkan sebuah informasi yang berguna bagi umat manusia memang tidak mudah. Butuh banyak perjuangan didalamnya.

Cara membuat cover CD di Ms Word

Gambar dibawah ini adalah foonote yang dipakai dalam sebuah jurnal ilmiah. Footnote yang dipakai pada jurnal ini adalah sebagai penjelasan dari kata yang ada diatas footnote.

Kalau gambar yang ada dibawah ini adalah contoh footnote yang ada pada novel.

Jadi sebenarnya penggunaan footnote ini sangat beragam, bukan hanya untuk satu jenis dokumen saja. Pada intinya fungsinya memang sama yaitu untuk menjelaskan sesuatu atau menjelaskan sumber.

Cara membuat struktur organisasi yang menarik dengan ms word

So, sudah tahu kan fungsi dari footnote ini? sekarang kita coba untuk mencoba membuat footnote. Bagi kamu yang sedang membuat laporan tugas akhir tentu akan sangat berguna. Atau untuk kamu yang sedang kuliah di jurusan yang memiliki banyak laporan atau makalah cocok banget untuk baca tutorial cara membuat footnote di Ms Word berikut. Yuk langsung saja simak tutorial cara membuat footnote di Ms Word. Let’s Check This Out.

Cara Membuat Footnote di Ms Word

Pertama, kamu buka dulu dokumen yang akan diberi footnote atau catatan kaki. Dokumen yang saya contohkan adalah contoh laporan praktikum. Didalamnya ada beberapa statement yang diambil dari buku, tugas kita adalah menampilkan footnote dari buku yang kita kutipkan. Setelah dibuka, taruhlah kursor di tempat yang akan ditambahkan footnote.

Pilih Menu “References”. Disana ada beberapa perintah yang muncul. Langkah selanjutnya adalah klik “AB1 Insert Footnote

Setelah itu akan muncul nomor footnote di bagian bawah halaman. Disitu kamu tuliskan sumber dari statement yang kamu masukkan ke dalam laporanmu.

Jika sudah, sesuaikan ukuran font pada footnote agar tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Itulah tadi artikel tentang cara membuat footnote di Ms Word. Mudah bukan? Versi Ms Word yang digunakan dalam tutorial diatas adalah versi 2010. Kamu bisa sesuaikan jika menggunakan versi Microsoft Office versi terbaru, karena sebenarnya fiturnya juga hampir sama. Selain dengan nomor, kamu juga bisa menandai footnote dengan huruf atau pun simbol. Untuk penggunaan simbol, kamu bisa memilihnya. Jadi lebih beragam kan pilihannya?

Demikian artikel tentang cara membuat footnote di Microsoft Word. Jangan lupa share artikel cara membuat footnote di Ms Word diatas melalui akun sosial media kamu. Semoga bisa bermanfaat dan menambah ilmu sobat ilmuonline.net sekalian. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.. jangan lupa untuk berbagi ilmu kawan.

One Response

Leave a Reply