Panduan Cara Membuat Channel Youtube yang Mudah

Sekarang ini keberadaan youtube di Indonesia semakin populer, banyak orang berlomba-lomba membuat channel youtube agar terkenal yang menghasilkan banyak uang. Ada sebagian orang yang juga ingin tahu cara membuat channel youtube yang menarik sehingga bisa mendapatkan banyak penonton dan juga imbasnya mendapatkan pendapatan dollar dari channel youtube yang dikelola. Dengan keberadaan youtube kamu dapat menonton, menyukai video, dan berlangganan ke channel tertentu sesuai minat.

Untuk bisa mengupload video di youtube setidaknya kamu harus memiliki channel sendiri, dari akun google kamu. Sehingga cara membuat channel youtube, pertama yang harus kamu miliki ialah akun google. Namun, meskipun kamu sudah memiliki Akun Google, kamu tetap harus tahu cara membuat channel youtube untuk mengupload video, berkomentar, atau membuat playlist video di channel yotube yang kamu kelola.

Youtube mulai dikenal di Indonesia sendiri mulai sekitar tahun 2010an. Namun, baru mulai ngetrend di tahun 2013 sampai sekarang. Hal ini wajar mengingat untuk menonton video yang ada di youtube mmbutuhkan koneksi data internet yang tidak sedikit, sedangkan dulu koneksi intertet terbilang cukup mahal sehingga tidak semua kalangan bisa menikmati youtube dengan baik, berbeda dengan sekarang yang harga paket data internet harganya cukup terjangkau ditambah dengan maraknya smartphone yang sudah bisa digunakan untuk koneksi internet, sehingga memudahkan untuk berselancar di dunia internet. Adapun untuk cara membuat channel youtube sendiri, kamu dapat menggunakan komputer PC, laptop, ataupun dari smartphone android kamu untuk membuat channel baru youtube.

Cara Membuat Channel Youtube Sendiri

Cara membuat channel youtube sendiri dengan menggunakan akun google kamu, silahkan ikuti petunjuk berikut ini. 

  1. Login ke YouTube.com melalui laptop, PC komputer ataupun smartphone menggunakan akun google kamu.
  2. Selanjutnya, kamu klik klik icon gear “Setelan Youtube” yang berada di samping icon profil kamu yang terdapat pada layar kanan atas.
  3. Pada laman rincian profile ini kamu coba cari teks “Buat Saluran Baru” atau jika youtube kamu menggunakan settingan bahasa inggris, berarti tulisannya “Add New Channel” klik tulisan tersebut untuk membuat channel youtube baru.
  4. Silahkan buat channel youtube kamu sesuai keninginan, periksa detailnya (dengan nama dan foto akun Google Anda) serta konfirmasikan untuk membuat channel baru youtube.
  5. Untuk menguji apakah channel youtube kamu sudah jadi dan sesuai harapan kamu, coba lakukan tindakan seperti : misalnya mengupload video, memposting komentar, atau membuat playlist di channel youtube kamu.
panduan untuk cara membuat channel youtube sendiri

Contoh Gambar detail setelan YouTube

Cara Membuat Banyak Channel dengan Satu Akun Youtube

YouTube sendiri memperbolehkan setiap akun youtube memiliki lebih dari satu channel, dengan begitu setiap orang bebas membuat channel yang bervariasi hanya dengan satu akun google youtube. Adapun cara membuat banyak channel youtube, hanya dengan menggunakan satu akun youtube silahkan ikuti petunjuk berikut ini.

  • Login ke YouTube.com melalui laptop, PC komputer ataupun smartphone menggunakan akun google kamu.
  • Selanjutnya, kamu klik klik icon gear “Setelan Youtube” yang berada di samping icon profil kamu yang terdapat pada layar kanan atas. Contoh seperti ini

panduan untuk cara membuat channel youtube sendiri

  • Pada laman rincian profile kamu, paling bawah klik teks “Lihat semua channel saya atau buat channel baru” misal seperti ini

cara membuat channel youtube yang menghasilkan

  • Kemudian pada info channel yang sudah kamu miliki, Buat channel baru dengan mengklik Buat channel baru. isikan Nama channel baru kamu pada pilihan Nama Akun Merk, dan klik Daftar. Buat channel YouTube untuk Akun Bisnis yang telah kamu kelola dengan memilih Akun Bisnis dari daftar. Jika Akun Bisnis ini telah memiliki channel, kamu tidak dapat membuat yang baru— kamu akan dialihkan ke channel tersebut jika memilih Akun Bisnis dari daftar. Seperti gambar dibawah ini

panduan membuat channel youtube sendiri

  • Isi detailnya untuk memberi nama channel baru yang barusan kamu buat dan memverifikasi akun kamu.
  • Kemudian, klik tombol Selesai. Maka akun bisnis youtube / channel baru kamu sudah jadi!

Itu tadi panduan untuk cara membuat channel youtube sendiri yang bisa kamu lakukan, agar channel kamu memiliki banyak pengunjung buatlah channel yang menarik sesuai dengan bakat dan keinginan kamu, sehingga pada akhirnya hasilnya pun tidak mengecewakan. Dan jangan lupa bantuannya untuk like, share, tweet nya ya temen-temen.