Cara Mematikan Windows 10 Update secara Permanen

Apakah kamu pernah kepikiran bagaimana cara mematikan windows 10 update secara permanen ? Meskipun sebenarnya cara menonatifkan auto update windows 10 ini tidak dianjurkan, namun jika kamu merasa update windows 10 terlalu sering minta update dan kamu merasa terganggu akan fitur auto update windows 10, terlebih buat kamu yang ngerasa fitur auto update windows 10 menguras kuota internet kamu ketika online maka bisa dimatikan. Dengan begitu setidaknya mengurangi beban untuk membayar paketan data internet kamu 😀

Sebenarnya fitur auto update pada windows 10 dirancang untuk membantu keamanan pengguna, dan juga tambahan fitur-fitur baru yang selalu di update oleh pihak Microsoft. Tapi jika tidak sesuai dengan keinginan maka kita bisa mematikan windows auto update.

Cara Mematikan Windows 10 Update secara Permanen

Cara mematikan windows 10 update secara permanen ada beberapa cara dan langkah yang bisa kamu lakukan, yang diantaranya sebagai berikut :

Cara Mematikan Windows 10 Update secara Permanen (Pertama)

Langkah pertama untuk menonaktifkan auto update pada windows 10 secara permanen ialah dari Service, dengan penjelasan detail seperti berikut :

  • Pada bagian Search, ketikkan “Services” seperti gambar berikut ini

  • Lalu scroll ke bawah dan cari dan dobel klik pada bagian”Windows Update

  • Pada bagian Startup type ganti menjadi Disabled, lalu klik tombol OK

Cara Mematikan Windows 10 Update secara Permanen (Kedua)

Cara lain untuk menonaktifkan windows 10 auto update ialah dengan mengetikanna gpedit.msc, akan tetapi cara ini hanya berlaku untuk versi windows 10 professional keatas.

  • Caranya ketikkan gpedit.msc di kolom search Windows 10 kamu, pada pojok bawah sebelah kiri layer atau sebelah icon windows kamu dan tekan Enter. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

  • Maka Local Group Policy Editor akan terbuka. Setelah itu arahkan mouse kamu ke bagian  Computer Configuration\Administrative Templates\Windows Components\Windows Update seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini

  • Setelah itu pada bagian Configure Automatic Update, double klik untuk membukanya.
  • Pada bagian konfigurasi di sebelah kiri atas, pilih Enabled. Lalu di bagian konfigurasi sebelah bawah, ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih. Pilih no 2 (notify for download and notify for install). Apa artinya? Artinya Windows 10 tidak akan lagi mendownload update secara otomatis, tetapi hanya akan memberikan notifikasi untuk mendownload update terbaru. Jika sudah tekan Apply dan OK.

Jika selesai dengan tahapan ini kamu bisa melanjutkannya ke langkah berikutnya yang bertujuan untuk mencegah download otomatis update mayor pada windows 10 milik kamu, yakni dengan cara sebagai berikut.

  • Langkah selanjutnya yakni dengan mengubah setting koneksi internet yang kamu gunakan saat ini menjadi Metered connection. Caranya cukup buka Settings >> Network & Internet >> Change connection properties dan pada bagian Metered Connection, lalu ubah posisi opsi menjadi mode On.

Sampai disini kamu sudah bisa tau cara mematikan windows 10 update secara permanen yang bisa kamu praktekkan sendiri dirumah, akan tetapi saran saya sesekali kamu perlu update windows 10 untuk mengupgrade fitur dan keamanan yang ada pada windows 10 versi terbaru.

2 Comments

  1. Chuyunks 21/08/2018 Reply

Leave a Reply