Bagaimana Cara Mematikan Firewall Windows 7 8 10 Dengan Mudah ?

Firewall merupakan sebuah sistem yang sebenarnya memiliki peranan penting dalam menangkal atau mencegah akses yang tidak sah atau pun berbahaya di mana biasanya berasal dari jaringan internet. Jika anda sering terhubung dengan internet, maka sebenarnya peran firewall akan sangat penting dan sebaiknya firewall ini senantiasa dinyalakan. Namun, ada beberapa pengguna yang mencari cara mematikan firewall windows 7, 8, 10. Hal ini sebenarnya cukup biasa karena memang ada beberapa orang yang memiliki kepentingan lain sehingga mereka memutuskan untuk mematikan firewall.

Salah satu alasan kenapa firewall dimatikan adalah agar memiliki akses privat yang tidak terdeteksi. Selain itu, para pengguna melakukan hal tersebut untuk memberikan akses lalu lintas data yang sebenarnya aman namun terhalang dan terdeteksi sebagai gangguan oleh firewall. Jika hal ini terjadi tentu saja para pengguna akan merasa rugi sehingga mereka memilih untuk mematikan firewall.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai tips mematikan firewall windows 7 8 10 yang sebenarnya relatif sama. Dengan pembahasan ini maka mematikan firewall akan menjadi lebih mudah dan simple. Lantas, bagaimana cara untuk mematikan firewall ini? Simak beberapa penjelasan lengkapnya di bawah ini. Selamat membaca.

Cara Mematikan Firewall Windows 7, 8, 10 (100 % Work)

Nah, untuk mematikan firewall sebenarnya ada beberapa cara dan masing-masing windows sebenarnya memiliki cara yang serupa. Hanya saja perbedaan mendasar yang terjadi adalah adanya interface yang berbeda.

Cara Mematikan Firewall Windows 7, 8, 10 (Pertama)

Adapun beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke menu windows firewall dengan menggunakan control panel atau dengan menekan tombol windows+R kemudian ketik firewall.cpl dan klik Ok atau enter.

  • Jika sudah, anda akan dihubungkan ke halaman yang baru. Pada menu windows firewall, pilih saja turn windows firewall on or off.

Cara Mematikan Firewall Windows 7 8 10

  • Selanjutnya, pilih turn off windows defender firewall (not recommended) pada pilihan private network setting maupun public network setting. Setelah itu pilih OK

  • Windows firewall sudah berhasil dimatikan

Nah, beberapa poin di atas dapat dijadikan cara mematikan firewall windows 7 8 10 yang sangat mudah dan juga simple. Namun, ada cara lain yang juga bisa dicoba untuk mematikan windows firewall tersebut.

Cara Mematikan Firewall Windows 7, 8, 10 (Kedua)

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol Ctrl+R lalu kemudian ketika firewall.cpl dan enter
  • Jika sudah, pilih advanced settings
  • Setelah itu, pilih properties
  • Pada tab domain profile yang muncul, pilih off pada opsi firewall state. Setelah itu, klik apply
  • Jika sudah, beranjak ke private profile dan pilih off juga lalu apply
  • Jika sudah, pada public profile, pilih off dan terakhir pilih OK
  • Selesai

Cara kedua tersebut juga dapat dilakukan untuk mematikan firewall dengan mudah dan sederhana. Namun, dalam beberapa kasus, mematikan firewall tidak semudah yang dibayangkan. Ya, beberapa pengguna seringkali gagal dalam mematikan firewall. Lantas, bagaimana solusi untuk kasus satu ini?

Cara Mematikan Firewall Windows 7, 8, 10 (Ketiga)

Jika anda gagal untuk mematikan firewall windows 7 8 10 menggunakan kedua cara di atas, hal tersebut bukan dikarenakan caranya yang salah namun biasanya pengaturan firewall sudah diatur oleh antivirus yang sudah diinstal di perangkat anda. Sebagaimana diketahui, firewall adalah akses untuk mengamankan akses dari jaringan yang berbahaya. Karena jaringan tersebut bisa saja berisi virus, maka antivirus mengambil alih pengaturan firewall untuk memberikan penanganan dan pengamanan yang lebih pada perangkat agar tidak terkontaminasi dengan virus dari internet tersebut.

Nah, untuk mengatasinya, maka sebaiknya anda membuka antivirus. Kali ini kita akan memberikan contoh mematikan firewall menggunakan antivirus Avast Premier sebagai salah satu antivirus yang cukup banyak diunduh oleh para pengguna. Adapun tahapan mematikan firewall windows 7 8 10 dengan cara satu ini adalah sebagai berikut:

  • Buka program antivirus lalu pilih protection
  • Akan muncul beberapa pilihan fitur dari antivirus. Dalam hal ini, pilih firewall
  • Nah, jika sudah, pilih tombol ON yang berwarna hijau dan selanjutnya pilih bagaimana anda akan mematikan firewall tersebut. Dalam hal ini, ada beberapa pilihan mematikan firewall untuk dilakukan mulai dari mematikan selama 10 menit, 1 jam, sampai perangkat restart atau selamanya. Pilih sesuai yang anda butuhkan
  • Selesai

Beberapa cara mematikan firewall windows 7 8 10 dapat dilakukan dengan mudah. Namun, jika anda tidak memiliki kepentingan, lebih baik firewall tidak dimatikan.

2 Comments

  1. ismet 04/09/2018 Reply
  2. Ahmad 07/09/2018 Reply

Leave a Reply