2 Cara Melihat Merk Laptop dengan Mudah

Seri/ Merk laptop biasanya sudah tertera dibagian depan, ataupun di bagian bawah belakang laptop. Namun jika kamu ingin tahu cara melihat merk laptop secara lebih lengkap dan mudah bisa juga. Laptop saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk mendukung sebuah pekerjaan terlebih lagi di kota. Hampir semua orang saat ini memiliki laptop baik untuk bekerja maupun untuk mengerjakan tugas kuliah, ada juga yang digunakan untuk praktek maupun untuk belajar ilmu tertentu di internet. Laptop dipilih karena untuk membawanya cukup mudah dibandingkan dengan PC.

Saat ini banyak merk dan tipe laptop yang bisa anda pilih sesuai yang anda inginkan mulai dari HP, Zyrex, Dell, Asus, Acer, Toshiba dan masih banyak lagi. Dari satu merk laptop tertentu ada puluhan tipe yang dibuat oleh masing-masing perusahaan yang membuatnya.

Bagi sebagian anda mungkin tidak terlalu penting mengetahui merk laptop. Hal ini akan sangat penting ketika anda ingin menginstall ulang laptop anda karena untuk menginstall ulang software yang dibutuhkan harus sesuai dengan merk dan tipe dari laptop yang sedang anda gunakan. Terlebih lagi ketika anda menginstall software pendukung yang memang benar-benar diperlukan untuk di install pada laptop anda.

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. Cara mengatasi windows 10 tidak bisa shutdown
  2. Cara mudah menambah RAM Laptop di windows 10
  3. Cara membuat channel youtube dengan mudah

Tidak akan bisa menginstall laptop Aceh dengan menggunakan CD Toshiba oleh karena itu anda harus mengetahui merk dari laptop yang sedang anda gunakan saat ini. Jika anda menginstall ditempat service laptop mungkin tidak akan ada masalah, akan tetapi jika anda ingin menginstall laptop sendiri maka anda wajib mengetahui merk dan tipe laptop yang akan anda install. Lalu bagaimana sih cara melihat merk laptop, untuk caranya cukup mudah sekali dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengetahuinya. Berikut ini cara melihat merk laptop yang bisa anda lakukan dengan mudah.

2 Cara Melihat Merk Laptop

Cara melihat merk laptop Pertama : Pertama yang perlu anda lakukan adalah membuka DirectX Diagnostic Tool, caranya yaitu dengan menekan Start + R.

cara melihat merk laptop

Maka secara otomatis muncul jendela Windows Run. Silahkan anda tuliskan dxdiag. Jika anda menemukan pilihan anda bisa pilih Yes.

Cara Melihat tipe Laptop

Cara Melihat Merk Laptop Kedua : Anda juga bisa melakukannya dengan cara membuka menu Start lalu anda ketikkan dxdiag. Berikut ini contoh dari windows 8, sedangkan untuk windows 7 caranya sama saja, anda klik start dan bisa langsung mengetikkan dxdiag. Untuk windows lainnya seperti windows XP cukup menyesuaikan saja karena tidak jauh berbeda untuk caranya. Jadi bagi anda yang menggunakan windows XP anda menyesuaikan pekerjaan anda dengan tutorial ini untuk mengetahui merk dan tipe laptop yang anda gunakan saat ini. untuk windows 10 tentu tidak akan jauh berbeda dengan gambar dibawah.

Cara Melihat Seri Laptop

Jika anda sudah melakukan salah satu cara diatas maka akan muncul jendela DirectX Diagnostic Tool. Pada tab System anda bisa lihat System Manufacturer dan juga System Model, disana tertulis merk dan juga tipe dari laptop yang sedang anda gunakan saat ini. pada contoh ini terlihat Merk Acer dengan tipe laptop Aspire ZC-605.


Itulah cara melihat merk laptop yang sedang anda gunakan. Kenali merek dan tipe laptop jika anda ingin menginstall ulang laptop anda karena dengan mengenalinya anda bisa dengan mudah mencari software bawaan laptop yang anda gunakan di internet. Jika anda tidak mengetahui merk dan tipe laptop yang anda gunakan maka anda tidak bisa asal dalam menginstall software pendukung yang memang harus di install pada laptop anda. Jika anda ingin menginstall laptop anda di tempat-tempat service laptop anda tidak perlu mengetahui hal-hal teknis seperti ini, akan tetetapi anda akan mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya untuk menginstall ulang laptop, sedangkan untuk menginstall laptop tidak sulit bagi anda yang memiliki ilmunya dan tentunya juga memiliki CD yang berisi software-software yang dibutuhkan pada laptop anda.

Baca juga : Cara mengetahui spesifikasi motherboard tanpa membongkar CPU

Walaupun anda tidak sedang menginstall ulang laptop anda, setidaknya tutorial ini cukup penting untuk anda suatu saat nanti. Tutorial diatas juga sebagai ilmu tambahan dalam hal mendalami ilmu teknologi yang sangat pesat saat ini.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk mencoba mengetahui merk laptop yang sedang anda gunakan saat ini. jika anda tertarik anda bisa ikuti tutorial diatas tanpa melewati satu langkahpun agar apa yang anda praktekkan berhasil.