Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Pasti penasaran dengan apa itu SIPP Online, ingin tahu cara daftar SIPP online BPJS ketenagakerjaan ? SIPP Online sendiri merupakan singkatan dari Sistem Informasi Pelaporan Perusahaan (SIPP) Online BPJS Ketenagakerjaan. SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ini berbentuk aplikasi yang bisa anda akses secara online melalui web : (https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/) atau melalui aplikasi mobile.

Apa saja keuntungan yang di dapat kalau sebuah Perusahaan ikut atau daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Adapun secara rinci berikut adalah manfaatnya:

  1. Data Perusahaan

Melalui SIPP Online anda dapat secara daring melaporkan atau mengupdate data perusahaan anda dengan cepat dan mudah.

  1. Data Tenaga Kerja

Fitur lain yang diberikan oleh SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan adalah berupa pendataan tenaga kerja. Baik berupa menambah tenaga kerja yang baru maupun me-non-aktifkan tenaga kerja yang sudah tidak bekerja lagi diperusahaan anda.

  1. Data Upah

Selain itu SIPP Onle BPJS Ketenagakerjaan juga meyuguhkan fitur view upah dimana anda akan dimanjakan dengan fitur pengolah data upah para pegawai anda dengan kode yang dinamakan KPJ. Di menu ini anda dapat mengedit jumlah upah yang harus dibayarkan kepada pegawai anda.

  1. Laporan

Dimenu laporan ini anda setidaknya akan menemukan empat hal pokok yaitu rincian tenaga kerja baru, rincian data upah para pegawai anda, rincian data tenaga kerja yang keluar dari perusahaan anda dan terakhir adalah rincian iuran BPJS yang harus dibayarkan oleh perusahaan anda.

Baca juga : Cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan via online / internet

  1. Finalisasi

Yang dimaksud dengan finalisasi di sini adalah upah bersih yang harus anda bayarkan kepada pegawai setelah dikurangi dengan iuran BPJS Ketenagakerjaan. Jadi disinilah data pokok yang sangat penting bagi perusahaan anda, dimana fungsi utama dari SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan ini adalah memudahkan perusahaan dalam membayar iuran BPJS sekaligus menghitung upah bersih pegawai.

  1. Monitoring Iuran

Merupakan menu untuk memonitor jumlah iuran yang telah dibayarkan oleh perusahaan kepada BPJS. Di menu ini kita dapat mengecek apakah kita telah membayar iuran atau belum.

  1. Menu Tambahan

Ada dua menu tambahan pada aplikasi SIPP BPJS Ketenagakerjaan yaitu menu notifikasi dan menu setting.

Baca juga : Daftar iuaran BPJS per kelasnya dan cara membayar iuaran BPJS melalui ATM

Lalu bagaimana cara daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan? Setidaknya ada 24 (dua puluh empat) poin penting yang harus anda lakukan ketika melakukan pendaftaran SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan.

Cara Daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan

Adapun secara rinci adalah sebagai berikut:

  1. Pertama tentunya masuk dulu ke web (https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/sipponline/) atau download aplikasinya di mobile anda.
  2. Setelah itu akan muncul laman web, di sana akan ditemukan tulisan “LOGIN” lalu carilah menu “Daftar SIPP Online” yang berada di bawah menu login.
  3. Kemudian anda akan diarahkan ke menu “Formulir Registrasi SIPP Online”. Pada langkah ini anda diharuskan mengisi Data Perusahaan dan Identitas Pengguna caranya adalah dengan memasukkan NPP (Nomor Pendaftaran Perusahaan) dan Divisi anda. Setelah NPP anda isikan maka secara otomatis Nama Perusahaan akan terisi. Kemudian bagian Unit Kerja juga di isi jika perusahaan anda terdiri atas Beberapa Unit Kerja yang sudah terdaftar di BPJS. Setelah itu pindah kebagian pengisian NO KPJ/No Peserta, kemudian isikan No Peserta pada kolom tersebut. Setelah itu isilah kolom Tanggal Lahir. Jika pengisian No KPJ dan Tanggal Lahir sesuai maka otomatis akan muncul nama peserta. Selanjutnya isikan juga No Handphone untuk verivikasi. Terakhir klik tombol lanjut
  4. Pada langkah ini anda diharuskan memasukan No PIN yang dikirimkan pada No Handphone yang anda isikan sebelumnya. Setelah itu isikan alamat email pada kolom dibawahnya, jika sudah klik validasi. Kemudian akan muncul notifikasi pemberitahuan melalui email anda.
  5. Pada tahap ini, masuklah ke email anda di laman yang berbeda. Di sana anda akan menerima email dari BPJS Ketenagakerjaan. Kemudian bukalah laman pendaftaran SIPP BPJS Ketenagakerjaan dan masukanlah kode konfirmasi yang dikirim pada alamat email anda terakhir Klik “OK”.
  6. Setelah langkah kelima selesai, giliran anda untuk memasukan pasword baru yang nantinya akan digunakan untuk login pada SIPP Online anda. Pasword harus terdiri atas 6 digit angka. Ulangi pasword anda untuk konfirmasi. Setelah semua terisi klik “DAFTAR” untuk melanjutkan.
  7. Jika pendafataran sukses maka akan muncul pemberitahuan bahwa email data pendafataran sudah dikirim ke alamat email Subject dari email tersebut adalah PENDAFTARAN PERUSAHAAN SUDAH JADI PESERTA”, kemudian cek email anda.
  8. Setelah tahap ini, anda tinggal menunggu proses verivikasi yang dilakukan oleh Kantor Cabang BPJS, jika sudah disetujui maka anda akan mendapatkan email dengan subjek “PERSETUJUAN PERUSAHAAN SUDAH JADI PESERTA”.

Demikianlah tahapan cara daftar SIPP Online BPJS Ketenagakerjaan. Semoga Informasi ini bermanfaat bagi anda.

Leave a Reply