Cara Cek Akreditasi Jurusan Universitas (Kampus)

Sekarang ini dengan adanya sistem informasi berbasis web memudahkan kita untuk mengakses informasi yang ingin dicari, untungnya BAN-PT selaku badan yang bertanggungjawab menangani akreditasi pendidikan di Indonesia, baik itu lembaga setingkat sekolah maupun universitas (kampus). Nah kita selaku masyarakat terutama pelajar sekarang ini bisa tahu cara cek akreditasi jurusan universitas atau istilah ngetrendnya kampus dengan mudah dan uptudate melalui website BAN-PT. Selain bisa mengecek akreditasi jurusan universitas, kita juga bisa mengecek akreditasi universitas (institusi kampus), bahkan juga kita bisa mengecek akreditasi jurusan sekolah menengah kejuruan yang ada di Indonesia, baik yang berstatus SMK Negeri maupun SMk Swasta.

Cara Cek Akreditasi Universitas

Sebelum mengecek akreditasi jurusan di universitas, kamu bisa terlebih dahulu mengecek akreditasi institusi universitas, adapun cara cek akreditasi universitas ialah sebagai berikut :

  • Silahkan menuju ke lamanĀ https://banpt.or.id/direktori/institusi/pencarian_institusi
  • Kemudian pada kolom Perguruan Tinggi, silahkan ketikkan nama perguruan tinggi / universitas / kampus yang ingin dicari. Maka disini akan ditampilkan data akreditasi perguruan tinggi yang sedang kamu cari, mulai dari ; nama perguruang tinggi, peringkat akreditasi, nomor terbit sk akreditasi, tahun SK, wilayah, tanggal kadaluarsa akreditasi, hingga status akreditasi.

Cara Cek Akreditasi Jurusan Universitas (Kampus)

Berikut ini cara cek akreditasi universitas atau perguruan tinggi atau kampus negeri maupun swasta yang ada di Indonesia.

  • Langkah pertama silahkan kunjungi lamanĀ https://banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi
  • Pada laman tersebut, kamu bisa mencari akreditasi jurusan sesuai minat kamu tanpa memperdulikan nama universitasnya, caranya cukup mengetikkan nama jurusan yang ada di kolom Program Studi, contohnya seperti gambar dibawah ini

  • Selain itu untuk cara cek akreditasi jurusan universitas bisa mensortir (memilih) berdasarkan nama perguruan tinggu (universitas), yakni dengan mengetikkan nama perguruan tinggi (universitas) pada kolom Perguruan Tinggi. dan jika kamu mengetikkan nama perguruan tingginya benar maka akan tampil daftar jurusan berserta peringkat akreditasi jurusan secara gamblang (lengkap), seperti yang terlihat pada contoh gambar dibawah ini

itu tadi cara cek akreditasi jurusan universitas dan juga cek akreditasi perguruan tinggi (universitas, institut, politeknik) yang diterbitkan secara resmi oleh BAN-PT terupdate, dengan begitu kamu bisa tahu masa saja universitas yang mempunyai standart akreditasi yang baik dan mana yang belum baik. semoga informasi ini bermanfaat buat kalian yang sekarang ini lagi bimbang mau memilih universitas mana dan di jurusan apa yang memiliki akreditasi yang bagus.

Leave a Reply