Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Ketika Ngeblog

Sekarang ini penulis yakin sudah banyak sekali orang-orang Indonesia yang tau akan dunia blog, youtube, toko online dan sosial media. Namun tidak semuanya tertarik untuk menjadi berkecimbung atau aktif disalah satu blog, youtube, maupun sosial media. Mungkin bagi sebagian besar kalangan akan memilih aktif disosial media, dan untuk toko online, blog, maupun youtube hanya sekian persen yang berkecimbung dan aktif. Hal ini wajar karena setiap bidang online yang sudah saya sebutkan tadi mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Namun bagi para blogger “pemula” kamu perlu tahu beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ngeblog sehingga bisa menjadi blogger yang sukses.

Perlu dipahami juga dari aktivitas-aktivitas yang sudah saya sebutkan tadi baik itu sosial media, blog, youtube, toko online, semuanya itu kalau kita bisa fokus dan aktif bisa menghasilkan pundi-pundi penghasilan yang mungkin malah lebih besar dari pekerjaan kita di dunia nyata (offline), namun untuk bisa menghasilkan sesuatu dari aktivitas online kita dituntut untuk bener-bener fokus dan paham akan apa yang kita kerjakan.

Beberapa Hal yang Perlu diperhatikan Ketika Ngeblog

Sebelum belajar banyak hal mengenai apa saja yang harus kamu siapkan ketika ingin menjadi blogger yang sukses, alangkah baiknya kamu perhatikan beberapa hal pokok berikut ini.

  1. Tujuan utama kamu ngeblog

Sebelum bicara banyak soal ngeblog, kamu perlu menanyakan pada diri kamu sendiri mengenai tujuan utama kamu ingin ngeblog, menjadi seorang blogger.

  • Apakah hanya ingin menulis ?
  • Apakah hanya sekedar menyalurkan hobi semata ?
  • Apakah ingin menjadi blogger yang berpenghasilan ?
  • Atau mungkin untuk tujuan yang ketiga-tiganya ?
  1. Materi (Konten) Blog

Jika sudah paham akan tujuan awal kamu menjadi blogger, selanjutnya bisa menentukan materi atau konten untuk mengisi blog yang sudah kamu buat. Apakah kamu ingin menuliskan konten cerita pribadi kamu di blog ? atau berbagi pengalaman dan pengetahuan yang kamu miliki ke pembaca blog ? atau ingin fokus di salah satu bidang yang kamu kuasai ?

Pada poin ini kualitas dan kemampuan kamu tentang ngeblog benar-benar di uji, karena pada poin ini biasanya akan dihadapkan beberapa kendala seperti misalnya ; malas, tidak ada waktu luang untuk menulis blog, bosan, hingga sudah tidak punya ide untuk mengembangkan blog. Masalah-masalah seperti ini hampir bisa dipastikan bisa kamu dapati ketika ngeblog. Pada proses inilah kamu bisa menentukan arah blog kamu kedepannya, apakah akan menyerah dengan keadaan, atau tetep fokus ngeblog hingga tujuan utama kamu ngeblog tercapai.

  1. Memilih Domain

Setelah memahami akan konten blog yang akan kamu isikan diblog, selanjutnya tentukan nama domain yang akan kamu pergunakan, domain sendiri merupakan salah satu hal pokok yang perlu kamu pertimbangkan. Sekarang ini banyak sekali ekstensi domain yang bisa kamu pergunakan, selain ekstensi .com kamu bisa menggunakan ekstensi .net, .org, .xyz, .id, .web.id, .online, .biz dan masih banyak lagi. Namun perlu diketahui juga setiap ekstensi domain mempunyai harga sewa per tahun yang berbeda-beda, jadi sebelum memilih nama domain yang sesuai pastikan kamu mengetahui harga sewa domain per tahunnya ya.

Jasa penyedia domain sendiri di Indonesia sekarang ini banyak sekali, sehingga kamu bisa bebas memilih dan memesan domain seseuai dengan selera dan kemampuan. Namun sebelum memesan domain yang ingin kamu pergunakan, ingat lagi tujuan awal kamu membuat blog dan materi apa yang ingin kamu isikan ke blog kamu nantinya.

  1. Memilih Web Hosting yang Tepat

Selanjutnya jika kamu sudah memilik nama domain, maka hal pokok lainnya yang perlu kamu pertimbangkan ialah memilih web hosting yang tepat dan berkualitas. Agar tidak teralu ribet dalam memanajemen blog pastikan web hosting untuk menyimpan file blog kamu benar-benar aman, kecepatan aksesnya berjalan lancar, sehingga saya sarankan ketika memesan web hosting dan domain di satu penyedia layanan domain dan web hosting Indonesia, jika target pembaca (visitor) blog kamu berasal dari Indonesia.

Ada banyak sekali penyedia domain dan web hosting indonesia yang sudah berbadan hukum dan berkualitas yang salah satunya ialah hosting24. Disini kamu bisa memesan domain dengan banyak pilihan ekstensi domain dan juga dengan harga yang terjangkau, transfer website gratis, serta banyaknya pilihan paket yang ditawarkan untuk web hosting, VPS hosting, maupun reseller hosting untuk kebutuhan website / blog kamu.

Untuk paket web hosting di hosting24, ada 3 pilihan paket yang ditawarkan dengan promo potongan harga yang sangat menarik.

Sedangkan untuk paket VPS hosting, untuk paket ini sangat cocok buat blogger tingkat lanjut dengan rataan pengunjung website/blog yang lumayan tinggi. Dengan fitur yang lebih komplit dibanding web hosting, kemampuan server, serta tingkat keamanan yang terjamin membuat paket VPS hosting juga sangat menarik untuk para blogger. Berikut ke 8 pilihan paket VPS hosting yang ditawarkan.

  1. Mau Kamu Apakan Blog Kamu ?

Sekilas ini pertanyaan yang simple, dan mempunyai arti yang hampir sama dengan point pertama (tujuan utama kamu ngeblog) namun saya yakin tidak semuanya bisa “langsung” bisa menjawabnya, maka dari itu saya rasa penting rasanya membuat semacam plaining kedepan agar aktivitasi ngeblog kamu terarah dan bisa sukses sesuai dengan harapan.

Kesimpulan :

Dari kelima hal yang sudah saya sampaikan diatas, bisa ditarik kesimpuan untuk menjadi seorang blogger yang sukses maka kamu perlu memperhatikan kelima hal diatas untuk bisa disiapkan dan pahami bersama. Happy blogging !

Leave a Reply