Apa Itu Slime dan Apa Kegunaan Slime ?

Akhir-akhir ini slime begitu populer dan dicari banyak orang. Lalu apa itu slime, dan apa kegunaan slime itu sendiri ? Slime adalah berasal dari bahasa inggris yang jika diterjemahkan berarti lendir. Eh, Jangan jijik dulu ya karena slime ini bukan hal yang menjijikan justru sebuah alat permainan yang seru. Slime memiliki tekstut yang kenyal, hampir mirip dengan agar-agar. Tapi, slime bukan untuk dimakan melainkan untuk dibentuk sesuai keinginan.

Permainan slime begitu digemari oleh anak-anak, biasanya mereka akan memainkannya bersama kawan-kawan seusinya. Slime yang mudah dibentuk apa saja ini begitu dicintai dan sering dibawa oleh anak-anak kemana saja sebagai teman mengisi waktu luang dikala bosan. Mereka akan membawa slime ketika mengunjungi rumah teman, bepergian, atau bahkan ke sekolah.

Semakin populernya slime, bahkan bukan hanya anak-anak saja yang doyan bermain slime. Remaja pun mulai menggandrungi mainan slime ini. Alasannya karena slime memang mainan yang sedang booming dan kekinian saat ini sehingga banyak orang semakin penasaran untuk mencoba memainkannya.

Lalu untuk Apa Sebenarnya Slime?

Kebanyakan dari mereka yang membuat slime memang hanya untuk dimainkan. Terlebih banyak yang suka dengan slime karena ingin mencoba membuatnya. Yup, slime memang bisa dibuat sendiri di rumah. Tidak terlalu sulit membuatnya karena ada banyak tutorial pembuatan slime di internet. Memang bagi yang tidak ingin repot, bisa juga membeli slime yang banyak dijual dengan harga cukup murah, kurang dari sepuluh ribu rupiah. Tapi, banyak yang bilang akan lebih seru ketika membuat slime sendiri karena keseruan permainan ini juga terletak pada proses pembuatannya. Terutama untuk anak-anak, mereka akan antusias ketika diberitahu akan membuat slime bersama-sama.

Beragam Kegunaan Slime

Ada beragam kegunaan dari benda yang kenyal ini. Slime menjadi dikenal orang karena berbagai manfaat yang ada pada benda berwarna-warni tersebut:

  1. Penghilang stress

Bukan cuma anak-anak, remaja maupun  orang dewasa bisa memainkan slime ini sebagai penghilang stress atau pun pengusir rasa bosan atas sesuatu.

  1. Alat pembersih

Slime memiliki tekstur yang lengket yang dapat menarik debu dan membersihkan benda-benda kepunyaan kamu. Membersihkan sela-sela tuts keyboard yang rentan berdebu dapat dilakukan dengan menggunakan slime. Selain itu, bisa juga digunakan untuk membersihkan sela-sela kipas angin, lubang speaker, dan lain-lain.

  1. Untuk dekorasi ruangan

Slime yang dibentuk dengan apik juga bisa menjadi dekorasi ruangan. Coba buat slime dengan bentuk yang menarik dan warna yang selaras dengan ruangan yang akan ditempatinya. Kemudian kamu bisa memberikan tempat untuk slime yang terbuat dari kaca transparan. Wah, slime buatan kamu akan menjadi penghias ruangan. Kamu bisa meletakkannya di ruang tamu atau pun di kamar kamu.

Apa Itu Slime dan Apa Kegunaan Slime ?

Kegunaan Slime untuk Anak-Anak

Setelah tadi membahas kegunaan slime untuk orang dewasa, mungkin akan ada pertanyaan: apa sih manfaatnya slime jika dimainkan oleh anak-anak? Tentu ada manfaatnya ketika slime menjadi teman bermain anak-anak. Berikut ini diantaranya:

  1. Sebagai permaianan

Seperti yang telah dijelaskan diawal bahwa slime adalah sebuah alat permaianan. Bagi anak-anak tentu akan seru ketika mendapatkan mainan yang dapat dibentuk menjadi berbagai macam rupa. Aneka warna dari slime juga akan menarik minat anak-anak untuk memainkannya. Slime yang bertektur kenyal dapat dipegang dan dipencet-pencet sesuka hati.

  1. Anak akan merasa lebih bahagia

Pada dasarnya masa anak-anak memang masanya bermain. Kehadiran slime sebagai permainan yang terbilang baru pastinya sudah ditunggu oleh anak-anak untuk bisa memainkannya. Ketika akhirnya mereka bisa bermain slime tentu akan merasa bahagia. Dengan bermain slime, membantu tubuh menghasilkan hormon endorfin yang membuat seseorang merasa lebih bahagia. Jika anak tumbuh dengan ceria dan bahagia, itu akan bagus untuk tumbuh kembangnya.

  1. Sebagai sarana penyaluran emosi anak

Slime yang bertekstur kenyal dan mudah diubah menjadi apa saja merupakan simbol kebebasan. Bermain slime akan menjadikan lebih percaya diri untuk melakukan kehendak hatinya, mencoba membentuk slime menjadi sesuatu yang ia inginkan akan memunculkan harapan. Slime membantu anak untuk mengenali dan menyalurkan emosinya dengan cara yang positif.

  1. Meningkatkan konsentrasi anak

Selain membuat mood menjadi lebih bahagia, ternyata permainan slime juga bisa meningkatkan konsentrasi dan daya imajinasi anak. Bermain slime akan membantu anak berpikir  bentuk apa yang sesuai untuk slime miliknya.

  1. Sebagai sarana untuk mengekspresikan diri

Lewat permainan slime yang menyenangkan anak akan lebih bisa mengekspresikan perasaannya di saat bermain slime. Mungkin ada saat anak meminta untuk memainkan slime lagi di lain waktu karena menyukai permainan ini.

  1. Untuk menghilangkan kejenuhan anak

Bukan hanya orang dewasa yang bisa bosan, anak-anak juga bisa merasakan jenuh. Ketika bermain slime yang merupakan hal baru untuknya, anak akan merasa lebih antusias menyambut permainan tersebut.

Sekarang tahu kan kalau kegunaan slime ternyata luar biasa banyak. Wah, bisa menjadi salah satu permainan yang mengedukasi dan mengasah keterampilan bukan?