Apa Itu Rom Xiaomi, Cara Cek Rom Xiaomi

Apa Itu Rom Xiaomi, Cara Cek Rom Xiaomi ~ Xiaomi adalah smartphone yang bisa dibilang pendatang baru dari China. Walaupun pendatang baru akan tetapi Xiaomi memiliki kualitas yang sangat bagus, harga yang cukup terjangkau dikantong untuk ponsel sekelasnya dan juga memiliki spesifikasi tinggi. Untuk OS yang digunakan oleh smartphone Xiaomi sendiri adalah MIUI, versi dari MIUI sendiri adalah versi 8 atau bisa dibilang versi beta.

Versi dari MIUI yang tersebar saat ini berbeda-beda sehingga menjadi masalah untuk pengguna smartphone Xiaomi. Oleh sebab itu agar anda tidak bingung dengan versi MIUI yang anda gunakan pada ponsel Xiaomi, anda harus simak informasi dibawah ini agar anda lebih paham dengan OS yang anda gunakan saat ini.

Penjelasan Developer Version dan Stable Version

Perlu anda ketahui bahwa ROM China dengan ROM Global masih dibagi menjadi dua bagian yaitu versi Developer dan Stable.

Apa Itu Rom Xiaomi, Cara Cek Rom Xiaomi
1. Versi Developer dan Stable sama-sama dibuat oleh MIUI Official sehingga untuk masalah kualitas tidak akan kalah dengan yang namanya versi abal-abal.
2. Untuk masalah update yang namanya versi Stable lebih jarang melakukan update dari pada versi Developer karena versi Stable lebih stabil, sedangkan versi Developer mengalami update 1 kali salam seminggu sehingga bagi anda yang ingin simple anda bisa menggunakan versi Stable. Jika anda menggunakan versi abal-abal kemungkinan besar tidak akan ada update dari ponsel anda.
3. Secara tampilan dari versi Stable dengan versi Developer tidak berbeda jauh. Akan tetpai jika anda menggunakan versi abal-abal kemungkinan besar akan ada aplikasi yang tidak bisa diuninstall karena aplikasi tersebut sengaja ditanamkan sebagai penghasilan dari si pembuatnya.

Cara Cek Rom Xiaomi

Bagi anda yang ingin mengecek ROM Xiaomi anda apakah Global atau Distributor anda bisa lihat ulasannya dibawah ini. Sebelum itu anda harus tahu yang dinamakan dengan Distributor. ROM Distributor adalah ROM palsu yang terdapat pada ponsel anda. Oleh sebab itu pastikan anda menggunakan yang asli untuk menjamin kenyamanan dalam menggunakan ponsel. Untuk cara ceknya seperti berikut.

1. Pertama-tama silahkan anda masuk ke menu Setting > silahkan anda pilih About Device (tentang ponsel / about ponsel).
2. Silahkan anda scroll kebawah pada halaman about device lalu anda cari MIUI Versi, silahkan anda perhatikan nomor versi yang ada pada ponsel Xiaomi anda masing-masing.

Untuk memastikan apakah ROM anda asli atau palsu anda bisa melakuka pengecekan seperti berikut ini.

a. Pada Xiaomi palsu biasanya akan ada 5 number bahkan lebih yang masing-masing angka akan dipisahkan oleh titik, contoh V1.6.0.1.0. Walaupun pada identitas tersebut ada tulisan Global akan tetapi jika angkanya 5 bahkan lebih itu artinya ROM Xiaomi anda palsu.

b. Berbeda dengan yang palsu, yang asli hanya memiliki 4 angka saja, contoh v2.1.2.0. jika seperti itu maka itu artinya ROM anda asli dan jika bahasa yang tertera di ponsel anda hanya bahasa China dan Inggris itu artinya ROM anda adalah ROM China sedangkan jika ada bahasa Indonesia itu artinya anda menggunakan ROM Global.

Baca juga artikel menarik lainnya :

  1. 15 tempat download subtitle indonesia
  2. Cara mudah menghapus memori WhatsApp
  3. Cara memperbaiki instagram error dismiss
  4. Cara mudah menambah RAM di windows 10
  5. Kelebihan dan kekurangan WhatsApp

Itulah cara cek Rom Xiaomi yang bisa anda lakukan pada ponsel anda masing-masing. Jika anda membeli ponsel Xiaomi alangkah baiknya jika anda melakukan pengecekan seperti yang sudah dijelaskan pada artikel ini. oleh sebab itu anda harus hapal betul cara cek Rom Xiaomi pada ponsel jika anda tidak ingin mendapatkan ponsel Xiaomi dengan ROM palsu.

Bukan hanya ketika anda membeli di konter akan tetapi juga ketika anda membeli dari teman ataupun orang lain yang kemungkinan besar ROM yang terdapat pada ponsel Xiaomi tersebut adalah ROM palsu sehingga merugikan anda sebagai pembeli dimana pada ROM abal-abal ada banyak sekali aplikasi yang ditanamkan yang tidak bisa diuninstall dan iklan yang bermunculan pun cukup banyak dan sangat sering sekali. Maka oleh sebab itu jika anda sudah tahu bagaimana caranya untuk mengecek ROM Xiaomi, anda harus terapkan ketika anda membeli ponsel baru khususnya ponsel Xiaomi.

Jika anda ingin aman silahkan membeli ponsel di dealer resmi yang terpercaya seperti dealer khusus Xiaomi yang sudah memiliki nama cukup terkenal dikalangan masyarakat, bukan konter-konter yang kurang meyakinkan. Demikian informasi mengenai apa itu rom xiaomi, dan cara cek rom xiaomi yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat.