9 Fungsi Mouse Yang Harus Anda Ketahui

Fungsi mouse pada komputer untuk memudahkan pekerjaan dalam menggunakan komputer pasti sudah diketahui banyak orang. Meskipun terlihat sepele, namun fungsi mouse pada komputer bukan sekedar menekan tombol kiri dan kanan saja, namun berbagai fungsi khusus juga dapat diaktifkan dengan menekan kombinasi dari kedua tombol tersebut atau melalui bantuan tombol keyboard. Fungsi mouse yang digunakan pada sistem operasi Windows serta beberapa aplikasi lain berikut ini mungkin bukan merupakan hal baru, namun dengan melakukan tips berikut tentunya dapat membuat Anda semakin mahir dalam menggunakan mouse. Untuk itu, simak tipsnya 9 fungsi mouse pada komputer yang perlu anda ketahui

  1. Blok kalimat 

Tips yang paling umum dan sudah banyak yang mengetahuinya yaitu menggunakan bantuan tombol Shift untuk memblok satu kalimat. Caranya, letakkan kursor pada awal karakter kemudian tekan dan tahan tombol Shift. Lalu klik pada akhir kata (karakter terakhir).

  1. Blok kata tertentu dalam suatu kalimat 

fungsi dari mouse

Untuk memblok kata tertentu secara acak pada suatu kalimat, klik karakter pertama dan geser hingga kata terakhir. Setelah itu, tekan dan tahan tombol Ctrl, dan lanjutkan hingga karakter terakhir. Lanjutkan ke kata selanjutnya dengan langkah yang sama.

  1. Blok pada Word 

Tekan Alt, kemudian klik kiri dan blok kata yang diinginkan, kemudian lepas Alt dan lepas klik mouse untuk memblok baris terdepan (secara vertikal) pada Microsoft Word.

  1. Klik pada title bar 

Banyak pengguna yang melakukan klik pada ikon maximixe untuk memaksimal jendela, minimize untuk meminimalkan jendela, atau pun close untuk menutup tampilan jendela. Sebenarnya ada cara yang lebih cepat untuk melakukannya yaitu dengan cara klik ganda title bar untuk memaksimalkan atau meminimalkan tampilan jendela dan klik ganda pada ikon jendela untuk menutupnya.

  1. Zoom In dan Zoom Out 

Zoom In atau Zoom Out sangat berguna saat sedang menjalankan peramban atau aplikasi pembaca gambar (image viewer) seperti Windows Photo Viewer, Paint, atau ACDSee. Tekan tombol Ctrl sambil menggerakkan tombol scroll mouse untuk melakukan zoom in atau zoom out dengan lebih cepat.

  1. Buka link dengan bantuan Ctrl 

Anda biasanya melakukan klik kanan dan memilih Open Link in New Tab saat mendapati sebuah link untuk menampilkannya pada halaman baru. Untuk langsung membukanya pada tab baru, ada cara yang lebih praktis yaitu dengan menekan tombol Ctrl dan langsung klik kiri pada link tersebut.

  1. Menutup tab pada peramban 

Fungsi mouse pada komputer yang jarang digunakan ialah menutup tab pada peramban. Caranya, Arahkan kursor ke tab yang dituju menggunakan mouse, kemudian klik tombol tengah (scroll) untuk menutup tab pada peramban dengan cepat.

  1. Fungsi tambahan klik kanan+Shift 

delapan2

Sebenanya masih ada fungsi mouse pada komputer yang tersembunyi saat melakukan klik kanan pada nama file atau folder. Sebagai bahan perbandingan, lakukan klik kanan pada file atau folder dengan atau tanpa menekan tombol Shift. Beberapa fungsi tambahan kemudian akan muncul ketika klik kanan disertai menekan tombol Shift.

  1. Klik saat drag and drop 

fungsi utama mouse

Gunakan klik kiri atau kanan untuk memindahkan folder atau file menggunakan metode drag and drop. Fungsi keduanya adalah sama, namun pilihan akan Anda dapati terlebih dahulu sebelum file/folder tersebut dipindahkan saat melakukannya dengan cara klik kanan.

Kotak Komentar