7 Tips Memilih Laptop Untuk Kuliah yang Tepat

Setelah lulus dari bangku SMA, ada 2 pilihan yang bisa Anda pilih, pilihan pertama mendaftarkan diri ke PT (Perguruan Tingg) baik PT negeri atau swasta dan pilihan kedua, bekerja berdasarkan ketrampilan dan kemampuan. Jika pilihan Anda adalah kuliah maka sebagaiĀ  calon anak kuliahan Anda membutuhkan banyak persiapan, termasuk laptop baru. Saat SMA mungkin Anda hanya membutuhkan laptop sesekali saja ketika guru memberikan tugas kelompok atau mandiri untuk membuat makalah atau tugas lainnya dengan menggunakan laptop, berbeda bila sudah masuk kuliah, penggunaan laptop tidak terhitung, karena setiap hari Anda membutuhkannya untuk mengerjakan tugas bahkan mencatat pelajaran. Sebelum beli laptop barunya, baca dahulu tips memilih laptop untuk kuliah ini yang pastinya bisa membantu Anda mendapatkan tipe laptop murah yang Anda butuhkan.

Baca juga : Cara memilih kamera DSLR untuk pemula

7 Tips Memilih Laptop Untuk Kuliah yang Tepat

Lihat Desainnya

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, bila Anda menyadari dengan sangat baik bila selera belanja Anda sangat tinggi, maka jangan sekali-kali meminta orang lain untuk membelikan Anda laptop untuk kuliah, termasuk orang tua Anda, karena belum tentu mereka mengetahui bagaimana desain yang Anda inginkan. Tiap merk laptop menyediakan laptop untuk anak kuliahan dengan desain yang sangat berbeda, namun secara keseluruhan laptop kuliahan memiliki desain yang minimalis, simpel namun tetap stylish menggambarkan citra anak kuliahan yang suka barang simpel, berkualitas namun tetap modern jadi tidak malu-maluin ketika dibawa kemana mana.

Tips Memilih Laptop Untuk Kuliah yang Tepat

Processor

Ketika Anda sudah menyukai laptop dengan desain tertentu, jangan langsung menjatuhkan pilihan di laptop tersebut, pastikan lebih dahulu jika processor dari laptop tersebut yang cukup baik, jadi tidak akan mudah error saat Anda gunakan untuk belajar, membuat tugas dan pekerjaan kampus lainnya. Kalau bisa pilih laptop kuliahan yang processor-nya paling baik, meskipun harganya cukup mahal.

Spesifikasi Laptop Disesuaikan Dengan Kebutuhan Kuliah

Saat membeli suatu barang secara online patokan yang Anda lakukan untuk membeli barang hanya berdasarkan pada spesifikasi visualnya saja yang Anda baca melalui internet, namun untuk belanja offline, Anda masih bisa menanyakan seputar spesifikasi laptop pada penjual laptopnya, atau cukup baca dari buku panduan atau label laptop dari situ Anda bisa tahu spesifikasi lengkap dari laptop yang akan Anda beli, bila Anda merasa cocok dengan spesifikasinya, maka Anda bisa memutuskan untuk beli atau tidak pada akhirnya.

Sistem Operasi Pre-installed

Supaya tidak asal beli, ketika Anda ingin pergi ke toko elektronik dan gadget untuk membeli laptop baru khusus untuk kuliah, pastikan sudah memahami semua tips memilih laptop untuk kuliah. Daripada mengkhawatirkan desain laptopnya, sangat bijaksana jika Anda ikut memerhatikan pula bagaimana cara kerja sistem operasi dari laptop tersebut, akan lebih mudah bila Anda membeli sebuah laptop berkualitas baik yang telah pre-installed dilengkapi pula oleh OS Windows atau lainnya jadi Anda bisa langsung membawa laptop tersebut dan menggunakannya tanpa perlu melakukan instalasi di toko laptop tempat Anda membeli laptop.

Sistem Operasi Asli dan Ada Garansi Asli

Ketika memilih laptop untuk pemakaian di kampus, Anda wajib memastikan jika sistem operasi pada laptop tersebut asli dan ada garansi resmi yang menyertai bukti pembelian, jadi ketika ada kerusakan teknis setelah pemakaian beberapa hari atau beberapa minggu, Anda bisa klaim garansinya sehingga tidak perlu melakukan service dengan biaya yang tinggi. Sistem operasi asli akan membantu menjaga laptop baru Anda dari serangan malware, virus yang diberikan oleh hacker.

Dukungan Dari Aplikasi

Jika Anda punya banyak waktu sebelum membeli laptop baru, akan lebih memuaskan jika Anda membaca tips memilih laptop untuk kuliah sehingga tidak ada kekesalan atau rasa menyesal saat sudah membeli laptop tersebut. Beli laptop yang bisa mendukung banyak aplikasi populer terutama aplikasi office 365 yang akan memudahkan Anda saat ingin mengerjakan tugas kampus, selain aplikasi office, jangan lupa pula untuk mengunduh aplikasi kamus, notes, dan aplikasi pendukung proses pembelajaran yang lainnya.

Budget

Semua spesifikasi yang Anda berikan pada laptop kuliah idaman sah-sah saja, jika Anda ingin yang desainnya lucu pun boleh saja, namun pastikan jika budget yang Anda miliki itu sesuai, jangan membeli laptop mahal bila budget Anda tidak mencukupi karena yang ada Anda hanya bisa gigit jari, tidak bisa membelinya, akan lebih baik bila Anda membeli laptop merk sama dengan spesifikasi sedikit di bawah laptop impian bila Anda harus membeli laptop sekarang juga, namun bila kebutuhan laptop belum mendesak, maka kumpulkan tiap rupiah untuk membeli laptop idaman Anda.

Semua tips memilih laptop untuk kuliah yang disebutkan di atas secara objektif akan membantu Anda memilih laptop sebelum pergi ke toko laptop untuk beli laptopnya.

Kotak Komentar