5 Tips Memulihkan Kecepatan Smartphone Android

Semakin lama smartphone Anda tentunya akan semakin lambat pula kinerjanya. Kinerja smartphone yang kian melambat terkadang membuat Anda jadi kesal bahkan frustasi. Hal tersebut memang wajar, namun Anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan beberapa tips berikut yang bisa membantu mengembalikan kinerja smartphone Android Anda ke modus speed.

5 Tips Memulihkan Kecepatan Smartphone Android

  1. Hapus Semua Aplikasi yang Tidak Digunakan 

Meskipun terdengar sepele namun cara ini cukup efektif untuk memulihkan kecepatan android anda, dengan mendownload aplikasi tapi tak pernah Anda gunakan hanya akan memperlambat kinerja smartphone Anda. Sebaiknya hapus saja semua aplikasi yang sudah Anda download dan tidak digunakan tersebut. Caranya, masuk ke Settings – General – Application Manager – Download. Lakukan uninstall di setiap aplikasi satu demi satu.

memulihkan kecepatan android

  1. Bersihkan Media Penyimpanan Internal 

Membersihkan media penyimpanan internal bisa mengembalikan kecepatan smartphone Anda. Hapus data-data yang tersimpan dalam menu Gallery seperti gambar, foto, ataupun video. Singkirkan pula file zip, rekaman suara, gambar, dan data lainnya yang ada di menu Download yang sudah tidak Anda butuhkan lagi. Namun, jika Anda tak ingin menghapusnya, Anda bisa mem-backup data-data tersebut ke perangkat lainnya seperti laptop dan PC. Dengan begitu, akan menyisakan ruang agar RAM serta memori internal jadi bisa ‘bernafas’. Anda bisa mengisi memori kembali dengan data yang lebih berguna.

  1. Hapus Cache Data

Cache memungkinkan Anda untuk melihat kembali halaman website yang pernah Anda kunjungi sebelumnya dengan lebih cepat. Namun, data-data cache tersebut akan disimpan ke dalam smartphone dan hal ini menyebabkan RAM terbebani sehingga membuat performa smartphone menurun dan lelet. Untuk itu, sebaiknya Anda menghapus semua data-data cache tersebut jika sudah tak lagi dibutuhkan browser smartphone Anda. Caranya, masuk ke Settings – General – Storage – Cached Data. Maka Anda akan mendapati notifikasi untuk membersihkan semua data cache tersebut lalu pilih saja OK.

  1. Cek Micro-SD

Cek micro-SD sesering mungkin dan jangan biarkan terisi penuh karena akan membuat performa smartphone Anda menjadi lambat. Jika memang micro-SD terisi penuh, ada baiknya jika Anda memindahkannya ke PC. Hubungkan smartphone Anda ke PC menggunakan USB port maka pada PC Anda bisa melihat memori eksternal berserta internal storage. Pada micro-SD Anda akan melihat seluruh file yang tersimpan di dalamnya dan Anda bisa mulai untuk menghapus ataupun mem-backup file tersebut ke perangkat lainnya.

  1. Reset Ponsel

Cara yang kelima untuk memulihkan kecepatan android kamu ialah dengan mereset smartphone android hal ini bisa kamu lakukan jika performa smartphone android kamu belum juga membaik,  caranya yaitu dengan mereset semua data yang ada di smartphone. Masuk ke Settings – General – Backup and Reset – Factory Reset.

Factory Reset ini berfungsi untuk mengembalikan smartphone ke kondisi awal seperti saat Anda membelinya. Meskipun update firmware tetap berjalan di smartphone Anda, tapi pesan teks serta data lainnya yang ada di cloud akan hilang secara permanen.