5 Pertimbangan dalam Memilih Hosting Indonesia

Hosting merupakan salah satu bentuk jasa yang memberikan layanan penyewaan tempat di internet. Dengan menyewa tempat tersebut memungkinkan individu atau instansi memajang produk atau jasa pada laman website. Tempat yang dimaksud bisa pula diartikan sebagai suatu media penyimpanan data dalam ukuran megabytes sampai terabytes yang mempunyai koneksi internet agar data bisa diakses oleh pengguna dari segala penjuru. Pada intinya hal inilah yang memungkinkan sebuah website bisa diakses dalam waktu bersamaan oleh banyak pengguna internet atau sering disebut multi user.

 

Mengapa membutuhkan hosting? Dalam bisnis online kecepatan dalam penyebaran informasi kepada publik menjadi satu patokan kesuksesan bisnis yang dijalankan. Singatnya bila Anda sudah membuat rancangan prototipe yang bisa dibaca internet browser misalnya html, maka waktu yang tepat bagi Anda untuk meletakkan rancangan tersebut di internet dengan cara mengunggah rancangan ke perusahaan yang secara khusus memang memberi layanan jasa penjualan hosting.

memilih hosting indonesia

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan jasa hosting, maka makin marak pula pihak-pihak yang menawarkan jasa penjualan hosting. Agar tidak salah pilih tentunya ada beberapa hal yang mesti menjadi perhatian. Apalagi bila kali ini baru menjadi kali pertama Anda akan menggunakan jasa hosting. Untuk itu, berikut ini diberikan beberapa hal yang mesti diperhatikan saat akan memilih hosting Indonesia:

  • Pertimbangan pertama yaitu identitas perusahaan jelas. Misalnya lokasi perusahaan hosting. Hal ini jelas penting. Pasalnya rata-rata hosting Indonesia tidak memiliki badan usaha atau memiliki lokasi fisik jelas. Tidak sedikit pula yang hanya berjalan beberapa bulan saja. Bila Anda ingin mendapat jaminan tentu lebih baik memilih perusahaan dengan lokasi jelas dan memiliki banyak pengalaman.
  • Pertimbangan selanjutnya terkait kesesuaian harga yang ditawarkan dengan kapasitas. Jangan mudah tertarik dengan jasa hosting yang memberi penawaran lebih dengan kisaran harga kurang masuk akal. Misalnya bandwith dan unlimited space. Biasanya tawaran berlebih tersebut hanya ditujukan untuk overselling saja. Bila memang memberi harga hosting murah pastikan seimbang dengan kapasitasnya.
  • Layanan kepada konsumen menjadi kunci penting dalam hosting Indonesia. Untuk layanan prima pertimbangkan jasa hosting yang memberikan dukungan teknis 24 jam non stop dan live support chat. Hal ini supaya saat Anda dapat menghubungi sewaktu-waktu bila memang ada masalah terkait hosting yang perlu segera diselesaikan.
  • Sebelum deal membeli, pertimbangkan pula terkait kualitas server dan dukungan akses. Pastinya setiap konsumen tidak ingin web yang dikelola bermasalah bukan. Karena adanya masalah seperi down, email yang lambat, dan lainnya dapat mengganggu kinerja web Anda.

Demikian beberapa hal yang wajib diperhatikan sebelum Anda memutuskan membeli hosting. Dengan bersikap teliti sebelum membeli diharapkan Anda bisa panen banyak untung dari hosting murah yang dibeli.

Leave a Reply