5 Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri Yang Perlu Anda Tahu

Masalah yang terjadi pada komputer memang akan sangat mengganggu dan merugikan apalagi jika masalah tersebut ialah komputer yang sering mati sendiri, apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ? Banyak orang yang kehilangan file dan bahkan tidak bisa melanjutkan hasil tugas yang telah diusahakan karena terjadi kerusakan komputer secara tiba-tiba. Bisa dibayangkan ketika seseorang sedang mengerjakan tugas dan tiba-tiba komputer mati sedangkan tugas tersebut belum tersimpan. Masalah seperti ini bisa saja terjadi pada komputer anda. Jika anda mengalami masalah seperti ini maka perlu untuk mengetahui apa penyebab komputer sering mati sendiri. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda akan semakin mudah untuk mencari tahu solusi tepat untuk mengatasinya.

Ada banyak penyebab yang perlu untuk diketahui. Jika anda mengetahui penyebabnya maka anda akan semakin mudah untuk mengatasi hingga keakarnya. Jika ternyata penyebab yang ditemukan hanyalah hal sederhana, tentu anda tidak perlu membawanya ke tukang service karena dapat mengatasinya sendiri. Namun jika ternyata penyebabnya rumit untuk diselesaikan sendiri, anda harus tetap membawanya kepada yang lebih ahli agar masalah dapat diselesaikan dengan baik. Banyak kasus kerusakan yang ada pada komputer dan gejalanya adalah sering mati sendiri. Setelah mengetahui penyebabnya, paling tidak anda bisa belajar mengatasinya dan juga dapat berjaga-jaga agar nantinya tidak terjadi masalah yang sama.

5 Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri

  1. Kerusakan pada hardware dan software

Masalah komputer sering mati sendiri memang sangat menyebalkan. Ada beberapa penyebab yang sering terjadi. Penyebab yang pertama adalah biasanya dikarenakan adanya masalah pada hardware dan software. Jika kerusakan disebabkan oleh masalah ini maka anda tentunya harus menemukan solusi yang tepat. Penyebab komputer sering mati sendiri yang berikut ini hanya bisa diatasi dengan mematikan komputer kemudian anda nyalakan lagi. Pada nyala pertama anda bisa menekan tombol esc atau f2 atau bisa juga menekan tombol del. Dengan begitu anda akan masuk ke bios. Jika setelah 5 menit anda melihat komputer mengalami restart maka ini menandakan jika kerusakan terjadi pada hardware. Namun jika masuk ke windows normal saat restart maka itu berarti kerusakan ada pada software.

Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri

  1. Fatal error

Masalah yang juga bisa menjadi penyebab dari komputer sering mati sendiri adalah adanya fatal eror. Jika tiba-tiba layar berubah menjadi biru maka ini bisa menandakan jika komputer mengalami fatal error. Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perbaikan sistem atau bisa juga dengan melakukan penginstalan ulang. Jika anda tidak melakukan cara tersebut maka kerusakan tidak akan dapat diselesaikan.

  1. Lonjakan listrik

Listrik yang tidak stabil bisa menjadi salah satu penyebab dari komputer yang tiba-tiba mati. Jika lonjakan listrik terjadi biasanya komputer tidak dapat menerimanya sehingga akan mengalami gejala masalah seperti tiba-tiba mati. cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan stavolt yang akan membantu anda untuk mengatasi masalah tersebut atau anda juga bisa menggunakan UPS komputer.

  1. Kabel hardisk yang tidak dalam kondisi stabil

Masalah komputer yang sering mati bisa disebabkan oleh keadaan kabel hardisk yang tidak stabil atau tidak dalam posisi yang semestinya. Anda perlu untuk melihat dan mencoba untuk memastikan apakah kondisi tersebut memang terjadi pada komputer anda, jika kabel tidak dalam posisi yang benar nantinya akan menyebabkan loading program menjadi lama dan bahkan komputer bisa mati. Hal ini dikarenakan ketika komputer booting os maka akan ada batas maksimal loading. Jika loading melebihkan batas maksimal, tentu mau tidak mau komputer akan mengalami masalah seperti tiba-tiba mati atau restart sendiri.

  1. Procesor yang terlalu panas

Procesor adalah hal yang sangat penting pada komputer bahkan dikatakan sebagai otak dari komputer. Jika procesor mengalami masalah maka komputer juga akan mengalami masalah. Komputer bisa saja tiba tiba mati karena procesor mengalami peningkatan suhu akibat penggunaan yang terlalu keras. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengistirahatkan komputer, mengurangi pengoperasian program secara bersamaan, dan juga menjaga suhu procesor agar tetap dingin.

Mengetahui penyebab komputer sering mati sendiri memang sangat penting. Banyak orang yang tidak terlalu memperdulikan informasi seperti ini padahal akan sangat bermanfaat apabila tiba-tiba komputer mengalami masalah sering mati sendiri. Jika komputer memang sering mati sendiri, anda harus segera mencari cara bagaimana agar file anda tetap aman di dalam komputer. Ketika mengerjakan tugas, anda harus segera menyimpannya karena jika masalah ini terjadi, file yang telah dikerjakan dengan susah payah bisa hilang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

One Response

  1. Keysa 22/07/2018 Reply

Leave a Reply