5 Penyebab Komputer Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya

Masyarakat modern seperti sekarang ini sudah sangat sulit untuk dipisahkan dengan yang namanya teknologi. Dengan adanya teknologi yang semakin modern, ada banyak pekerjaan yang dapat dilakukan dengan lebih mudah. Salah satu bukti dari perkembangan teknologi masa kini adalah penggunaan komputer yang semakin menjamur. Banyak dari pengguna komputer adalah siswa, mahasiswa, pekerja, bahkan hingga mereka yang hanya senang menggunakannya sebagai sebuah alat untuk berkomunikasi atau mendapatkan hiburan. Fungsi dari komputer yang sangat banyak membuat masyarakat modern semakin terikat dengan barang satu ini. Jika komputer mengalami masalah seperti tiba-tiba restart sendiri tentunya akan sangat mengganggu dan bahkan sangat merugikan. Anda yang mengalami masalah seperti ini perlu untuk segera mengetahui penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasinya.

Kerusakan yang terjadi pada komputer bisa disebabkan oleh banyak hal. Bagi para pengguna komputer mengetahui cara untuk mengatasi masalah seperti ini akan sangat bermanfaat. Biasanya bagi yang belum mengetahuinya akan langsung membawanya ke tukang service padahal jika anda bisa melakukan sendiri tentunya akan sangat menarik. Sebenarnya tidak semua masalah yang terjadi pada komputer harus dibawa ke tukang service karena banyak masalah yang bisa ditangani sendiri oleh penggunanya. Jika anda mengetahui penyebab komputer mengalami restart sendiri dan cara mengatasinya maka akan sangat mudah untuk anda mengendalikan masalah yang ada.

5 Penyebab Komputer Restart Sendiri Dan Cara Mengatasinya

  1. Prosesor yang terlalu panas

Prosesor yang sudah terlalu panas biasanya akan menyebabkan komputer menjadi restart sendiri untuk mendinginkan kembali. Prosesor adalah otak dari komputer, jika terlalu dipaksa terlalu keras maka nantinya akan error dan mengalami masalah seperti ini. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengecek temperatur procesor. Jika perlu anda bisa menggunakan fan procesor sehingga membantu untuk mencegah hal seperti ini terjadi. Cara mengatasi masalah seperti ini juga bisa dilakukan dengan memeriksa apakah ada tumpukan debu di procesor anda. Jika pendingin procesor terdapat banyak debu sebaiknya anda segera bersihkan. Debu yang menumpuk akan membuat sirculasi menjadi tidak lancar sehingga cepat panas. Dan masih banyak lagi cara lainnya.

penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasinya

  1. Power supply yang mengalami penurunan daya

Penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasinya yang selanjutnya memang sangat perlu diperhatikan. Komputer bisa mengalami masalah seperti restart sendiri karena terjadinya penurunan power supply. Jika anda ingin mengatasi hal ini maka caranya adalah dengan memakai listrik sebesar 500 watt sebagai cara untuk menghindari adanya masalah disebabkan penurunan power supply.

  1. Kerusakan pada vga

Penyebab komputer restart sendiri selanjutnya adalah adanya masalah atau kerusakan pada vga. Anda perlu untuk memerikan komponen satu ini jika komputer anda mengalami masalah restart sendiri. Jika anda lihat ada kotoran yang mengganggu pergerakan kipas pada vga card maka anda perlu untuk membersihkannya agar dapat berfungsi dengan normal kembali.

  1. Kerusakan pada hardhisk

Penyebab komputer restart sendiri dan cara untuk mengatasinya yang berikut ini juga sangat menarik. Kerusakan pada harddisk bisa menjadi salah satu penyebab masalah. Cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan pengecekan dan kemudian anda harus melakukan defragmen di harddisk komputer anda.

  1. Kerusakan pada RAM

Ram yang rusak tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja dari komputer anda. Anda bisa melihat dan memastikan apakah penyebab dari komputer mengalami restart sendiri adalah dikarenakan adanya kerusakan pada ram. Kerusakan pada ram biasanya akan menyebabkan komputer tidak dapat membaca data yang ada di komputer sehingga tiba-tiba komputer mengalami restart sendiri. Ram yang rusak juga dapat menyebabkan program tidak dapat dijalankan secara normal. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengganti ram yang rusak dengan yang baru.

Penyebab komputer restart sendiri dan cara mengatasinya yang telah disebutkan diatas memang sebaiknya anda ketahui. Ada beberapa penyebab yang memang jika anda lakukan penanganan sendiri sangat sulit dilakukan namun ada juga yang mudah untuk diselesaikan. Kiranya masalah komputer sering restart sendiri ini bisa diselesaikan tanpa harus membawanya ke tukang service maka anda bisa mencoba untuk mengatasinya sendiri. Namun jika ternyata setelah anda mencoba melakukan perbaikan namun ternyata tidak memberikan hasil yang sesuai dengan harapan, anda harus meminta bantuan kepada orang yang lebih profesional.

Leave a Reply