5 Cara Mengatasi Google Playstore yang Error

5 Cara Mengatasi Google Playstore yang Error ~ Google Play Store merupakan aplikasi yang harus ada pada perangkat berbasis Android. Sebab, dari aplikasi inilah kita bisa menginstall aplikasi-aplikasi lain yang kita butuhkan di perangkat Android kita.  Namun, apabila aplikasi Google Play bermasalah, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi crash atau error pada Google Playstore tersebut disini penulis akan memberikan 5 cara mengatasi google playstore yang error. Salah satu caranya adalah dengan melakukan factory reset untuk memulihkan sistem Android dan mengembalikannya ke kondisi semula, namun hal tersebut dirasa kurang praktis dan merepotkan. Sebelum melakukan factory reset, ada beberapa cara yang lebih baik Anda coba untuk mengatasi Google Play Store yang bermasalah.

5 Cara Mengatasi Google Playstore yang Error

Berikut ini ulasan yang lebih praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi google palystore yang error :

  1. Hapus cache dan data

tips cara mengatasi masalah playstore

Membersihkan cache dan data dapat mengatasi permasalahan error pada Google Play Store. Data yang sudah tidak dibutuhkan lagi dapat Anda bersihkan melalui Settings >> Apps, lalu geser ke bagian All dan cari Google Play Store, kemudian tekan pada pilihan Clear cache serta Clear data.

  1. Uninstall update Play Store

Update Google Play Store terkadang juga dapat menjadi sumber masalah di Google Play Store. Untuk mengembalikannya ke kondisi awal, Anda dapat menghapus aplikasi Google Play tersebut, dengan dengan cara mengikuti langkah pertama dan tekan pilihan Uninstall updates.

  1. Google Play Services dan Framework

cara mengatasi masalah playstore yang error

Anda harus mengosongkan data cache dari Google Play Service, jika masalah Google Play belum teratasi melalui Settings >> Apps >> All >> Google Play Service kemudian pilih Clear data. Lakukanlah  juga hal tersebut pada Google Service Framework dengan membersihkan data melalui Clear data.

  1. Aktifkan Download Manager

Google Play Store yang bermasalah dapat juga disebabkan layanan Download Manager bawaan Android tidak aktif. Untuk mengaktifkannya, masuklah ke Settings >> Apps >> All >> Download Manager kemudian aktifkan kembali. Jika tombol tidak bisa diaktifkan, ini artinya Download Manager sudah dalam kondisi aktif.

Baca juga; Cara Mengamankan Data Android

  1. Hapus dan pasang lagi akun Google

mengatasi masalah playstore

Hapus dan pasang kembali akun Google dengan masuk ke Settings è Accounts, kemudian tekan Google. Tekan kembali akun Google Anda. Selanjutnya tekan tombol fisik Menu di Android pada pilihan Sync, lalu pilih Remove account. Tekan kembali untuk konfirmasi penghapusan. Reboot smartphone dan pasang kembali akun Google dengan cara Settings >> Account >> Add Account >> Google.

Dengan ke-5 cara mengatasi google playstore yang error tersebut, biasanya masalah sudah bisa teratasi. Gimana cukup simple bukan? daripada cara mengatasi aplikasi Google Playstore yang error dengan melakukan factory reset. Selamat mencoba!

Leave a Reply