5 Cara Membuat Slime Tanpa Lem

5 cara membuat slime tanpa lem sendiri dengan mudah, slime yang merupakan alat permainan kekinian itu bisa dibuat dengan bahan-bahan slime yang berbeda sehingga menghasilkan slime dengan kepekatan yang beragam. Jika biasanya slime berbahan dasar lem, ternyata kamu bisa lho membuat slime tanpa lem. Penasaran seperti apa? Inilah beberapa panduan cara membuat slime tanpa lem yang perlu kamu coba dirumah :

Cara Membuat Slime Tanpa Lem Menggunakan Tepung Maizena

Tepung maizena atau yang juga dikenal dengan tepung jagung memiliki tekstur lengket apabila dicampur air karena itulah kamu bisa menggunakan tepung maizena sebagai pengganti lem. Menggunakan tepung maizena untuk slime sudah populer dikalangan pecinta slime dari seluruh dunia. Caranya, siapkan bahan-bahan ini dulu ya: 175 mL tepung maizena, 475 mL minyak sayur, dan pewarna makanan secukupnya. Kemudian, mulai pembuatan dengan mengaduk semua bahan pada baskom. Setelah tercampur rata langkah terakhir masukkan slime ke dalam lemari es selama sehari. Tara, slime sudah siap untuk dimainkan. Agar slime awet dan tetap kenyal jangan lupa untuk menyimpan slime pada wadah tertutup dan taruh di lemari es kembali sehabis bermain.

Cara Membuat Slime Menggunakan Tepung Kanji

Tepung kanji yang berasal dari singkong ini juga dapat digunakan untuk membuat slime yang bertekstur kenyal tanpa lem. Kamu bisa nih menerapkan cara sederhana pembuatan slime ini. Siapkan 2 gelas tepung kanji, 150 gr minyak goreng, 400 mL air 3 sdm pewarna makanan. Tahap pembuatannya seperti berikut ini:

  1. Masukkan 2 gelas tepung kanji ke dalam baskom, lalu beri air sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tak menggumpal
  2. Setelah tercampur rata, masukkan minyak goreng , lalu pewarna makanan, dan aduk kembali sampai rata
  3. Masukkan adonan pada plastik, lalu ikat kuat dan biarkan beberapa saat
  4. Slime telah jadi dan siap dimainkan.

Cara Membuat Slime Tanpa Lem dengan Bedak Bayi

Untuk membuat slime dengan wangi yang khas sekaligus tanpa lem, coba deh gunakan bedak bayi. Siapkan bahan-bahan berupa: 1 botol bedak bayi, 2 sdm baby oil, 1 gelas air, dan pewarna makanan secukupnya. Kemudian ikuti langkah-langkah ini untuk membuatnya:

  1. Masukkan 1 botol bedak bayi ke dalam baskom, aduk memutar sembari tambahkan air sedikit demi sedikit
  2. Jangan berhenti mengaduk dan mulai tambahkan baby oil pada adonan
  3. Setelah tercampur rata, kemudian tutup slime atau ganti tempat slime dan tempatkan pada wadah yang memiliki tutup rapat
  4. Diamkan selama 1 jam agar slime dapat lebih kenyal dan kental
  5. Yea, slime siap dimainkan.

5 Cara Membuat Slime Tanpa Lem

Cara Membuat Slime Tanpa Lem dengan Susu Cair

Bagi para ibu yang punya balita aktif yang senang bermain slime, namun khawatir bila anak menelan mainannya, karena diusia segitu belum bisa membedakan yang mana makanan dan bukan. Kalau begitu, buat slime yang aman untuk si kecil yuk bunda. Yupz, slime dapat dibuat dengan bahan makanan sehingga aman termakan oleh anak tanpa sepengetahuan kita. Catat bahan-bahannya ya:

  • Satu kotak susu cair ( susu kental manis juga bisa digunakan setelah diberi air)
  • 1¼ tepung maizena
  • ½ sdm vanila bubuk
  • Pewarna makanan.

Adapun langkah-langkah membuatnya seperti berikut ini:

  1. Siapkan panci dan masukkan 1 kotak susu cair, panaskan dengan api kecil
  2. Setelah susu agak hangat, masukkan vanila bubuk, aduk rata
  3. Masukkan tepung maizena sedikit demi sedikit sambil diaduk
  4. Setelah adonan tercampur rata dan mengental, tunggu sampai mendidih, lalu matikan api
  5. Ketika adonan telah dingin, terakhir tambahkan pewarna makanan, aduk rata. Tutup adonan beberapa saat
  6. Slime yang aman telah siap dimainkan.

Cara Membuat Slime Tanpa Lem dengan Detergent dan Sabun

Cara membuat slime tanpa lem berikutnya adalah dengan menggunakan detergent dan sabun cuci piring. Cara ini lebih sering digunakan karena praktis, tinggal ambil bahannya yang sudah tersedia di rumah. Ambil dulu ya bahan-bahannya, antara lain: 6 sdm sabun cuci piring merek mama lemon ata sun light, 1 detergent bubuk, 3 sdm tepung terigu, pewarna makanan, dan air secukupnya. Untuk membuatnya, yuk ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masukkan tepung terigu, detergent, dan sabun cuci piring pada sebuah baskom, kemudian tambahkan satu gelas air secara perlahan sembari diaduk. Kira-kira sendiri ya apakah adonan slime kekurangan air atau justru kekurangan tepuk dengan melihat atau pun menyentuh teksturnya
  2. Ketika adonan telah pas kekentalannya, tuangkan pewarna. Aduk rata
  3. Langkah terahir, tempatkan adonan pada wadah tertutup dan masukkan di freezer lemari es selama 15 menit
  4. Slime telah siap dimainkan.

Demikianlah 5 cara membuat slime tanpa lem yang mudah untuk dipraktikkan sendiri di rumah. Bagaimana, ingin mencobanya? Semoga berhasil ya.

Kotak Komentar