4 Tips Bijak Gunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Fasilitas cicilan tanpa kartu kredit seperti yang ditawarkan Kredivo memang sangat menggoda bagi banyak orang, terutama yang menggemari belanja online. Selain itu cicilan tanpa kartu kredit juga biasanya tidak membebankan dp atau uang muka dan suku bunganya terbilang rendah. Misalnya Kredivo yang memiliki suku bunga 2,95% untuk cicilan tenor 3, 6, dan 12 bulan, tanpa dp, biaya admin, dan biaya tahunan.

Beli barang apa saja di merchant online tentu jadi lebih praktis dan mudah. Mulai dari  gadget, perabot rumah tangga, produk fashion dan lainnya, sebagian besar bisa dibeli di merchant online dengan cara cicilan. Tidak jarang kadang kita menjadi kalap dalam berbelanja karena kemudahan tersebut. Belum lagi jika ada diskon dengan angka lumayan dari merchant. Tanpa sadar, utang cicilan yang harus dibayar per bulan sudah menumpuk.

Tips Bijak Gunakan Cicilan Tanpa Kartu Kredit

Nah, untuk menghindari kondisi tersebut, kamu sebaiknya bijak dalam menggunakan fasilitas cicilan tanpa kartu kredit saat berbelanja online. Caranya adalah dengan memastikan hal-hal berikut sebelum membeli barang. 

  • Pastikan barang yang ingin dibeli adalah prioritas dan dibutuhkan

Saat sedang asik berselancar di merchant online dan melihat-lihat barang, sebagian orang biasanya mudah tergiur untuk membeli barang yang dirasa bagus, namun sebenarnya kurang dibutuhkan. Meski jumlah nominalnya kecil, kalau dilakukan terlalu sering tentu bisa menumpuk dan menjadi kebiasaan.

Maka, sebelum menggunakan fasilitas atau aplikasi cicilan tanpa kartu kredit, pastikan bahwa barang yang ingin kamu beli merupakan barang prioritas. Selain itu, pastikan kebutuhan akan barang tersebut dalam kehidupan sehari-hari juga tinggi. Misalnya, smartphone yang kamu punya sekarang rusak sehingga pekerjaan sehari-hari terganggu, maka kamu sangat butuh smartphone baru.

Meski ada tabungan, mungkin kamu merasa sayang kalau beli tunai. Apalagi jika nantinya ada kebutuhan mendesak yang butuh uang tunai. Nah, di sini kamu bisa memanfaatkan cicilan hp tanpa kartu kredit yang tersedia di merchant online. Merchant online biasanya bermitra dengan pihak ketiga atau perusahaan multifinansial dalam menyediakan layanan cicilan sebagai metode pembayaran. Pilihlah yang bunganya paling rendah dengan proses pendaftaran yang mudah dan simpel, seperti Kredivo yang memiliki bunga hanya 2,95% tanpa dp dan  biaya tambahan apa pun.

Persyaratan untuk daftar akun Kredivo juga mudah dan simpel. Kamu wajib berusia minimum 18 tahun, berpenghasilan minimum Rp 3 juta per bulan, serta berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Palembang, atau Medan. Kemudian, download aplikasi Kredivo, lalu klik “Apply for Kredivo” dan ikuti langkah-langkah pendaftarannya.

  • Pastikan kondisi keuangan stabil dengan rasio utang tidak lebih dari 30%

Selain memiliki penghasilan yang tetap per bulan, kamu juga harus memastikan bahwa kondisi finansialmu sedang dalam keadaan stabil. Menurut beberapa pakar, salah satu tanda dari kondisi keuangan yang sehat adalah utang yang kamu punya tidak lebih dari 30% total penghasilan. Artinya, jika penghasilanmu Rp 5 juta, maka utang yang harus kamu bayar atau cicil per bulan tidak boleh lebih dari Rp1,5 juta. Sebab, jika lebih dari itu, kebutuhan hidupmu yang lain bisa jadi terhambat.

Selain itu, rasio utang yang sudah atau bahkan melebihi 30% akan membuat pengajuan cicilan tanpa kartu kreditmu berpotensi besar untuk ditolak. Jika disetujui pun, pihak penyelenggara kredit tidak bisa membeli plafon kredit yang besar. Maka, sebelum daftar cicilan, coba cek dan hitung lagi jumlah utang yang kamu punya.

Kamu juga bisa menerapkan formula bujet 50-30-20 ke dalam rencana keuangan kamu per bulannya. 50% untuk kebutuhan wajib, 30% untuk kebutuhan pribadi termasuk cicilan dan utang, dan 20% untuk investasi dan tabungan.  Dengan begitu, kondisi keuangan akan lebih stabil dan tak perlu gelisah saat tanggal tua dan waktu gajian masih lama.

  • Pastikan simulasi cicilan transparan dan ada benefit

Layaknya kartu kredit yang memberikan banyak benefit mulai dari diskon khusus hingga poin rewards, ada beberapa perusahaan penyedia cicilan tanpa kartu kredit yang memberikan beragam keuntungan yang tak kalah menariknya.

Kredivo adalah salah satunya. Salah satu keuntungan menggunakan Kredivo sebagai metode pembayaran cicilan antara lain adalah banyaknya merchant online yang sudah bermitra, yaitu lebih dari 150, sehingga cicilan tanpa kartu kredit tidak lagi terbatas pada barang saja. Kamu juga bisa beli pulsa, token listrik, bayar tagihan PDAM, beli makanan, beli tiket pesawat dan hotel, hingga beli tiket konser!

Keuntungan lainnya, Kredivo juga punya opsi kredit “Bayar dalam 30 hari” dengan bunga 0%. Opsi ini bisa jadi sangat membantu untuk membeli produk seperti token listrik atau pulsa hp, terutama di saat-saat mendesak. Beli dan isi sekarang, bayarnya 30 hari kemudian atau saat gajian tiba.

Sementara untuk produk dengan harga minimum Rp 1,5 juta, kamu bisa andalkan opsi “cicilan” dengan pilihan tenor 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga rendah yaitu 2,95%. Kamu juga bisa mengatur sendiri belanjaan dan plafon kreditmu melalui aplikasi Kredivo. Manfaatkan juga diskon hingga Rp 50 ribu untuk transaksi pertamamu di Kredivo pada merchant-merchant tertentu.

Saat memilih metode pembayaran cicilan dengan Kredivo, simulasi cicilan juga akan ditampilkan di awal secara transparan, sehingga tidak akan ada biaya tambahan yang muncul tiba-tiba di kemudian hari.

  • Pastikan merchant online memiliki kebijakan pengembalian dan refund yang baik

Salah satu kelemahan dari belanja online cicilan tanpa kartu kredit adalah kamu tidak bisa mengecek kondisi barang secara langsung layaknya COD. Maka, sebelum membeli, pelajari dulu ketentuan pengembalian, refund, dan juga pembatalan kredit apabila kondisi barang tidak sesuai. Jika kamu melakukan pembelian dengan Kredivo, kebijakan pembatalan tergantung dengan kebijakan pembatalan merchant tempat kamu berbelanja.

Saat barang tiba, sebaiknya kamu mengecek langsung spesifikasi dan kelengkapan dari barang yang kamu beli dengan cicilan tanpa kartu kredit. Jika ada yang tidak sesuai, kamu bisa foto lalu simpan sebagai bukti. Lalu, kembalikan barang ke merchant atau seller sesuai ketentuan  untuk diretur atau direfund.

Leave a Reply