4 Cara Mengetahui IP Address Di Android

Cara mengetahui ip address di android yang perlu kamu ketahui. Perkembangan ponsel saat ini sangat pesat sekali bahkan dalam beberapa tahun saja perkembangan teknologi smartphone sangat mengagumkan sekali. Dulu mungkin anda tidak pernah membayangkan ponsel yang anda gunakan bisa berfungsi tanpa tombol dan hanya dengan menyentuh layar saja, dulu anda juga tidak pernah mengira bahwa anda bisa menjadikan smartphone anda serba guna baik itu untuk melacak lokasi, melihat lokasi maupun untuk berkomunikasi dengan menggunakan internet.

Smartphone sebelum muncul android sangat sulit sekali ada fitur WIFInya akan tetapi dengan munculnya android semua fitur sudah dapat anda manfaatkan baik itu wifi maupun aplikasi yang dapat anda install pada android layaknya komputer. Berbicara masalah internet tentu menjadi pembahasan yang cukup menarik karena dengan internet anda dapat menjelajahi dunia maya, anda dapat terhubung ke orang lain baik itu yang anda kenal maupun yang belum anda kenal. Baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri, dengan internet semuanya dapat terhubung dan informasi datang dengan cepat karena adanya internet.

cara mengetahui ip address di android

Jika dulu anda hanya bisa menggunakan wifi di laptop untuk internet akan tetapi sekarang anda sudah bisa menggunakan wifi pada ponsel android, dengan adanya wifi pada android memungkinkan anda dapat menikmati internet dengan menggunakan wifi gratis yang ada di tempat publik atau dengan menggunakan hostpot. Nah pada saat anda terhubung ke internet inilah ponsel android anda memiliki identitas yang disebut ip address. Karena ip address ini sangat penting jika berbicara masalah jaringan maka anda harus mengetahui ip address dari ponsel android anda masing-masing. Bagaimana sih cara mengetahui ip address di android.

4 Cara Mengetahui IP Address Di Android

Berikut ini cara mengetahui ip address di hp android yang perlu juga kamu ketahui, terutama yang sering online untuk keperluan tertentu.

Cara Mengetahui IP Address Di Android (Pertama)

1. Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah masuk ke menu Setting/ Pengaturan, berikutnya anda pilih Wifi. Silahkan sesuaikan dengan ponsel android anda karena tiap merek dan tipe ponsel android tidak sama.


2. Langkah berikutnya adalah anda pilih icon titik tiga seperti pada gambar dibawah, lalu anda pilih Lanjutkan.


3. Pada langkah ini anda akan membuka menu WI-FI lanjutan, maka anda akan melihat semuanya mulai dari ip address hingga Mac Address ponsel android anda.


Untuk lebih jelasnya silahkan anda perhatikan dengan seksama gambar diatas ya. Silahkan anda lihat pada bagian yang diberi tanda merah tersebut.

Baca juga : Cara menambahkan RAM laptop di windows 10

Cara Mengetahui IP Address Di Android (Kedua)

  1. Pertama-tama yang perlu anda lakukan adalah dengan mendownload aplikasi My IP, aplikasi ini bisa anda dapatkan dengan mudah di play store. Silahkan anda download dan install aplikasi ini dari play store maupun dari tempat lain.
  2. Setelah anda berhasil menginstall aplikasi My IP, silahkan anda jalankan aplikasi ini pada android anda. Maka secara otomatis akan menampilkan ip address yang terdapat pada perangkat android anda.

Cara Mengetahui IP Address Di Android (Ketiga)

Jika anda kurang suka dengan langkah nomor dua anda bisa menggunakan aplikasi lainnya seperti aplikasi Display wifi address yang bisa anda dapatkan dengan mudah di play store. Kelebihan dari aplikasi ini adalah sangat ringan, mudah digunakan karena tidak banyak permission macam-macam sehingga lebih simpel. Jika anda tertarik silahkan anda gunakan aplikasi ini.

Baca juga : Cara mudah cek merk laptop

Cara Mengetahui IP Address Di Android (Keempat)

  1. Ada banyak cara untuk mengetahui ip address di smarphone android, salah satunya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga salah satunya dengan menggunakan aplikasi Hotspot Shield VPN Elite for Android yang bisa anda download dan pasang di play store.
  2. Setelah anda menginstall aplikasi ini pastikan ponsel android anda terhubung ke internet dan anda siap menggunakan aplikasi ini untuk mengetahui ip address android anda.

Itulah 4 cara mengetahui ip address di android yang bisa anda lakukan. Cara yang paling mudah dan tidak membebani memori anda adalah dengan cara pertama dimana cara pertama hanya menggunakan fitur bawaan dari ponsel android anda. Jika anda menggunakan cara lain maka anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga, aplikasi pihak ketiga ini cukup banyak dan anda bisa gunakan aplikasi yang menurut anda bagus dan sangat ringan agar tidak terlalu banyak memakan kapasitas memori android anda.