3 Tips / Cara Mengamankan Data di Android Anda

Data adalah sesuatu yang mahal harganya, baik itu data yang berada di komputer maupun di smartphone Anda. Kadang ada diantara teman yang kehilangan data di smartphone android mereka, dan mereka berujar, lebih baik smartphone android yang hilang dibandingkan dengan datanya yang hilang. Sebab data-data di android ini adalah data-data password seluruh akun yang sangat penting dan bernilai puluhan juta rupiah. Data tersebut diketahui oleh orang lain, sehingga teman tersebut tidak bisa login ke akunnya tersebut, karena telah diganti passwordnya oleh orang lain. Nah karena pentingnya data tersebut, Anda harus mengetahui bagaimana cara  mengamankan data di Android Anda, baik menggunakan system operasi Android, Windows Phone atau OS lainnya.

3 Tips / Cara Mengamankan Data di Android Anda

Di bawah ini dijelaskan 3 tips untuk cara mengamankan data di Android atau smartphone lain yang bisa Anda gunakan untuk melindungi keamanan data Anda.

  1. Enkripsi Data

Cara mengamankan data di android yang pertama ialah dengan cara Enkripsi, dengan cara ini data perlu dan sangat penting dilakukan demi keamanan perangkat pintar Anda. Enkripsi merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk yang masih bisa dibaca dengan syarat jika Anda memiliki kredensial yang tepat. Dengan enkripsi ini Anda bisa memberikan perlindungan data tambahan seandainya perangkat pintar Anda hilang bahkan dicuri. Metode ini sama seperti saat Anda membuka layar yang terkunci dengan kunci layar yang aman.

Cara Mengamankan Data di Android Anda

Caranya ialah buka menu Setelan – Pribadi – Keamanan. Pada layar Keamanan, tap Kunci layar dan tentukan apakah Anda ingin menggunakan PIN, Pola, atau Sandi sebagai kunci layar.

Saat mengakses smartphone, Anda akan dimintai PIN, Pola, ataupun Sandi yang baru saja Anda buat guna menambahkan perlindungan data tambahan pada smartphone Anda. Settingan ini akan diaktifkan secara otomatis.

Saat Anda mengakses smartphone, maka layanan aksesibilitas seperti Talkback ataupun Bluetooth tidak akan berfungsi sama sekali. Untuk mengaksesnya, Anda harus memasukkan PIN, Pola, ataupun Sandi yang Anda buat sebelumnya tanpa adanya bantuan layanan seperti TalkBack. Namun jika Anda tetap membutuhkan bantuan layanan tersebut, sebaiknya jangan gunakan kunci layar. Jika semua konfigurasi sudah selesai, setel PIN, Pola, ataupun Sandi dan tap Lanjutkan untuk menuju proses berikutnya.

  1. Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan sebuah teknologi yang mampu membuat akses data pengguna menjadi aman dan nyaman. VPN juga mampu menghilangkan semua blokir situs, ancaman serta kerisauan sewaktu menjelajah internet. Tak ada salahnya Anda gunakan VPN demi keamanan perangkat Android Anda. Anda bisa mendapatkan VPN client secara gratis ataupun berbayar. Tapi saran penulis gunakan VPN yang sudah kredible, dan berbayar. Karena keamanan data di android harus tetep dijaga.

  1. Batasi Layanan

Tips atau cara mengamankan data di android lainnya yang perlu anda coba ialah dengan membatasi akses layanan. Pengguna perangkat pintar disarankan oleh para Security Expert untuk membatasi layanan yang tidak dibutuhkan, sering-sering membersihkan cache browser, dan menjaga konfigurasi browser dengan ketat. Hal lain yang harus diperhatikan ialah meminimalkan sebisa mungkin penggunaan Bluetooth, WiFi dan GPS. Hal ini dimaksudkan agar pengguna terhindar dari serangan para hacker yang bisa saja merambat melalui jaringan WiFi tersebut.

Kotak Komentar