3 Cara Kompres /Mengecilkan Ukuran Foto dengan Mudah

Pada beberapa momen anda mungkin harus tau cara mengecilkan ukuran foto atau istilahnya compress foto, agar foto yang ada ukurannya menjadi kecil. Cara ini biasanya diperlukan ketika misal ingin mendaftar kuliah, ketika mengisi formulir online, ataupun ketika ingin mengupload foto dengan ukuran yang kecil. Foto adalah salah satu hal yang paling penting dalam kehidupan kita, dengan dengan adanya foto membuat semuanya menjadi lengkap baik itu foto untuk melengkapi profil facebook atau twitter. Atau bisa juga untuk memberikan konten pelengkap dalam sebuah artikel.

Baca juga : Cara memperbaiki limited access di windows 10

Dengan adanya gambar maka konte yang awalnya biasa-biasa saja akan menjadi lebih menarik dengan adanya gambar. Akan tetapi tahukan anda jika anda menggunakan gambar dengan ukuran besar pada blog anda akan mengakibatkan loading sedikit lambat. Selain itu, gambar dengan pixel yang sangat tinggi juga tidak dapat digunakan untuk melengkapi data pada internet. Oleh sebab itu diperlukan yang namanya mengkompres atau mengecilkan gambar agar dapat diupload ke situs tertentu.

3 Cara sederhana untuk menkompres atau mengecilkan ukuran foto

Berikut ini akan menjelaskan bagaimana caranya mengkompres gambar yang sangat mudah dan tentunya sangat cepat untuk anda lakukan. Berikut 3 cara kompres atau mengecilkan ukuran foto yang bisa anda lakukan bahkan tanpa harus menginstall software diluar software komputer anda.

1. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Microsoft Office Picture Manager

Dengan menggunakan cara ini anda tidak perlu lagi menggunakan software lainnya yang membutuhkan waktu untuk mendownload dan menginstallnya. Dengan menggunakan Microsoft Office Picture Manager anda sudah bisa dengan mudah mengecilkan ukuran foto yang anda miliki.
Silahkan anda klik kanan pada foto yang ingin anda kecilkan ukurannya lalu anda arahkan mouse ke Open with dan pilih Microsoft Office Picture Manager.


Setelah foto berhasil dibuka dengan Microsoft Office Picture Manager, silahkan anda pergi ke menu Picture lalu pilih Resize….


Disebelah kanan layar, anda bisa pilih ukuran yang ingin anda gunakan. Jika sudah menentukan ukuran yang anda inginkan anda bisa langsung klik Ok.


Setelah anda klik ok, silahkan simpan gambar dengan menekan tombol CTRL+S di keyboard. Maka foto yang barusan berukuran besar sudah menjadi lebih kecil.

2. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Paint

Silahkan anda siapkan foto yang ingin dikecilkan ukurannya lalu anda bukan program Paint.


Lalu anda buka foto anda melalui Paint dengan cara menekan tombol CTRL+O, berikutnya anda pilih menu Resize.


Pada langkah ini akan muncul box Resize dan Skew, silahkan anda pilih pixel yang anda inginkan dan klik Ok.

Langkah terakhir anda tekan tombol CTRL+S untuk menyimpan hasilnya.

3. Cara Mengecilkan Ukuran Foto Menggunakan Adobe Photoshop

Silahkan anda buka foto yang ingin di edit dengan cara pilih Open pada menu File.


Setelah foto sudah tampilan silahkan anda simpan foto tersebut dengan cara menekan menu File > Save as atau shift+ctrl+s.


Pada format foto anda pilih JPEG lalu anda klik Ok. Pada window JPEG Options anda harus merubah beberapa settingan, silahkan pilih low pada opsi quality lalu klik Ok.


Selamat ukuran foto sudah diperkecil dengan menggunakan Adobe Photoshop.

Itulah ke 3 cara untuk mengkompres atau mengecilkan ukuran foto yang bisa anda lakukan. Yang paling mudah digunakan adalah cara yang pertama dan kedua dimana dengan cara ini anda tidak perlu lagi menginstall software diluar komputer anda sehingga lebih efisien. Selain itu kedua program tersebut tidak terlalu besar sehingga sangat ringat ketika digunakan. Jika anda hanya membutuhkan aplikasi untuk mengecilkan ukurna foto alangkah baiknya anda menggunakan cara pertama dan kedua dan tidak derekomendasikan untuk menggunakan cara nomor tiga. Selain anda harus menginstall softwarenya, ukuran dari adobe photoshop terbilang kucup besar sehingga memakan sebagian kapasitas memory komputer anda.

Khusus untuk cara mengecilkan ukuran foto yang pertama anda bisa memilih ukuran yang disarankan untuk web. Ini sangat bermanfaat untuk anda yang ingin mengupload gambar di internet baik itu di blog anda maupun mengisi formulir yang mengharuskan ada foto anda disana. Biasanya jika tidak menggunakan cara ini kemungkinan besar foto anda tidak dapat diterima oleh website yang bersangkutan.