15 Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

15 Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya, WhatsApp adalah aplikasi chating yang sangat populer sekali di kalangan pengguna android. Oleh sebab itu tidak heran jika aplikasi WhatsApp digunakan oleh sebagian besar pengguna ponsel pintar. Karena saking banyaknya pengguna aplikasi WhatsApp maka orang-orang yang baru memiliki ponsel pintar juga ingin menggunakan WhatsApp sebagai media komunikasi yang murah dan mudah. Dikarenakan banyaknya pengguna WhatsApp, sebagian pengguna dari aplikasi WhatsApp mengalami masalah yang belum pernah mereka alami sebelumnya.

Ada banyak masalah yang akan adan dapatkan jika anda menginstall aplikasi ini baik itu karena aplikasi WhatsApp sendiri yang eror atau dari ponsel yang anda gunakan. Berikut 15 masalah whatsapp yang sering terjadi di aplikasi WhatsApp dan cara mengatasinya.

15 Masalah WhatsApp Yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Berikut ini 15 masalah whatsapp dan cara mengatasinya untuk berbagai kasus masalah yang sering ditemui ketika menggunakan aplikasi whatsapp.

1. Tidak Dapat Menginstall WhatsApp
Sebagian orang tidak dapat menginstall aplikasi WhatsApp dan sebagian lagi dapat menginstallnya dengan mudah tanpa ada kendala.

Cara mengatasi tidak dapat menginstall whatsapp adalah coba anda periksa smartphone anda apakah smartphone anda memiliki spesifikasi yang disarankan untuk dapat menginstall WhatsApp. Jika smartphone anda dibawah spesifikasi yang disarankan maka kemungkinan besar tidak dapat menginstall aplikasi ini.

2. Install WhatsApp Di Tablet
Jika anda memiliki tablet yang sedang terkoneksi di wifi dan ingin menginstall aplikasi WhatsApp maka anda akan mendapatkan masalah disini karena pada dasarnya untuk menginstall WhatsApp di tablet anda harus menggunakan kartu sim dan nomor hp untuk mendaftarnya.

Cara mengatasinya adalah anda harus mendownload aplikasi WhatsApp di situs resminya bukan di play store. Setelah di download baru anda menginstallnya dan memasukkan nomor hp yang sebelumnya sudah anda aktifkan.

3. Aplikasi WhatsApp Tidak Terhubung
Jika anda hendak menggunakan aplikasi WhatsApp untuk menghubungi seseorang menggunakan internet akan tetapi aplikasi WhatsApp tidak terhubung ke internet maka anda harus memeriksa jaringannya.

Cara mengatasi whatsapp tidak terhubung adalah anda cek jaringan anda apakah menggunakan wifi atau 3G. Atau yang paling ekstrim yang adapat anda lakukan adalah menguninstall aplikasi WhatsApp lalu anda install ulang versi terbarunya.

Baca juga artikel menarik lainnya :

Cara mengatur whatsapp agar tidak download otomatis

Cara mengatasi instagram yang error dismiss

Solusi untuk masalah instagram yang tidak bisa live

4. Kontak WhatsApp Tidak Muncul
Ada beberapa masalah mengapa kontak WhatsApp yang anda masukkan tidak dapat terlihat. Silahkan anda cek nomornya untuk memastikan.

Cara mengatasi kontak whatsapp tidak muncul adalah anda pastikan nomor yang anda masukkan benar dan anda harus memastikan nomor yang anda masukkan digunakan untuk mendaftar apliaksi WhatsApp.

5. Menambahkan Kontak Internasional Di WhatsApp
Sebagian dari anda mungkin ingin menambahkan kontak orang luar karena sebelumnya anda sudah pernah bertemu dan ingin terus menjalin komunikasi dengan dia, lalu anda meminta nomor ponselnya untuk menambahkannya di kontak WhatsApp anda, lalu apa yang terjadi. Kontak tersebut tidak dapat menemukan akun WhatsApp yang anda cari.

Cara mengatasinya adalah anda periksa code negaranya apakah negara australia atau jepang. Jika orang Australia harus menggunakan code (+61), Jepang (+81) dan begitu juga sebaliknya jika anda orang luar yang ingin menambahkan anda maka harus menggunakan code negara kita.

6. Memblokir Kontak Di WhatsApp
Sebagian pengguna WhatsApp yang baru tidak bisa memblokir kontak WhatsApp yang dianggapnya sangat mengganggu sekali.

Cara mengatasinya adalah anda tinggal menambahkan kontak yang ingin anda blacklist sehingga anda tidak akan pernah menerima pesan dari kontak yang sudah anda blacklist tersebut.

7. Tidak Mendapatkan Kode Aktivasi
Ketika anda sedang melakukan pemasangan aplikasi WhatsApp biasanya akan berjalan dengan lancar, akan tetapi anda mendapatkan masalah ketika ingin mendapatkan kode aktivasi.

Cara mengatasi tidak mendapat kode aktivasi di whatsapp adalah pastikan bahwa nomor yang anda masukkan benar, jika anda sudah memastikan hal itu benar silahkan anda meminta program untuk mengirim ulang kode aktivasi. Anda juga dapat menggunakan pesan suara untuk mendapatkan kode aktivasi.

8. Tak Bisa Putar Video Karena Error
Jika anda mengalami hal ini anda dapat mencehal hal ini terjadi kembali. Anda harus memastikan bahwa google photos telah up-to date.

Cara tidak bisa putar video di whatsapp adalah silahkan anda buka play store, setelah itu anda tekan tombol menu di kanan atas pada My apps & games terlihat apakah google photos ada di bagian atas, silahkan anda tunggu pembaruan yang sedang berlangsung.

9. Panggilan WhatsApp Bermasalah
Biasanya hal ini sering terjadi karena masalah jaringan didaerah anda. Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut.

Pastikan sinyal di daerah anda bagus, jika anda menggunakan data pastikan anda menggunakan konesi 3G. Jika belum juga membantu silahkan anda matikan koneksi anda lalu anda hidupkan lagi.

10. Masalah Audio Pada WhatsApp
Masalah ini mungkin saja terjadi jika anda tidak terlalu memahami apa yang harus anda lakukan. Jika audio anda buruk cobalah untuk lebih dekat meletakkan ponsel anda di telinga. Jika semakin jauh dari sumber suara maka kemungkinan besar audio akan sangat pelan.

11. Tak Dapat Unduh Foto Atau Video
Sebagian pengguna biasanya mendapatkan masalah ketika ingin mengunduh foto atau video yang mereka sukai.

Cara mengatasi tidak dapat mengunduh foto atau video di whatsapp adalah silahkan anda masuk ke setting lalu anda pilih data usage. Silahkan anda perhatikan apakah anda sedang mengaktifkan auto update atau tidak. Jika iya silahkan anda matikan agar kecepatan internet anda dapat sepenuhnya untuk mengunduh foto atau video yang anda inginkan.

12. Tidak Bisa Mentrasfer Foto Ke Kontak Lain
Untuk dapat mentrasfer foto ke kontak lain anda harus menekan agak lama foto yang henda anda bagikan lalu pada bagian kanan atas laman anda bisa gunakan panah untuk membagikan foto. Silahkan anda tekan panah tersebut maka anda tinggal pilih kontak mana yang akan anda kirimi foto.

13. Ponsel Hilang
Jika masalahnya sudah seperti ini maka anda harus mengunci sim anda. Akun WhatsApp yang sebelumnya digunakan oleh anda tidak akan aktif lagi jika anda menggunakan nomor yang sama.

14. Tidak Dapat Melihat Gambar
Jika anda sedang membuka WhatsApp akan tetapi tidak dapat melihat gambar kemungkinan besar bermasalah pada jaringan anda.

Solusinya anda harus mencari tempat yang dapat memicu jaringan anda menjadi lebih kuat atau anda coba beberapa waktu untuk membuka WhatsApp jika memang operator anda yang mengalami sedikit masalah.

15. Beberapa Fitur WhatsApp Error
Jika akun WhatsApp yang anda gunakan mengalami banyak eror yang tidak jelas maka solusi yang paling tepat adalah anda menginstall aplikasi WhatsApp versi baru.

Cara mengatasi fitur whatsapp yang error adalah anda uninstall aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel anda lalu anda install kembali.

Itulah ulasan tentang 15 masalah WhatsApp yang sering terjadi dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang aplikasi WhatsApp sehingga jika ada masalah anda dapat mengatasinya sendiri dengan segera.

Kotak Komentar