12 Cara Membedakan IPhone Asli Dan Palsu

Kamu tentu sudah tak asing lagi dengan iPhone. Yap, brand yang satu ini memang merk branded. Apakah kamu sudah tahu cara membedakan iPhone asli dan palsu ? Kebanyakan pengguna iPhone memang termasuk dalam golongan menengah keatas, jadi tentu saja iPhone memiliki harga yang tidak murah.

Walaupun memiliki harga yang cukup mahal, kualitas iPhone memang sebanding dengan harganya, seperti sebuah pepatah yang mengatakan “Harga Membawa Rupa”. Selain tampilan yang khas, iPhone juga memiliki desain mewah sehingga meningkatkan nilai sosial penggunanya.

Dengan alasan itulah, kini banyak dijual iPhone KW atau palsu di pasaran. Bagi kamu yang baru menggunakan merk ini mungkin tidak begitu paham letak perbedaan antara iPhone asli dengan iPhone palsu karena keduanya memiliki fisik yang hampir sama. Jika kamu lengah sedikit saja, alih-alih memiliki iPhone yang asli malah tertipu dengan penampilan yang KW.

12 Cara Membedakan IPhone Asli Dan Palsu

Untuk mengatasi masalah tersebut, ilmuonline.net punya tips 12 cara memberdakan iPhone asli dan palsu khusus buat kamu, Let’s check this out!

#1 FIELD TEST MODE                                

Uji ini dapat dilakukan dengan menekan *3001#12345#* lalu pilih Call pada iPhone kamu. iPhone asli akan menampilkan seperti pada gambar di bawah ini. Sebaliknya, fake iPhone tidak akan menampilkan pilihan semacam itu.

#2 LOGO APPLE PADA BAGIAN BELAKANG SMARTPHONE

Logo Apple pada iPhone memang sudah menjadi ciri khas smartphone primadona ini. Pada iPhone asli, logo apple yang tertera memiliki kualitas premium dan pada iPhone palsu kualitas ini tidak akan terasa. Kamu bisa rasakan perbedaannya pada iPhone palsu akan terlihat kusam, bahkan memiliki warna yang berbeda dengan yang asli.

#3 APPS STORE

Cara membedakan iPhone asli dan palsu selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi Apps Store. Pada iPhone asli, tampilan App Store akan seperti dibawah ini. Sedangkan pada iPhone palsu, ketika kamu membuka App Store akan diteruskan ke tampilan Google Store yang biasa ada pada android.

#4 DISPLAY LAYAR

Display layar iPhone memiliki kualitas pixel yang tinggi, sehingga tampilan layar akan jelas dan tidak blur. iPhone asli menggunakan Retina Display pada layarnya sehingga ketika kamu melihat layarnya, ukuran pixel akan terlihat sangat kecil.

#5 iTUNES

Setiap perangkat Apple dibuat saling terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Salah satunya adalah iTunes. Untuk menguji iPhone kamu asli atau tidak, coba sambungkan iPhone kamu dengan PC dan cobalah membuka iTunes. Jika terhubung, dapat dipastikan itu merupakan iPhone asli.

#6 DESAIN BODY

Jika dilihat secara sekilas, desain body iPhone asli dan palsu memang mirip. Tetapi pada iPhone palsu tentu memiliki kekurangan. Pada iPhone palsu, material yang digunakan bukan kualitas premium, tapi dibawahnya. Jika kamu memiliki iPhone yang materialnya kurang bagus, bisa saja itu adalah iPhone abal-abal.

#7 CEK GARANSI

Cara mengecek garansi iPhone dapat menggunakan IMEI. IMEI adalah kode yang dimiliki semua smartphone. Caranya dengan membuka link ini (https://checkcoverage.apple.com/) lalu masukkan IMEI yang bisa kamu cek dengan mengetik *#06# lalu call. iPhone yang asli akan terdeteksi dan dikenali serta akan menampilkan garansi secara lengkap.

#8 HARGA

Karna termasuk dalam smartphone kalangan menengah keatas, tentu memiliki harga yang tidak murah. Sebelum membeli iPhone, cobalah mengecek harga pasaran terlebh dahulu dan sesuaikan dengan spesifikasinya. Jika harga terlampau murah, waspadalah terhadap produk iPhone palsu.

#9 CARA SCREENSHOOT

YUP, cara screenshoot juga bisa digunakan untuk cek keaslian iPhone loh. Caranya dengan menekan tombol home dan lock bersamaan. biasanya iPhone palsu tidak dapat melakukan screenshoot dengan cara ini.

#10 MEMORY EXTERNAL

Jangan terkecoh dengan memory tambahan atau memory external pada iPhone. Hingga saat ini iPhone tidak pernah meluncurkan produk dengan tambahan slot Micro SD.

#11 DUAL SIM

Dual sim memang dapat memudahkan penggunanya yang memiliki dua kartu SIM. Alasannya sih agar tidak repot gonta ganti SIM ketika ingin membuka SIM yang lain. Tapi sayangnya, produk iPhone tidak memiliki fitur dual SIM. Semua iPhone hanya memiliki satu slot SIM saja. Jadi jangan tergiur kemudahan memiliki dual SIM dengan iPhone ya. Kenali betul spesifikasi iPhone yang kamu inginkan.

#12 SISTEM IOS

iPhone menggunakan sistem operasi iOS yang berbeda dengan os android. Sistem ini sangat sulit ditiru sehingga pada iPhone palsu, sistem operasi yang digunakan adalah android dengan modifikasi agar mirip seperti iPhone. Cara yang paling mudah untuk cek sistem operasi adalah pergi ke menu setting dan lihat spesifikasinya di pilihan “About”.

Begitulah cara untuk membedakan iPhone asli dan palsu. Pastikan kamu jeli dalam membeli iPhone karena banyak iPhone KW 99% yang beredar di pasaran. Walaupun membeli di counter resmi, tidak ada salahnya untuk memeriksa hingga ke detailnya dan lakukan 12 cara memberdakan iPhone asli dan palsu diatas.

Demikian 12 cara memberdakan iPhone asli dan palsu. Semoga dapat bermanfaat bagi kamu yang merupakan pengguna iPhone atau tertarik menggunakan produk berlogo apel ini. Jangan lupa share  artikel 12 cara membedakan iPhone asli dan palsu ini melalui Twitter ataupun Facebook.

Leave a Reply