12 Cara Agar HP Tidak Lemot dan Panas

12 cara agar hp tidak lemot dan panas yang perlu kamu ketahui, supaya smartphone android yang kamu miliki tidak cepet panas dan lemot. Hp adalah alat komunikasi yang sering digunakan baik untuk mengirim pesan teks, pesan gambar, maupun untuk menelepon. Saat ini hp sudah sangat canggih, bukan hanya berfungsi sebagai alat komunikasi akan tetapi juga ada banyak fitur-fitur yang sangat bermanfaat untuk penggunanya. Hp canggih atau sering disebut dengan smartphone memiliki banyak kelebihan dimana dapat di install game maupun software tertentu yang mungkin saja bermanfaat untuk anda. Dengan adanya aplikasi yang cukup banyak memungkinkan hp anda mudah sekali lemot dan panas.

Jika hp mudah sekali lemot dan panas maka anda dalam menggunakannya akan terganggu karena tidak dapat memaksimalkan penggunaan karena mudah sekali lemot. Jika sudah lemot maka otomatis hp anda akan mudah panas. Untuk menghindari masalah ini anda perlu mengatasinya. Berikut ini 12 cara agar hp tidak lemot dan panas yang bisa anda terapkan pada ponsel anda masing-masing.

12 Cara Agar HP Tidak Lemot dan Panas

1. Menutup Aplikasi Yang Sedang Berjalan

Jika ada aplikasi yang tidak anda gunakan alangkah baiknya jika anda menutupnya agar ponsel anda tidak mudah panas. Jika ada banyak sekali aplikasi yang berjalan maka bukan hanya panas akan tetapi juga akan lemot. Selain itu, cara ini untuk menghindari agar baterai anda tidak cepat habis.

2. Jangan Gunakan HP Android Saat Mengisi Daya

Masih banyak orang yang melakukan kebiasaan buruk ini sehingga baterai ponsel lebih cepat mengembung. Jika sudah seperti ini maka ketika selesai diisi, hp android akan mudah sekali panas dan baterai menjadi cepat habis.

3. Jangan Gunakan Wifi

Walaupun jaringan wifi bisa anda dapatkan secara gratis akan tetapi jika jaringan tersebut tidak tertangkap oleh ponsel anda maka ponsel anda akan mencari jaringan wifi secara otomatis. Hal ini yang menyebabkan hp android anda lebih cepat panas.

cara agar hp tidak lemot

4. Menonaktifkan Sinkronisasi

Silahkan anda pilih fitur atau aplikasi tertentu yang sering anda gunakan untuk aktifitas sehari-hari. Dengan cara menonaktifkan sync maka ponsel anda tidak akan mudah panas, cara untuk melakukannya anda pergi ke Setting > Account and Sync > Jangan centang fitur atau aplikasi yang tidak anda gunakan.

5. Disable Pemberitahuan Dari Aplikasi

Pengaruh dari pemberitahuan dari aplikasi tidak terlalu besar akan tetapi bisa anda terapkan untuk lebih memaksimalkan usaha anda dalam mengatasi hp yang mudah panas dan lemot. Contoh aplikasi yang sering mengirim pemberitahuan seperti ini adalah google play store dimana ketika ada aplikasi yang terbaru maka akan ada pemberitahuan untuk mengupdate aplikasi tersebut.

6. Ganti Baterai

Jika baterai sudah rusak karena sudah sering mati karena kehabisan daya dan juga sudah mengembung. Alangkah bainya jika anda segera mengganti baterai karena baterai yang sudah rusak akan mudah sekali panas.

7. Jangan Selalu Mengonlinekan Aplikasi

Salah satu usaha untuk mengatasi hp android mudah panas dan lemot adalah dengan cara mematikan aplikasi yang sedang online. Salah satu contoh adalah ketika anda ingin pergi jauh dan anda mengaktifkan google maps maka aplikasi tersebut akan berjalan, jika sudah sampai ke tujuan alangkah baiknya jika aplikasi tersebut segera dimatikan.

8. Gunakan Kartu Memori Yang Bagus

cara agar hp tidak lemot dan cepat panas lainnya ialah pergunakan kartu memori yang bagus. Salah satu manfaat jika anda menggunakan kartu memori yang bagus adalah memori anda tidak akan mudah korrupt yang akan menyebabkan kinerja dari hp android anda sangat lambat dalam mengelolah data dan menyebabkan hp anda mudah sekali panas. Jika sudah korrupt bukan hanya mudah panas akan tetapi juga lemot.

9. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai

Aplikasi penghemat baterai untuk android sudah tersebar dan sudah dipasang oleh banyak pengguna android. Silahkan anda gunakan aplikasi ini untuk menghemat baterai anda dan membantu mempercepat pengisian daya.

10. Perbarui Aplikasi Yang Digunakan

Jika salah satu aplikasi yang sering anda gunakan minta untuk diupdate maka segeralah anda update karena aplikasi yang selalu up to date juga dapat mencegar agar ponsel anda tidak cepat panas.

11. Root

Jika ponsel anda sangat mudah sekali panas dan lemot anda bisa root ponsel anda untuk menghapus semua aplikasi yang berjalan pada backgroud, dengan begitu maka ponsel anda akan lebih ringan dan tidak akan mudah panas.

12. Factory reset

Cara agar hp tidak lemot dan cepet panas terakhir ialah dengan factory reset. Selain melakukan root anda juga bisa melakukan factory reset untuk mengatasi hp yang mudah panas. Factory reset sendiri berfungsi untuk menghapus sisa-sisa file yang sudah anda hapus sehingga tidak menumpuk yang menjadi penyebab mudahnya hp android anda lemot dan juga panas.

Itulah 12 cara agar hp tidak lemot dan panas yang bisa anda terapkan pada hp android anda masing-masing. Pada umumnya ponsel yang memiliki sedikit aplikasi yang berjalan tidak akan mudah panas apalagi lemot karena hanya beberapa saja aplikasi yang berjalan. Jadi jika ada aplikasi yang tidak anda gunakan alangkah baiknya jika aplikasi tersebut anda uninstall.