11 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli Dan Palsu

Bagi pengguna HP Xiaomi, tentu ingin membedakan mana yang asli atau palse, cara membedakan HP Xiaomi asli dan palsu sebenarnya bisa dicek langsung, karena caranya ternyata tidak sulit. Xiaomi adalah brand yang berasal dari Cina yang sering disebut sebut sebagai merk HP terjangkau dan berkualitas. Saat ini mungkin kamu pasti sering melihat orang-orang disekitarmu menggunakan smartphone Xiaomi.

Xiaomi memang pendatang baru di dunia teknologi, tetapi produk yang ditawarkan Xiaomi sudah banyak memasuki pasar dunia. Perusahaan yang baru berdiri 7 tahun ini memang sangat terkenal di Indonesia akhir-akhir ini. Meskipun tergolong masih baru, brand Xiaomi mampu mendatangkan konsumen yang tertarik untuk membeli produknya. Selain smartphone, Xiaomi juga memproduksi produk lainnya seperti speaker, action camera, virtual reality, Mi band, smart watch, bolpoint, payung, power bank, dan produk terbarunya yaitu mobil canggih. Wah, produktif sekali perusahaan yang satu ini ya.

Bicara tentang kepopuleran Xiaomi, brand yang memiliki maskot kelinci ini kini sangat populer di Indonesia. Kepopuleran Xiaomi tidak tanpa alasan, banyak masyarakat memilih produk Xiaomi karena memiliki harga yang sangat terjangkau dengan kualitas diatas rata-rata dibandingkan smartphone lain dengan harga yang sama.

cara membedakan HP Xiaomi asli dan palsu

Jika diingat lagi, apakah kamu pernah melihat iklan komersil Xiaomi di televisi Indonesia? Hmm.. tentu tidak pernah kan? Xiaomi menjadi sangat terkenal karena banyak Vlog yang merivew smartphone asal cina ini. Xiaomi memang menarik konsumen dengan harga yang sangat terjangkau namun memiliki spek yang istimewa. Bagaimana tidak? hanya dengan budget kurang dari 2 juta, kamu bisa mendapatkan smartphone dengan kualitas diatas standar dan desain yang keren.

Namun karena kepopulerannya itu, banyak pula oknum-oknum nakal yang meraup keuntungan dengan membuat smartphone Xiaomi palsu. Bahkan secara kasat mata kita susah membedakannya karena harus jeli dalam membandingkan mana yang asli dan mana yang palsu.

11 Cara Membedakan HP Xiaomi Asli dan Palsu

Bagi kamu pengguna xiaomi ataupun tertarik untuk membeli produk ini tak perlu khawatir tertipu oleh Xiaomi abal-abal, karena ada tips 11 cara membedakan HP xiaomi asli dan palsu. Berikut tipsnya:

#TIPS 1 KEMASAN SMARTPHONE

Cara membedakan HP Xiaomi asli dan palsu yang pertama adalah terletak dalam box kemasan. Biasanya pada box xiaomi asli terdapat kode autentifikasi yang berisi 20 digit nomor, biasanya nomor ini akan terlihat setelah digosok dengan uang logam ataupun cukup dengan kuku saja.

#TIPS 2 TAMPILAN LAYAR

Tampilan layar Xiaomi yang asli dengan yang palsu tentu tidaklah sama. Tampilan layar Xiaomi yang asli memiliki pixel yang terlihat kecil sehingga performa layar sangat jelas. Sedangkan pada Xiaomi palsu, tampilan layar terkesan blur dan display warna yang kurang cerah atau kekuning-kuningan.

#TIPS 3 DESAIN BODY

Secara kasat mata desain body antara Xiaomi asli dan palsu sangat sulit dibedakan. Namun jika dilihat lebih jeli lagi salah satu perbedaannya terletak pada logo Mi pada backdoor smartphone, flashlight dan kamera belakang. Pada Xiaomi asli, flash light terlihat lebih berkualitas dan terlihat jelas ada dua lampu didalamnya (orange dan kuning). Sedangkan pada Xiaomi palsu flashlight terlihat hanya memiliki satu warna (putih). Namanya juga palsu, pasti material yang digunakan bukan yang berkualitas karena untuk memangkas biaya produksi.

#TIPS 4 HARGA

Memang Smartphone Xiaomi dikenal sebagai Smartphone yang memiliki harga terjangkau tapi berkualitas. Jangan sampai tertipu dengan harga yang terlalu murah ya Sob, cek dulu harga dipasaran, jika harga yang ditawarkan tidak beda jauh dengan harga pasaran, dapat dipastikan kalau itu adalah produk original.

#TIPS 5 KAMERA

Gambar yang dihasilkan oleh kamera Xiaomi sangat jernih dan jelas. Kamera Xiaomi merupakan salah satu produk Sony sehingga kualitasnya tidak diragukan lagi. Kemampuan autofocus milik Xiaomi juga tidak kalah dengan kamera SLR. Jika gambar yang dihasilkan Xiaomi kamu tidak sebagus itu, mungkin saja kamu telah membeli the fake one guys.

#TIPS 6 JUMLAH RAM

Biasanya Xiaomi palsu akan mengurangi jumlah RAM Xiaomi, lagi-lagi untuk mengurangi biaya produksi. Pastikan dulu spesifikasi Xiaomi yang akan kamu beli lalu cocokkan dengan yang ada di HP yang kamu targetkan, jika sesuai kamu tidak perlu khawatir lagi akan tipuan Xiaomi palsu.

#TIPS 7 VERIFIKASI DENGAN APLIKASI

Selain mengecek fisik dan internal smartphone Xiaomi, hal yang bisa kamu lakukan adalah pengecekkan menggunakan aplikasi “Antifake”. Aplikasi ini dapat amu download di situs (https://xiaomi-mi.com/news-and-actions/miphone-anti-fake/) . Setelah download selesai, pindah installer pada internal memory Xiaomi kamu, lalu jalankan penginstalan, Enable “Trust this Aplication”. Setelah selesai, jalankan aplikasi dan Tap pada “Check Now” (Identify Now) maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini jika Xiaomi terdeteksi sebagai produk asli.

 

#TIPS 8 CEK MIUI

Bagi para pengguna Xiaomi pasti tidak asing dengan MIUI. MIUI adalah salah satu ROM yang memungkinkan pengunanya menikmati fitur dan tampilan yang bervariasi. Xiaomi menggunakan jenis ROM MIUI sehingga banyak fitur menarik didalamnya. Selain itu kita bahkan bisa merubah tampilan dengan banyak pilihan. Untuk mengecek keaslian Xiaomi milik kamu, kamu bisa cek MIUI dengan cara melihat pada pilihan “About Phone” di dalam menu setting.

#TIPS 9  VERIFIKASI DENGAN IMEI

IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah kode berisi 15 digit angka yang dimiliki semua smartphone. kamu dapat mengecek IMEI HP Xiaomi kamu dengan menekan *#06# . Kamu bisa mengecek Xiaomi dengan membuka link http://www.mi.com/verify lalu masukkan nomor IMEI dan S/N (biasanya ada dibalik box kemasan Xiaomi) lalu klik Verifiy. Xiaomi asli akan langsung dikenali oleh sistem dan Xiaomi palsu tidak akan terdaftar dalam sistem tersebut.

#TIPS 10 UJI AUTENTIFIKASI

Uji autentifikasi tidak jauh beda dengan uji IMEI karena kita akan mengujinya pada website yang sama. Caranya pastikan kamu pilih “Xiaomi Product Authentification”, lalu masukkan kode Autentifikasi yang ada pada bagian belakang box Xiaomi. Biasanya kode ini akan terlindung dan harus digosok terlebih dahulu untuk memunculkannya.

#TIPS 11 AKSESORIS BAWAAN

Pada box Xiaomi asli, aksesoris yang di sediakan hanyalah kabel data dan adaptor. Jika kamu menemukan earphone di dalam box kemasan Xiaomi, it mean you’ve bought the fake one.

Walaupun sudah yakin dengan counter tempat kamu membeli hp Xiaomi, tidak ada salahnya kamu menggunakan 11 cara membedakan HP Xiaomi asli dan palsu diatas untuk membuktikan keasliannya.

Itulah artikel tentang 11 cara membedakan HP Xiaomi asli dan palsu, semoga artikel ini dapat berguna bagi kamu yang tertarik dengan produk Xiaomi yang memiliki banyak kelebihan. Jangan lupa share artikel tentang 11 cara membedakan HP Xiaomi asli dan palsu ini melalui Twitter ataupun Facebook karena berbagi ilmu itu banyak manfaatnya.

Leave a Reply